Video Keren Astronot Bermain Musik di Ruang Angkasa

oleh Centralismo
09:26 AM on Mar 11, 2015

Chris Austin Hadfield adalah seorang astronot asal Kanada, sekaligus menjadi orang Kanada pertama yang berjalan di ruang angkasa. Selama bertugas sebagai komandan di International Space Station, Chris merekam banyak hal selama berada di ruang angkasa.

Di antara kegiatan kesehariannya sebagai seorang astronot, Chris juga merekam kegiatan yang cukup unik; memainkan dan membuat video musik. Video musik yang dibintang pria kelahiran 29 Agustus 1959 tersebut telah ditonton oleh puluhan pengunjung situs Youtube. Penasaran seperti apa musik live dari ruang angkasa? Berikut videonya.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

1. Video Klip Space Oddity

Space Oddity adalah lagu terkenal dari David Bowie. Lagu sentimental ini bercerita tentang misi Major Tom ke luar angkasa untuk penelitian. Dalam perjalanan ruang angkasa tersebut, pesawat Major Tom rusak dan dia memberi sejumlah pesan-pesan untuk ditinggalkan kepada kerabatnya di bumi.

Merekam video klipnya langsung di ruang angkasa, Chris membawakan lagu yang sangat cocok dengan kehidupannya. Dia membawakan lagu itu dengan penuh penghayatan, seolah dia adalah Major Tom. Video ini segera menjadi viral di Youtube dan telah ditonton lebih dari 23 juta pengunjung.

2. Chris Hadfield feat Barenaked Ladies “Is Somebody Singing”

Lagu “Is Somebody Singing?” adalah lagu yang diciptakan Chris. Jika disingkat, judul lagu ini menjadi ISS yang juga menjadi kependekan dari International Space Station, tempat Chirs bekerja. Mantan pilot militer ini memang memiliki jenis suara yang sangat khas.

Dalam sebuah kesempatan, Chris bernyanyi Live dari angkasa dan berkolaborasi dengan orang-orang di bumi yaitu paduan suara Barenaked Ladies. Paduan suara yang mengiringi lagu tersebut dan alunan gitar Ed menambah indahnya lagu tersebut. Video ini adalah video viral kedua Chris setelah Space Oddity.

3. “Is Somebody Singing?” Featuring Ontario Science Centre

Kali ini kapten Chris berkolaborasi dengan murid-murid dari Ontario Science Centre. Selain bernyanyi dalam nada, kita bisa melihat di depan panggung, ada sederet anak-anak yang ikut “menyanyikan” lagu tersebut dalam bahasa isyarat. Video yang sangat menyentuh ini ditonton oleh jutaan orang di situs Youtube.

Pada Mei 2013 Chris mengakhiri misinya dan kembali ke bumi. Tidak lama setelah kepulangannya ke planet kita, Chris mengumumkan kepensiunannya. Dia telah berkarir selama 35 tahun sebagai pilot militer dan astronot.

4. Anda Tidak Bisa Menangis di Ruang Angkasa

Selain video-video musik, Chris juga mengunggah sejumlah video kegiatan sehari-harinya di ruang angkasa. Kali ini video yang ditampilkan adalah video tentang menangis di ruang angkasa. Chris mendapat banyak sekali pertanyaan dari orang-orang, “bisakah air mata jatuh di ruang angkasa?”

Kita ketahui bersama bahwa tidak ada gravitasi di ruang angkasa, sehingga tidak ada benda yang jatuh. Semuanya mengambang. Bagaimana dengan air mata? Ternyata air mata tidak bisa jatuh di ruang angkasa. Jika anda menangis, air mata anda hanya membentuk bola-bola air di depan mata, tanpa menetes.

5. Memotong Kuku

Memotong kuku adalah pekerjaan sepele bagi kita yang berada di bumi. Namun, di ruang angkasa, potong kuku mungkin akan sedikit merepotkan. Potongan kuku bisa saja mengambang kemana-mana, masuk ke mata atau lebih bahaya lagi masuk ke bagian penting dari mesin.

Dalam video ini Chris menunjukkan bahwa ternyata para astronot menggunakan semacam radiator penghisap untuk menahan agar kuku-kuku tidak mengambang kemana-mana. Hal yang sama juga dilakukan Chris dan astronot lainnya jika sedang memotong rambut.
Chris dinyatakan sebagai “astronot paling populer di media sosial” oleh majalah prestisius Forbes. Sejak Juni 2013 dia telah memiliki 2013 followers di Twitter. Dia juga memiliki thread post yang menjadi trending di Reddit. Dia juga memiliki blog di Tumblr.

Sesudah kepulangannya ke bumi, Chris masih terus aktif untuk membicarakan tentang perkembangan ilmu pengetahuan. Pria tersebut juga mengisi banyak acara musik terkenal seperti di stasiun televisi BBC dan CBC Music. Dia juga telah merilis album dan beberapa lagu terkenal. (HLH)

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA