15 Foto Wanita Yang Mengubah Dunia Dalam Sejarah

oleh Febri
15:15 PM on May 25, 2015

Siapa bilang wanita hanya bisa mengerjakan pekerjaan rumah tangga saja? Seorang wanita juga bisa melakukan sesuatu yang besar. Tak hanya untuk dirinya sendiri, tapi juga untuk orang lain bahkan untuk merubah dunia.

Keberadaan mereka pun kerap dijadikan sumber inspirasi bagi wanita lain. Wanita juga memiliki kemampuan luar biasa jika mereka mau dan berani untuk berusaha. Bahkan berkat salah satu diantara mereka manusia bisa menginjakkan kaki di bulan. Siapa sajakah mereka? Ini dia informasinya.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

1. Inilah contoh kesetiaan, yang mungkin tak semua wanita berani melakukannya. Istri dari seorang tentara Jerman setia menemani suaminya, bahkan sampai ke dalam pengasingan.

Istri dari seorang tentara jerman setia menemani suaminya
Istri dari seorang tentara jerman setia menemani suaminya [imagesource]

2. Margaret Hamilton seakan tampil bangga dengan hasil tulisan tangannya sendiri. Buku-buku di sampingnya itu berisi kode program dari proyek Apollo yang membawa manusia ke bulan.

Margaret Hamilton bangga dengan tulisannya sendiri
Margaret Hamilton bangga dengan tulisannya sendiri [imagesource]

3. Jika melihat ini mungkin Anda akan tercengang, sosok samurai yang ada dalam foto ini bukanlah seorang pria, melainkan seorang wanita pemberani.

Sosok wanita membawa pedang Samurai
Sosok wanita membawa pedang Samurai [imagesource]

4. Kerena ia adalah wanita pertama yang menjadi astronot, maka ia berhak menyandang julukan ibu pertama luar angkasa.

Ibu pertama luar angkasa
Ibu pertama luar angkasa [imagesource]

5. Menggunakan celana pendek juga bisa dibilang berani, karena pada saat itu (1937), para wanita Toronto terbiasa dengan busana yang menutup bagian kaki.

Wanita Toronto terbiasa dengan busana yang menutup bagian kaki
Wanita Toronto terbiasa dengan busana yang menutup bagian kaki [imagesource]

6. Saat terjadi konflik Yahudi di Yugoslavia, seorang perempuan muslim melindungi tetangganya dengan memakaikan cadar untuk menutupi identitas Yahudinya dan untuk melindunginya dari tuntutan.

Saat terjadi konflik yahudi di Yugoslavia
Saat terjadi konflik yahudi di Yugoslavia [imagesource]

7. Pilot mungkin sebuah profesi yang jarang diminati oleh seorang wanita, tapi lain halnya dengan Sarla Thakral. Ia begitu tertarik dengan pesawat terbang, hingga ia menjadi pilot wanita pertama kali di tahun 1936.

Sarla Thakral pilot wanita pertama kali
Sarla Thakral pilot wanita pertama kali [imagesource]

8. Menjadi wanita pertama yang menjadi atlet maraton bukanlah hal yang mudah, Kathrine Switzer harus menerima banyak tekanan dari pihak penyelenggara. Tapi akhirnya, ia berhasil menyelesaikan lomba tersebut.

Kathrine Switzer altlit maraton wanita pertama
Kathrine Switzer altlit maraton wanita pertama [imagesource]

9. Inilah wajah tim basket wanita pertama di dunia, yang menginspirasi wanita lainnya. Hingga saat ini, basket adalah salah satu olah raga favorit bagi para wanita.

Wajah tim basket wanita pertama di dunia
Wajah tim basket wanita pertama di dunia [imagesource]

10. Usia bukan lagi menjadi penghalang bagi nenek berusia 106 tahun ini untuk melindungi rumahnya di Armenia dengan senjata api.

Nenek berusia 106 tahun melindungi rumahnya senjata api
Nenek berusia 106 tahun melindungi rumahnya senjata api [imagesource]

11. Kota Los Angeles adalah kota lahirnya beberapa wanita yang untuk pertama kalinya di tahun 1950, melakukan olah raga tinju wanita yang dilaksanakan di atap gedung.

Olah raga tinju wanita
Olah raga tinju wanita [imagesource]

12. Geng wanita biasanya identik dengan kecantikan dan sifat feminim, tapi tidak untuk geng wanita yang menamai diri mereka Hell’s Angels ini.

Geng wanita Hell's Angels
Geng wanita Hell’s Angels [imagesource]

13. Saat para pria diwajibkan militer, dua gadis ini menggantikan mereka memindahkan balok es. Walaupun sangat berat, tapi mereka menunjukan kalo wanita juga punya kekuatan untuk melakukan pekerjaan laki-laki.

Wanita tangguh memindahkan balok es
Wanita tangguh memindahkan balok es [imagesource]

14. Inilah wanita yang menunjukan keberanian mengkampanyekan perdamaian di kota New York, saat pecah perang antara Jepang dan Amerika.

Wanita mengkampanyekan perdamaian di kota New York
Wanita mengkampanyekan perdamaian di kota New York [imagesource]

15. Saat negaranya berperang, tak ada alasan untuk tidak membela tanah airnya. Itulah yang dilakukan oleh Marina Ginesta, yang ikut terlibat dalam perang saudara Spanyol.

Marina Ginesta, ikut terlibat dalam perang saudara Spanyol
Marina Ginesta, ikut terlibat dalam perang saudara Spanyol [imagesource]

16. Bukan hanya fotografer zaman sekarang yang rela menantang maut untuk mendapatkan hasil foto yang bagus. Fotografer di tahun 1934 juga melakukan hal yang sama, dan dia adalah seorang wanita.

Fotografer wanita yang menantang maut
Fotografer wanita yang menantang maut [imagesource]
Itulah beberapa foto yang membuktikan sisi lain wanita yang luar biasa. Dan dengan keberanian, mereka memberikan inspirasi bagi wanita lain pada zamannya. Sehingga para wanita saat ini bisa melakukan berbagai macam hal yang luar biasa juga.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA