5 Wanita Paling Berpengaruh di Indonesia ini Akan Membuatmu Bangga

oleh Adi Nugroho
15:20 PM on Mar 8, 2016

Sejak Kartini mengumandangkan emansipasi wanita wanita ratusan tahun yang lalu. Wanita di Indonesia (Nusantara di masa lalu) mulai bangkit dari keterpurukan. Mereka ingin menjadi seseorang yang hebat dan bisa berguna bagi semua orang. Akhirnya mereka menuntut pendidikan yang setara serta hak-hak lain yang awalnya hanya dimiliki oleh kaum pria.

Di Indonesia yang modern, perang wanita memang tak begitu besar. Namun apa yang mereka lakukan sedikit banyak telah membuat negeri ini cukup berubah menjadi lebih baik. Berikut daftar wanita-wanita Indonesia paling berpengaruh versi Boombatis yang layak anda simak dengan saksama.

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

1. Sri Mulyani Indrawati

Tak diragukan lagi jika Sri Mulyani dipandang sebagai wanita paling berpengaruh di Indonesia, bahkan dunia. Ia memiliki dedikasi yang tinggi untuk membuat negeri ini menjadi hebat dari segi ekonomi. Ia pun pernah menuntaskan negeri ini dari krisis moneter yang sangat menyiksa. Kebijakan-kebijakan yang ia ambil terbukti berhasil tanpa harus mengambil “untung” dari negara.

Sri Mulyani [image source]
Sri Mulyani [image source]
Kehebatan Sri Mulyani sempat membuat beberapa orang iri, bahkan wanita berumur 53 tahun ini pernah diseret ke dalam kasus dugaan korupsi. Tapi kebenaran memang selalu memang. Lepas dari jabatan menteri, ia justru disambut dengan hangat oleh Bank Dunia. Ia akhirnya memutuskan bekerja di Bank Dunia sebagai direktur pelaksana daripada tak dihargai di negerinya sendiri.

2. Anne Patricia Sutanto

Anda mungkin masih asing dengan nama di atas. Tapi wanita berusia 42 tahun ini dikenal memiliki pengaruh yang besar hingga tingkat Asia. Ia adalah Wakil Presiden PT Pan Brother. Majalah Forbes pun mengakui jika Anne memegang peranan yang sangat vital dalam perusahaan. Banyak dari kebijakannya yang dianggap sangat memberikan keuntungan.

Anne Patricia Sutanto [image source]
Anne Patricia Sutanto [image source]
Saat ini ia memiliki 14 pabrik yang serba di seluruh Indonesia. Pabrik ini menyerap banyak sekali tenaga kerja Indonesia hingga pengangguran semakin menurun. Satu hal lagi yang membuat Anne layak dipandang sebagai wanita paling berpengaruh di Indonesia. Ia bersama beberapa pengusaha lainnya mendonasikan uang sebesar Rp60 Miliar untuk penanggulangan TBC, HIC, dan malaria di dunia.

3. Tri Rismaharini

Wanita berpengaruh kedua di Indonesia adalah Tri Rismaharini yang sering dikenal dengan Bu Risma. Wanita berusia 54 tahun ini merupakan wanita paling fenomenal yang membuat Surabaya menjadi kota yang bersih baik secara birokrasi maupun secara fisik. Bu Risma banyak sekali membangun taman-taman dan memperbaiki sistem lalu lintas di kota paling padat di Jawa Timur itu.

Tri Rismaharini [image source]
Tri Rismaharini [image source]
Satu prestasi paling hebat yang pernah dilakukan oleh Bu Risma dan berhasil adalah pembubaran lokalisasi terbesar di Surabaya, bahkan Asia Tenggara, Dolly. Bu Risma dengan sekuat tenaga dan mengalami banyak ancaman berhasil membuat lokalisasi paling besar itu ditutup. Ia ingin warga Surabaya terutama generasi muda terhindar dari lokasi mengerikan seperti itu.

4. Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti atau orang-orang menyebutnya Bu Susi awalnya bukan apa-apa. Bahkan terkenal saja tidak. Namun ia adalah orang paling berjasa saat Aceh terkena bencana tsunami. Ia menggunakan pesawat angkut pribadinya untuk membawa banyak sekali bantuan tanpa harus diketahui oleh banyak orang.

Susi Pudjiastuti [image source]
Susi Pudjiastuti [image source]
Saat menjabat sebagai salah satu menteri dari Jokowi, ia menjadi menteri paling fenomenal. Gayanya yang sedikit unik membuat banyak pihak tak suka. Terlebih ia bukanlah seorang lulusan perguruan tinggi yang terkenal. Ia hanya seorang putus sekolah yang akhirnya berjuang dengan sekuat tenaga hingga akhirnya menjadi seorang pengusaha yang sangat sukses. Ia adalah salah satu menteri yang dicintai rakyat Indonesia karena kehebatannya.

5. Noni Purnomo

Noni Purnomo adalah salah satu direktur dari PT Blue Bird Holding yang mendalami bisnis transportasi. Saat ini perusahaan yang digawangi oleh Noni memiliki sekitar 30.000 armada taksi. Bisa dibayangkan berapa banyak tenaga kerja yang diserap oleh perusahaan ini? Apalagi saat ini perusahaan yang identik dengan dominasi pria ini justru mengembangkan ke bisnis logistik.

Noni Purnomo
Noni Purnomo [image source]
Noni adalah wanita berpengaruh di Indonesia, bahkan Asia. Majalah Forbes bahkan menyebutnya sebagai wanita tangguh yang memimpin puluhan ribu karyawan pria. Satu hal yang mungkin membuat Noni sangat memahami pekerjaan yang ia bangun. Ia pernah mencoba menjadi sopir taksi. Dari sini ia tahu seperti apa seluk beluknya dari luar hingga dalam.

Inilah lima wanita paling berpengaruh di Indonesia versi Boombatis. Wanita di atas memiliki kemampuan yang hebat dalam pemerintahan maupun bisnis yang ada di Indonesia. Semoga dalam jangka waktu yang tak akan lama, akan muncul lagi wanita-wanita seperti di atas.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA