7 Fakta Universitas Brawijaya Malang yang Bikin Maba Super Bangga Jadi Mahasiswanya

Makanya banyak yang betah kuliah di sini

oleh Halwa
09:00 AM on Aug 19, 2017

Siapa yang nggak tahu Universitas Brawijaya, kampus ternama yang ada di kota Malang. Kampus yang tampak megah ini memang menjadi universitas favorit dari berbagai daerah di Indonesia. Walaupun baru-baru ini terdengar isu tidak benar mengenai masalah grup facebook tentang LGBT, tetapi hal itu tidak menyurutkan calon mahasiswa baru untuk memilih kampus ini sebagai pilihan utama. Orang tua juga masih mempercayakan anaknya untuk mengenyam pendidikan di universitas ini.

Tentu bangga bisa diterima di kampus ternama ini apalagi dalam waktu dekat calon mahasiswa akan menjalani masa orientasi tingkat universitas yang sering kita sebut Ospek. Untuk mahasiswa baru yang bisa kuliah di kampus ini perlu banyak mengetahui sisi lain dan fakta unik mengenai kampus yang bermotto “ Join UB, Be the Best” ini. Apa aja sih yang jarang orang ketahui dari kampus biru ini? Sebagai Maba alias mahasiswa baru, kamu harus tahu!

Baca Juga
Perawat Ini Main Hape di Tengah Operasi, Keselamatan Pasien Jadi Nomor Dua
Murka Karena Hutang Tak Kunjung Dibayar, Ijazah Dibakar Sebagai Gantinya

Kamu Bakal Ngelilingin Semua Fakultas Ketika Ospek, Kayak Long March Aja

Mahasiswa baru Universitas Brawijaya [Image Source]

Entah sejak kapan tradisi long march ini ada dan siapa yang menggagas idenya. Tetapi kegiatan Ospek mahasiswa baru selalu diwarnai dengan adegan tersebut. Kegiatan mengelilingi semua kampus dilakukan dengan jargon fakultas masing-masing, saling berteriak memadu semangat, membangun kebersamaan dan cinta akan almamater birunya.

Aksi Pesawat Adalah Ciri Khas Ospek di Kampus Ini

Atraksi Pesawat [Image Source]

Kalau kamu calon mahasiswa baru di kampus ini, jangan kaget ya! Ketika kamu ospek nanti akan ada aksi pesawat terbang di area kampus Brawijaya. Bukan lagi sesuatu yang wow di sini karena tiap tahun selalu ada atraksi semacam ini untuk menyambut mahasiswa baru. Pihak kampus memang bekerja sama dengan satuan angkatan udara hanya untuk kegiatan menyambut Maba.

Lapangan yang Digunakan Ahmad Bustomi Hanya Tinggal Kenangan

Semua pada tahu kan siapa itu Ahmad Bustomi? Yaps. Salah satu pemain yang sempat menjadi primadona klub sepak bola terkenal Arema Malang. Ahmad Bustomi dulu berlatih di lapangan sepak bola kampus ini, tetapi sekarang lapangan itu sudah lenyap berganti dengan area parkir.

Bustomi [Image Source]

Tahu sendiri kalau di kampus ini mencari tempat parkir saja susahnya minta ampun. Banyaknya mahasiswa membuat kampus ini kadang terasa sesak kalau di siang hari. Kini lapangan tersebut hanya tinggal kenangan dan tersisa tribun saja.

Kolam di Bundaran UB Menjadi Sasaran Target Mahasiswa yang Ulang tahun

Bunderan Universitas Brawijaya [Image Source]
Pernah foto di bundaran UB? Kamu yang masih belum pernah ke kampus ini sebelumnya pasti membidik spot ini untuk mengambil foto. Selain itu, kolam yang ada di bundaran sering digunakan mahasiswa untuk merayakan ulang tahun sahabatnya dengan menceburkannya ke dalamnya. Acara seperti itu sudah berulang kali menjadi jepretan kamera untuk dijadikan kenang-kenangan. Kamu pernah nggak?

Ada Tiga Kampus UB di Malang, Area Veteran Hingga Ketawanggede, Puncak Dieng dan Griyasanta

FKH di kampus Dieng [Image Source]

Ada yang baru tahu atau ngeh kalau selain berpusat di area Veteran, UB juga memiliki dua kampus lagi yang ada di Malang. Ternyata di Griyasanta dan di Puncak Dieng juga ada. Selain itu kampus UB yang terletak di Puncak Dieng sebagai kampus II pernah digunakan acara fenomenal yakni Sinau Bareng Cak Nun dan Kyai Kanjeng beberapa waktu lalu. Karena kelebihan mahasiswa, UB juga membuka kampus III di daerah Griyasanta.

Kesempatan Berhak Mendapat Mendidikan untuk Penyandang Cacat (Difabel)

Bagi penyandang kebutuhan khusus alias difabel mendapat perlakuan istimewa dan hak untuk mendapat pendidikan, tidak lain di kampus inilah mereka mendapatkan kesempatan untuk belajar. Ini adalah salah satu poin plus yang sangat baik karena UB berani mengadakan kegiatan kampus untuk mereka yang berkebutuhan khusus.

Disabilitas Ub [image source]

Mahasiswa difabel didampingi oleh para volunteer dalam proses pembelajarannya. Volunter ini masuk dengan berbagai syarat dan ujian serta wawancara. Mereka harus belajar bagaimana berkomunikasi dengan penyandang difabel menggunakan bahasa isyarat. Patut diacungi jempol untuk yang satu ini karena pendidikan merupakan hak untuk siapa saja.

Adanya Kantin Kejujuran di Berbagai Sudut Gedung Kampus

Yang paling unik buat kamu yang akan masuk kampus ini pertama kalinya adalah banyak sekali kotak-kotak makanan tanpa ada penjualnya. Ya, inilah kantin kejujuran yang ada di kampus Brawijaya.

Kantin kejujuran [image source]

Kotak-kotak ini nampak di berbagai sudut gedung kampus, mulai dari fakultas, aula, perpustakaan pusat dan gedung-gedung lain. Kotak tersebut bersisi makanan dan tempat uang yang disediakan oleh pemiliknya. Dengan berlabelkan harga, konsumen diharapkan bersikap jujur untuk membayar makanan setelah mengambilnya.

Itulah 7 sisi lain dan fakta yang ada di kampus biru di Malang ini. Setelah mengetahuinya, para maba pasti makin cinta dengan almamaternya. Jadi, bagian UB yang mana lagi yang belum kamu ketahui?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
7 Artis Ini Pantang Makan Nasi Putih, Perubahannya Bikin Kamu Teriak ‘WOW’ Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 6 Tokoh-tokoh Terkenal Tanah Air yang Moksa atau Menghilang Tanpa Bekas Dulu Personil Band Terkenal, Nasib Pria ini Sekarang Bikin Netizen ingin Menangis Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Masih Ingat 5 Artis Ini? Dulu Terkenal Banget Sekarang Nasibnya Berubah 180 Derajat! Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Inilah Fakta Tersembunyi dari Pasangan Dokter Viral yang Rela Tinggalkan Pelaminan Demi Tolong Pasien Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh Inilah Tontaipur, Pasukan Spesial Angkatan Darat Indonesia yang Kemampuannya Luar Biasa Setelah Pedofil, Kini Muncul Kasus Predator Ibu Hamil yang Merebak di Media Sosial, Waspada! Sempat Jadi Tontonan Wajib Anak 90an, Begini Nasib Pemain Shaolin Soccer Sekarang
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA