Video Parodi dari Bart Baker Menyindir Penyanyi Top Amerika

oleh Centralismo
10:09 AM on Mar 4, 2015

Situs Youtube adalah salah satu sarana paling efektif bagi para musisi untuk menyebarkan karya mereka. Dalam satu klik, penggemar mereka dari seluruh dunia bisa mengakses musik dan video mereka. Tidak hanya itu, mereka juga bisa berpromosi untuk mendapatkan pendengar baru dari situs tersebut. Ini tentu saja menjadi sarana promosi yang terjangkau dan menguntungkan dibanding harus membuat serangkaian tur promo yang menelan biaya banyak.

Namun kemunculan video musik di Youtube bukan berarti tanpa cela. Selain membuka jalan bagi pembajakan, video yang dirilis di Youtube juga sering sekali menjadi open-source dimana orang lain bebas berkreasi dengan video-video yang telah diunggah. Tak ayal, banyak sekali musisi dan artis yang karyanya diparodikan. Salah satu orang yang rajin membuat video parodi di Youtube adalah Bart Baker. Pria ini mengunggah video parodi dari lagu-lagu pop, lengkap dengan kritik terhadap lagu tersebut. Penasaran seperti apa?

Baca Juga
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila Dijamin Bikin Publik melongo
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya

megan
megan

1. All About That Bass

Lagu dari Megan Trainor ini memang sedang hits dan terdengar dimana-mana. Nadanya yang riang dan dan video klipnya yang lucu menarik perhatian dari banyak orang. Selain itu, orang juga menyukai lagu ini karena liriknya yang sangat bermakna.

Lirik dari lagu ini mengajarkan para gadis untuk tetap bangga terhadap tubuhnya meski mereka gemuk. Dalam lagu ini Megan juga mengkritik media dan majalah karena turut andil dalam membuat para gadis berpikir bahwa cantik itu sama dengan kurus. Namun dalam parodi Bart satu ini, dia justru menyampaikan sebaliknya. Dia mengkritik Megan yang justru menjalani diet dan tampak lebih kurus di lagunya setelah “All About The Bass”. Hal ini cenderung kontradiktif terhadap ajakannya untuk tetap menghargai tubuh.

2. Ariana Grande “Problem”

Ariana Grande adalah penyanyi muda yang menjadi tenar akibat lagunya yang berjudul “Problem”. Lagu ini menceritakan tentang seorang gadis yang merasa tidak apa-apa jika harus kehilangan sang kekasih. Lagu ini sangat enerjik, ditambah lagi dengan tarian dari Grande yang tampak sangat bersemangat dan cantik dalam balutan gaun hitam.

Bart membuat parodi dari lagu yang sempat menjadi hits ini. Dia mengkritisi Ariana Grande yang meski wajahnya tampak imut seperti anak kecil, namun terlalu berusaha untuk terlihat dewasa dengan memakai rok mini. Selain itu, Bart juga mengkritik Ariana yang dianggapnya meniru suara dari penyanyi legendaris Mariah Carrey.

3. Katy Perry “Dark Horse”

Katy Perry, tidak diragukan lagi adalah salah satu penyanyi pop yang paling banyak diidolakan anak muda. Dia memiliki banyak sekali lagu-lagu hits seperti Fireworks, Hot and Cold, I Kissed A Girl dan lain-lain. Salah satu lagu Perry yang terkenal adalah Dark Horse. Lagu ini sempat menjadi kontroversi karena video klipnya dianggap menghina para orang Mesir.

Di video ini, Bart menyindir Katy yang lagunya cenderung mirip dan bernada itu-itu saja. Selain itu, Bart juga mengomentari gaya pacaran Katy yang sangat labil karena menikah dan bercerai di usia yang sangat muda. Dalam video versi Bart, dihadirkan sosok yang mirip dengan mantan kekasih Katy Perry seperti Russel dan John Mayer. Keduanya tampak meminta kembali menjadi kekasih Katy namun ditolak dengan cara yang kejam.

4. Avril Lavigne “Hello Kitty”

Pada awal tahun 2000-an, Avril Lavigne adalah idola semua remaja di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Gayanya yang tomboy dan apa adanya, juga musiknya punk-rocknya yang sangat enerjik membuat wanita ini dikagumi oleh banyak orang. Dia menelurkan banyak sekali lagu-lagu yang menjadi hits seperti “I’m with You” dan “Skater Boy”.

Namun, akhir-akhir ini kesan tomboy dan musik Avril yang keras tampaknya memudar. Sejak kemunculan lagunya “Wish You Were Here”, Avril tidak lagi memiliki ciri khas seperti dulu. Dan belakangan, dia malah tampil dengan lagu feminin berjudul “Hello Kitty” yang sangat aneh jika disandingkan dengan image Avril. Hal-hal itulah yang kemudian dijadikan parodi oleh Bart Baker.

5. Taylor Swift “Shake It Off”

Sebelum kemunculannya sebagai idola anak muda yang membawakan lagu-lagu pop seperti sekarang, Tailor Swift adalah seorang penanyi country berbakat. Namun, seiring dengan berhasilnya lagu-lagu pop yang dia bawakan, akhirnya Taylor justru dikenal sebagai penyanyi pop. Latar belakang inilah yang dijadikan parodi oleh Bart dalam video “Shake it Off” versinya kali ini.

Dalam video ini Bart juga menyinggung soal Taylor yang suka menulis lagu sebagai bentuk curhat tentang para mantannya. Bart juga menginginkan Taylor agar kembali menanyi lagu country saja.

Meski hanya berupa parodi, namun tidak sedikit pengunjung situs Youtube merasa tersinggung karena idolanya dijadikan guyonan oleh Bart. Namun, Bart sekali lagi menyatakan bahwa ini hanyalah video parodi, yang dimaksudkan hanya untuk hiburan tanpa menyakiti perasaan orang. Menurut anda, parodi ini kreatif atau justru menghina, ya? (HLH)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA