12 Wajah Bumi Menua Akibat Ledakan Populasi Manusia

oleh Febri
09:00 AM on Apr 9, 2015

Semakin wajah bumi menua, ternyata semakin pelik juga masalahnya. Sebagian besar diakibatkan oleh manusia sebagai makhluk hidup yang mendiami bumi. Hingga saat ini populasi manusia terus bertambah. China menduduki urutan pertama dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, diikuti oleh India, Amerika, dan di urutan keempat adalah Indonesia.

Baca Juga : Gambar Aneh dan Makna Pada Bendera Negara-Negara di Dunia

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

Populasi manusia yang merajalela telah mengubah wajah dunia. Foto-foto berikut ini akan memperlihatkan bagaimana bumi berubah akibat ledakan jumlah manusia.

Wajah bumi di belahan Meksiko (c) theguardian
Wajah bumi di belahan Meksiko (c) theguardian

Wajah bumi di belahan Meksiko. Tadinya bumi ini hanya dihuni oleh segelintir orang. Tapi kini manusia makin banyak, pembangunanpun memenuhi bumi hingga ke setiap lipatan lembah gunung.

Perilaku Manusia Yang Konsumtif (c) theguardian
Perilaku Manusia Yang Konsumtif (c) theguardian

Perilaku manusia yang konsumtif secara berlebihan memicu perkembangan peternakan dalam jumlah besar. Dan mengonsumsi daging akan mempengaruhi keseimbangan ekosistem dan isu pemanasan global.

Pembangunan Ala Barat (c) tehguardian
Pembangunan Ala Barat (c) theguardian

Banyak negara berkembang meniru pembangunan ala Barat. Salah satunya adalah pembangunan mall yang menjamur, sehingga orang pun kini lebih konsumtif.

Konsumtif (c) theguardian
Konsumtif (c) theguardian

Makin banyak manusia, banyak konsumsinya, Banyak pula kepentingan yang mengeksploitasi paru-paru bumi, yaitu hutan belantara.

Peselancar (c) theguardian
Peselancar (c) theguardian

Ini adalah peselancar Indonesia, Dede Surinaya, sedang berselancar di perairan Jawa yang mirisnya banyak ditemukan sampah.

Pembangunan Pemukiman (c) theguardian
Pembangunan Pemukiman (c) theguardian

Pembangunan pemukiman yang dilakukan manusia membutuhkan bahan bangunan seperti kayu. Hutanpun menjadi sasaran eksploitasi untuk memenuhi kebutuhan ini

Pemandangan Mudik (c) businessinsider
Pemandangan Mudik (c) businessinsider

Ini adalah pemandangan ketika musim mudik tiba. Sayangnya ledakan populasi di Indonesia tidak disertai dengan peningkatan akomodasi, membuat mereka rela menantang maut dengan naik di atas gerbong yang berbahaya.

Kepadatan Populasi (c) businessinsider
Kepadatan Populasi (c) businessinsider

Kepadatan populasi paling dekat adalah Jakarta. Jangan heran kalau ada pelanggaran lalu lintas di sana.

Rela Antri (c) businessinsider
Rela Antri (c) businessinsider

Di Filipina bahkan untuk masuk ke stasiun saja para penumpang harus rela mengantri. Masyarakatnya lebih memilih transportasi umum karena dirasa lebih murah daripada menggunakan kendaraan pribadi.

Berduyun-duyun ke kolam renang (c) businessinsider
Berduyun-duyun ke kolam renang (c) businessinsider

Di Provinsi Sichuan, Cina, pemandangan seperti ini menjadi hal yang lumrah karena saat musim panas tiba, penduduknya yang banyak akan berduyun-duyun memenuhi kolam renang untuk menyegarkan badan.

Tinggal di Asrama (c) businessinsider
Tinggal di Asrama (c) businessinsider

Tinggal di sebuah asrama ketika menempuh pendidikan banyak diminati oleh masyarakat Cina. Walaupun tempatnya tidak memadai tapi cukup murah untuk ukuran seorang pelajar.

Bangkai Binatang (c) theguardian
Bangkai Binatang (c) theguardian

Apa yang ada dalam bangkai binatang ini cukup mencengangkan bukan? Itulah kenyataan bahwa burungpun harus memakan sampah plastik karena habitat mereka telah rusak akibat ulah manusia.

Baca Juga : Kebijakan Konyol dari Pemimpin Yang DIkenal Kejam

Itu tadi adalah wajah bumi yang banyak tidak disadari manusia sejak mereka berkembang biak dan menjalani hidup begitu saja. Apakah kita akan membiarkan bumi yang kita tinggali semakin rusak? Atau meninggalkan bumi yang nyaman sebagai warisan untuk anak cucu kita.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA