Video 10 Kasus Hewan Keluar dari Telinga Manusia

oleh Adi Nugroho
15:00 PM on Aug 4, 2015

Pernahkah anda membayangkan jika ada benda menjijikkan keluar dari telinga anda? Benda itu bisa jadi serangga, jamur, hingga belatung yang suka meloncat-loncat. Ternyata benda menjijikkan itu memang pernah hidup di telinga seseorang. Bahkan parahnya bisa membuat orang itu jadi kehilangan pendengarannya.

Ok, stop anda tidak perlu membayangkannya lagi. Lebih baik kita bahas sepuluh benda menjijikkan yang bisa keluar dari telinga anda. Apa saja benda itu, monggo!

Baca Juga
Inilah 6 Bahaya Terselubung yang Jarang Disadari Para Pengguna Kuis Lucu di Facebook, Berhati-Hatilah!
Merasakan Sensasi Jaringan 4G Ngebut Ala Smartfren Lewat Serunya Acara #Amazingfren

1. Belatung

Lalat adalah hewan yang kerap sekali membuat perkara. Mulai dari menyebarkan bibir penyakit, mengganggu konsentrasi, hingga bertelur di telinga anda. Ya, bertelur di rongga telinga anda! Telor ini akhirnya menetas dan menjadi belatung putih kecil-kecil dan siap menginvasi rongga telinga anda dengan memakan daging.

Jika sampai parah, belatung akan masuk ke rongga hidung melalui saluran di telinga. Hal mengerikan dan menjijikkan ini disebut Nasal Myasis. Untuk mencegah hal ini usahakan tidur di ruangan tanpa banyak lalat. Jika masih ada lalat anda bisa menggunakan penutup telinga atau tidur di kasur bertudung kasa.

2. Larva Lalat Buah

Pernahkah anda memotong buah apel lalu menemukan sebuah larva di dalamnya? Atau ketika anda membelah mangga lalu menemukan sesuatu yang bergerak-gerak di dalamnya? Yaph! Itu larva dari lalat buah yang berbentuk mirip dengan lebah. Lalat ini akan melubangi buah dan memasukkan larvanya ke dalam agar bisa menetas dan langsung memakan buah hingga dewasa.

Namun hal berbeda dialami oleh seorang wanita berumur 48 tahun di Taiwan. Seekor lalat buah masuk ke telinganya dan menyuntikkan telor di sana. Akibatnya wanita itu mengalami sakit telinga yang sangat parah hingga akhirnya dokter harus mengoperasinya. Saat dilakukan pembedahan, dokter menemukan beberapa larva lalat buah dalam aliran darah. Untung hal ini segera diatasi, jika tidak larva itu bisa masuk ke dalam otak dan membunuh pasien.

3. Jamur

Rongga telinga adalah tempat yang bisa dibilang sangat kotor. Banyak kotoran berada di sana yang biasanya berwarna kuning hingga kecoklatan. Kita harus membersihkannya secara rutin dan jangan sampai terdapat jamur. Terlebih jika kita hidup di lingkungan yang sangat panas dan lembab seperti di wilayah khatulistiwa.

Kejadian ini sangat langka dan sering disebut otomycosis. Dua jamur penyebab otomycosis adalah spesies aspergillues dan candita. Seseorang dengan daya tahan tubuh sangat rendah akan mengalami infeksi hingga membuatnya selalu mengalami sakit di telinga.

4. Nyamuk

Nyamuk adalah hewan yang sangat “nakal”. Suka mengganggu kita saat tidur, menggigit sana-sini hingga berkeliling di sekitar telinga. Namun tahukah anda jika beberapa nyamuk bisa masuk ke dalam telinga. Bahkan hidup di dalamnya hingga beberapa hari.

Hal semacam ini bisa terjadi kepada siapa saja di musim panas. Anda akan merasakan sakit di telinga selama beberapa saat. Terlebih saat si nyamuk berdengung dan mengisap darah di telinga anda dengan santainya. Serem!

5. Centipede

Seorang pemuda berumur 14 tahun bernama Gant Botti harus rela telinganya dibedah setelah seekor kelabang masuk dan tinggal di dalamnya. Bayangkan ada hewan berkaki sangat banyak dan mungkin beracun menusuk-nusuk telinganya.

Pemuda malang ini mendapatkan “souvenir” ini saat ia sedang mengunjungi pantai. Tanpa sengaja hewan itu masuk dan membuat telinganya sangat sakit. Bahkan merusak beberapa organ di dalam akibat kakinya yang sangat tajam.

6. Kecoak

Kecoak adalah hewan yang sangat kuat di dunia. Bayangkan, kita sudah menginjak, memukul, mengejar, hingga meracunnya, tapi tetap saja berjalan, bahkan terbang dan mengejar kita balik. Kecoak hadir dan membuat rumah jadi sangat kotor. Selain itu kecoak juga bisa membawa bibit penyakit dan membuat kulit kita jadi gatal jika terkena cairan tubuhnya.

Kecoak dapat bertahan di lingkungan nuklir. Hal yang tak bisa dilakukan oleh kita, manusia, sehebat apa pun. Itulah mengapa kecoak bisa masuk dan hidup di dalam telinga manusia. Bahkan bertahan dalam waktu yang cukup lama. Kecoak ini tak hanya diam, tapi akan bergerak-gerak dan membuat telinga anda geli. Hii!

7. Kumbang Juni

Seorang pria harus merasakan sakit yang teramat menyiksa saat seekor kumbang juni masuk ke dalam telinganya. Kumbang ini terbang lalu berjalan masuk ke dalam telinga. Hal ini membuat pria ini susah untuk mengeluarkannya. Bahkan setelah temannya berusaha membantu kumbang itu justru stuck di dalam.

Akhirnya mereka memasukkan banyak alkohol di dalam telinga. Berita baiknya serangga mati, dan berita buruknya serangga itu tetap tak bisa dikeluarkan. Akhirnya mereka membawa masalah ini ke ahli THT dan masalah dapat diselesaikan dengan melelahkan.

8. Ear Wax (Cerumen)

Ok, sebenarnya ini bukan makhluk. Ear Wax adalah sebuah benda berupa padatan berwana kuning yang menggumpal di rongga telinga. Berbeda dengan kotoran telinga biasa, Ear Wax atau cerumen mampu menyumbat dan membuat kita jadi susah mendengarkan suara dari sekitar. Orang yang memiliki Ear Wax ada di telinganya harus membawanya ke dokter. Karena Ear Wax sangat susah diambil jika tidak dilunakkan.

Mengatasi hal ini kita bisa melakukan pembersihan telinga secara rutin. Dengan begitu tidak akan ada gumpalan-gumpalan yang mengeras di dalam sana. Dengan begitu kita bisa mengurangi terbentuknya lilin pada di dalam telinga dan membuat kita jadi agak tuli.

9. Jangkring

Jangkrik adalah serangga yang sering meloncat dan kadang menggigit jika anda pegang. Sekarang bayangkan jika hewan itu ada di dalam telinga anda. Jangkrik ini akan bergerak dengan santai dan mengorek telinga anda. Dan jika lapar maka gendang telinga anda akan digigit.

Seorang pria mengalami kejadian mengerikan itu saat melakukan kegiatan outdoor. Seekor jangkrik atau sejenisnya masuk dan mulai menginvasi sisi telinganya. Jangkrik itu keluar masuk dan membuat pria ini mengalami sakit tak tertahankan.

10. Ngengat dan Kutu

Michael Gorman harus rela lubang telinganya dibuat bermain dua hewan mengerikan ini. Ngengat dan kutu yang biasanya menggigit hewan seperti anjing. Ngengat ini terbang dan langsung masuk dengan cepat sebelum teman Michael mampu mengambilnya. Lalu disusul oleh hewan kutu penghisap yang bersifat parasit ini (kutu ini seperti lintah).

Michael akhirnya berusaha mengeluarkan hewan ini dibantu temannya. Mereka menyorot telinga dengan cahaya lalu mencapit hewan itu hingga berhasil keluar semua. Jika saja tak bisa kelua maka kutu akan menghisap dalam-dalam darah Michael lalu mengembang sebesar kelereng di dalam sana. Serem!

Bagaimana perasaan anda? Mulai hari ini selalulah menjaga telinga agar tidak dimasuki hewan mengerikan ini! Hii!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
BERITA TERKAIT
BACA JUGA