Uniknya Tradisi Wanita Melamar Pria yang Ada di Lamongan

oleh Rizal
16:08 PM on Oct 21, 2016

Dalam hal lamar-melamar, selalu yang memulai adalah pria. Terlepas apakah yang ngebet nikah sebenarnya si pihak wanita, tapi selalu pria yang melamar. Alasannya sendiri macam-macam, mulai dari pertimbangan soal nilai kepantasan, sampai tentang arti-arti filosofisnya. Nah, jika lazimnya adalah pria melamar wanita, mungkin nggak ya terjadi hal sebaliknya? Jawabannya mungkin.

Wanita melamar pria? Sungguh hal yang nggak masuk akal. Tapi, yang seperti ini memang ada lho bahkan di Indonesia sendiri. Ya, di beberapa daerah di pesisir Lamongan, selalu wanitanya yang melamar para pria. Lamarannya sendiri sama seperti para pria melamar pada umumnya. Wih, kok unik begitu ya?

Baca Juga
5 Jasa Chairul Huda Semasa Hidup yang Membuat Dirinya Jadi Sosok Tak Tergantikan
Misnadi Abdullah, Ketua Aliran Baru Penyembah Matahari yang Bikin Netizen Geram

Tentu tradisi yang terbalik ini jadi pertanyaan besar, kenapa kok justru wanita yang disuruh lamar pria? Hmm, ternyata ada sejarahnya lho. Nah, daripada penasaran, berikut hal-hal yang mungkin belum kamu ketahui tentang tradisi wanita melamar pria tersebut.

Ketika Para Pria Merasa Menjadi Seorang Pangeran Tampan

Dalam sebuah proses lamaran, di mana-mana memang selalu pria yang memulainya. Tapi di daerah-daerah pesisir Lamongan ini yang terjadi justru sebaliknya. Ya, para wanitanya yang pertama kali menyambangi rumah prianya untuk kemudian ‘meminta’ si pihak laki-laki untuk dinikahi.

Ilustrasi wanita melamar [Image Source]
Ilustrasi wanita melamar [Image Source]
Prosesinya sendiri juga nggak jauh beda dari lamaran biasanya. Si pihak wanita akan membawa rombongannya lengkap dengan segala pernik seserahan. Bahkan termasuk cincinnya juga lho. Bagi para pria di sana momen ini jelas sangat spesial. Apalagi nggak semua orang bisa merasakannya.

Sudah Dilakukan Turun Temurun

Kebiasaan wanita yang melamar ini ternyata bukan terjadi belakangan lho, melainkan sudah sangat lama. Bahkan katanya tradisi ini sudah terjadi sejak zaman kerajaan dulu. Menurut para sesepuh setempat, pada awalnya prosesi lamaran di sana tak jauh beda dari biasanya. Namun, ada satu kejadian spesial yang akhirnya membalik kebiasaan tersebut.

Sudah dilakukan turun temurun [Image Source]
Sudah dilakukan turun temurun [Image Source]
Mungkin karena sudah dilakukan sejak dulu banget, maka tradisi ini pun nggak menimbulkan semacam kecanggungan. Justru sebaliknya, adalah hal yang nggak lazim kalau si pria yang melamar duluan, karena tradisinya tidak seperti itu. Tapi, ada sih satu dua kali kejadian pria yang melamar duluan.

Mengintip Uniknya Bingkisan Lamaran Para Wanita di Sana

Sama seperti prosesi lamaran pada umumnya, di sini tentu juga ada yang namanya bingkisan atau seserahan. Soal bingkisan lamaran, kurang lebih sama seperti biasanya ya. Tapi, ada beberapa pembeda. Salah satunya adalah hadiah-hadiah khusus yang diberikan pihak perempuan kepada si prianya.

Ilustrasi hadiah motor [Image Source]
Ilustrasi hadiah motor [Image Source]
Hadiah-hadiah yang diberikan sendiri beragam, tapi rata-rata adalah benda mahal seperti motor. Tapi, tidak selalu seperti ini kok. Tergantung seberapa kaya keluarga si wanita. Makin tajir biasanya hadiahnya bakal besar pula. Bahkan termasuk mobil.

Si Pria Wajib Membalas Lamaran

Setelah pihak wanita melamar, biasanya dalam jangka waktu tertentu si pria akan membalasnya. Balasannya berupa jawaban dan juga bingkisan. Bingkisannya sendiri biasanya macam-macam dan soal mewah atau tidak itu tergantung dari kemampuan ekonomi si pihak pria.

Pria menjawab lamaran [Image Source]
Pria menjawab lamaran [Image Source]
Pihak si pria sendiri wajib untuk membalas lamaran yang datang padanya. Seumpama lupa atau mungkin terlalu lama, biasanya pihak wanita akan mengutus tokoh berpengaruh setempat untuk memberitahukan soal balasan lamaran. Biasanya nih, dalam acara balasan lamaran yang dilakukan pihak pria, ditentukan juga kapan tanggal pernikahannya.

Kisah di Balik Tradisi Unik Ini

Tradisi wanita yang melamar duluan ini tak dilakukan begitu saja melainkan ada sebabnya. Dan penyebabnya sendiri tak lain karena sebuah kisah yang terjadi di zaman kerajaan dulu. Ceritanya dimulai dari seorang tokoh yang memiliki dua putra yang tampan rupawan.

Kisah di balik tradisi lamaran wanita [Image Source]
Kisah di balik tradisi lamaran wanita [Image Source]
Kegantengan dua pemuda itu sangat terkenal dan akhirnya membuat pasangan putri kembar dari seorang tokoh terkenal lainnya terpikat. Singkat cerita, si putri kembar itu memaksa ayahnya untuk melamarkan mereka dua pemuda tadi. Dengan menerobos segala tradisi dan kebiasaan, akhirnya si ayah dua putri kembar itu melamar dua pemuda tadi untuk anaknya. Dari sini kemudian jadi tradisi yang dilakukan sampai hari ini.

Kira-kira bagaimana ya perasaan para pria sana? Hmm, malu-malu mau begitu mungkin ya. Memang sangat unik sih kejadian macam ini dan jadi satu-satunya di Indonesia, bahkan mungkin dunia lho. Pengen merasakan sensasi dilamar cewek? Mungkin kamu harus cari istri orang pesisir Lamongan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA