5 Hal Unik dan Nyleneh yang Hanya Akan Kamu Temui di Australia

oleh Rizal
15:00 PM on Aug 5, 2015

Meskipun negara ini nyebelin dengan pernah menyadap telefon mantan presiden kita, tapi tidak dipungkiri kalau Australia adalah destinasi wisata unggulan di dunia. Negara yang terletak di benua yang terpisah dari yang lainnya ini punya karakteristik tersendiri dan tidak akan kamu dapati di belahan bumi lain. Ratusan ribu bahkan mungkin jutaan wisatawan puas setelah mengunjungi negeri kanguru ini.

Lagi bingung milih tempat wisata yang keren? Australia adalah jawaban yang kamu butuhkan. Setidaknya ada 5 keunikan khas negara ini yang akan kamu temukan nantinya. Apa saja? Berikut ulasannya.

Baca Juga
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya

1. Laba-Laba Raksasa

Membicarakan tentang Australia tidak lengkap tanpa menyematkan predikat ‘raksasa’. Sangat lazim ditemui di negara ini hewan-hewan dengan ukuran super jumbo. Mulai dari buaya, kelelawar, ular sampai dengan laba-laba. Nah, yang paling sering ditemukan dari deretan ngeri tersebut adalah laba-laba.

Meskipun ngeri ini adalah salah satu hewan Australia yang harus kamu lihat [Image Source]
Meskipun ngeri ini adalah salah satu hewan Australia yang harus kamu lihat [Image Source]
The Huntsman Spider, begitu orang-orang Aussie menyebutnya. Bentuknya sendiri tak ubahnya seperti laba-laba biasa. Hanya saja ukurannya sangat besar. Rentangan kaki-kakinya bisa mencapai 5 inci sedangkan abdomen atau tubuhnya sendiri berukuran 1 inci. Yang bikin ngeri lagi adalah keberadaannya yang tidak terduga. Mungkin saja kamu akan menemukan beberapa di hotel atau penginapan.

Tidak bermaksud menakut-nakuti sih, hanya saja hewan ini adalah salah satu keunikan Australia yang harus kamu saksikan sendiri. Tapi, awas jadi phobia laba-laba ya!

2. Menyantap Kanguru

Ikon Australia paling terkenal selain koala adalah kanguru, sudah pasti. Ada beberapa fakta mengejutkan tentang hewan ini yang mungkin kamu belum mengetahuinya. Misalnya saja adalah jumlah populasi kanguru yang lebih banyak dua kali lipat dari pada manusianya. Total keseluruhan hewan berkantung ini mencapai 40 juta ekor.

Ada juga daging kangguru mentah yang siap kamu olah menjadi kuliner apa pun [Image Soure]
Ada juga daging kanguru mentah yang siap kamu olah menjadi kuliner apa pun [Image Soure]
Fakta selanjutnya adalah ternyata kanguru merupakan hewan yang biasa dikonsumsi. Wih, kira-kira bagaimana ya tekstur daging hewan yang jago lompat ini? Kurang lebih sama seperti sapi. Kamu tidak harus memesan barbeque untuk bisa menikmati daging kanguru. Di beberapa restoran, daging hewan ini disajikan dalam bentuk yang bermacam-macam. Mulai dari burger sampai pizza.

3. Telanjang Kaki Takkan Bikin Malu

Tidak hanya hewan, soal peraturan Australia juga punya yang nyleneh dan hanya bisa ditemukan di sini. Misalnya saja adalah bertelanjang kaki. Jika di negara-negara Eropa dan Amerika hal ini dianggap menghina, tapi tidak begitu halnya di Aussie. Setiap saat, kapan pun di mana pun kamu suka, silahkan berjalan-jalan tanpa alas kaki.

Telanjang kaki di sini takkan bikin malu [Image Source]
Telanjang kaki di sini takkan bikin malu [Image Source]
Bahkan kamu tidak akan diusir ketika memasuki restoran atau pertokoan tanpa menggunakan alas kaki. Lagi pula berjalan tanpa alas kaki juga punya dampak yang menyehatkan kok. Jadi, sekali-kali simpan alas kakimu ketika mengunjungi Australia. Lagian, jalanan mereka mulus, jadi kakimu bakal aman.

4. Vegemite

Melancong ke negeri orang tak lengkap tanpa menyicipi kuliner khas. Berhubung kita sedang membicarakan Australia, maka makanan yang paling direkomendasikan adalah vegemite. Ini adalah semacam selai khas yang bisa kamu aplikasikan di mana pun. Entah roti atau biskuit. Vegemite sendiri dibuat dari bir kadaluarsa yang kemudian diolah sedemikian rupa sehingga berbentuk pasta.

Masa sih seperti garam dicampur air aki? Makanya coba. [Source Image]
Masa sih seperti garam dicampur air aki? Makanya coba. [Source Image]
Sudah banyak yang mencoba selai ini, namun hampir semuanya sepakat jika rasanya aneh dan sulit ditelan. Tapi bagi penduduk negeri kanguru vegemite ini jadi favorit. Agar punya gambaran tentang taste selai unik ini, bayangkan rasa antara garam dikombinasikan dengan air aki. Belum pernah coba kan? Tuntaskan rasa penasaranmu nanti ketika berkunjung.

5. Didgeridoo

Selain bumerang, benda ikonik yang sering kali diindentikkan dengan suku Aborigin adalah sebuah alat bernama Didgeridoo. Benda ini adalah semacam instrumen musik berbentuk pipa panjang dan diukir atau dihias dengan ornamen khas yang sangat cantik.

Cuma di Australia kamu bisa menemukan ini [Image Source]
Cuma di Australia kamu bisa menemukan ini [Image Source]
Cara memainkannya hanya butuh tiupan kuat. Menurut sejarahnya, instrumen musik ini berfungsi sebagai alat komunikasi para Aborigin dan juga ritual agar seseorang bisa memasuki gerbang mimpi entah apa maksudnya.

Meskipun sangat tradisional dan bunyinya tidak lebih merdu dari sebuah mesin menggeram, tapi Didgeridoo ini kerap kali dipakai para musisi sebagai instrumen pendukung. Mengunjungi Australia jangan lupa mencoba memainkan alat musik ini. Dijadikan oleh-oleh juga keren kok karena ukiran dan gambarnya yang eksotis.

Pasti akan jadi pengalaman super seru jika kamu bisa mengunjungi negaranya Tony Abbot ini. Siapkan perbekalan dan jangan lupa untuk menyantap olahan daging kanguru. Hati-hati juga terhadap huntsman spider yang mungkin akan tiba-tiba muncul di bawah kolong tempat tidurmu. Selamat berlibur ya!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA