6 Hal Unik dan Aneh yang Tidak Akan Pernah Kamu Temukan Selain di India

oleh Rizal
12:34 PM on Aug 15, 2015

Sampai kapan pun segala sesuatu tentang India akan selalu menarik untuk masyarakat kita. Dulu di tahun 70an bahkan sebelumnya, India sudah cukup dikenal gara-gara film dan juga musik mereka yang sangat mirip dengan dangdut itu. Berlanjut pada tahun 90an, India makin berjaya di Indonesia dengan munculnya film-film super booming seperti Kuch Kuch Hota Hai, Mann, dan sebagainya.

Sempat redup, kini hiburan ala India muncul lagi dengan kemasan yang berbeda. Yup, lewat serial televisi seperti Mahabarata, Jodha Akbar, Mahadewa dan sebagainya. Praktis membuat masyarakat kita tidak bisa terlepas dari hal-hal yang berbau Hindustan.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

Meskipun sudah bisa dibilang familiar, ternyata tidak banyak orang yang tahu tentang fakta hal unik dan aneh di India. Misalnya mereka ternyata punya upacara melempar bayi, kebiasaan suka kencing sembarangan di tempat umum hingga kebiasaan membangun rumah tanpa pintu. Tentunya masih ada hal-hal unik dan aneh lain yang hanya ada di sini. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Kencing dan Buang Air Sembarangan di Tempat Umum

Di India khususnya di daerah pedesaan, adalah pekerjaan yang menyusahkan untuk menemukan toilet umum. Tidak hanya bagi wisatawan tapi juga untuk warganya sendiri. Alhasil, ketika mengunjungi desa-desa di sana kamu akan sering menjumpai orang-orang yang membawa seember air dengan tujuan yang sepertinya kamu sudah tahu sendiri. Orang-orang kadang memanfaatkan tembok atau pohon-pohon untuk sekedar menuntaskan hajat buang air mereka.

Pemandangan seperti ini akan sering kamu jumpai di India [Image Source]
Pemandangan seperti ini akan sering kamu jumpai di India [Image Source]
Kebiasaan yang sama ternyata juga ditemukan di bagian kota besarnya. Tentu saja ini jadi pemandangan yang tak sedap dipandang, belum lagi aromanya yang tidak menyenangkan makin memperburuk kesannya. Alhasil, orang-orang atau si empunya tembok ini biasanya mengakali dengan menggambarnya dengan foto-foto berbau religius. Entah potret dewa atau juga kuil-kuil. Cara ini cukup efektif ternyata.

Jadi, bisa disimpulkan kalau kamu melihat pemandangan berwarna-warni di temboknya bukan berarti hal tersebut murni menyenangkan mata para wisatawan. Ada satu misi penting di baliknya dan sekarang kamu sudah apa itu.

2. Upacara Pelemparan Bayi

Boombastis pernah menjelaskan panjang lebar tentang aktivitas unik dan aneh satu ini. Singkatnya, pada tiap bulan Desember orang-orang India punya gawe yang membuat banyak anak kecil menangis. Seperti namanya, upacara pelemparan bayi ini dilakukan dengan cara meleparkan bayi dari atas sebuah bangunan untuk kemudian ditangkap oleh beberapa orang yang membentangkan kain di bawah.

Upacara pelemparan bayi [Image Source]
Upacara pelemparan bayi [Image Source]
Si eksekutor harus lah pendeta yang dipercaya. Upacara ini sempat ditentang gara-gara bahaya yang mungkin terjadi. Pemerintah memang ada benarnya, sebagai manusia mungkin saja mereka khilaf. Entah si pendeta salah koordinat lempar atau bisa juga orang-orang yang menangkapnya ini belum siap. Upacara ini dipercaya akan membuat si bayi akan mendapatkan keberuntungan dan juga kesehatan.

3. Asyiknya Orang India Ketika Naik Kereta Api

Sebelum regulasi mengenai tiket diberlakukan, Indonesia pernah mengalami masa suram di dunia perkeretaapian. Apalagi kalau bukan bandelnya para penumpang berdesakan hingga duduk di atas gerbong. Untungnya hal tersebut tidak terjadi lagi saat ini. Bicara soal padatnya penumpang kereta api di Indonesia beberapa waktu lalu, India ternyata juga tidak jauh beda. Bahkan bisa dianggap mereka membawa hal tersebut ke level yang berbeda.

Kereta jadi moda transportasi andalan masyarakat India [Image Source]
Kereta jadi moda transportasi andalan masyarakat India [Image Source]
Kereta api adalah transportasi massal andalan India dan hampir semua orang menaikinya. Bayangkan dengan jumlah penduduk sebanyak semiliar lebih itu, bagaimana suasana ketika naik kereta. Duduk di kursi penumpang akan sangat susah. Bahkan untuk berdiri di dalam pun akan sama menyulitkannya. Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut orang-orang pun tidak ambil pusing dengan duduk di jendela, bergelantungan di sambungan gerbong atau duduk rapi di atas gerbong. Daripada terlambat, tak masalah sekalipun tidak duduk dengan nyaman dan aman, mungkin begitu kata mereka.

4. Spit Detection

India rupanya tengah berbenah serius dalam memperbaiki kondisi sosial mereka. Salah satunya adalah dengan memberlakukan spit detection. Ini adalah semacam mekanisme untuk memberi pelajaran kepada orang-orang yang ingin membuat kotor lingkungan. Sama seperti namanya, ketika kamu meludah maka akan otomatis dideteksi. Ada banyak CCTV dan detektor dipasang di mana-mana. Bahkan pemerintah juga merekrut petugas khusus untuk mencegah dan menangkap orang-orang yang melakukan hal ini.

Denda meludah di India [Image Source]
Denda meludah di India [Image Source]
Hukumannya lumayan berat lho dan pasti akan ketahuan. Tidak hanya urusan meludah, kencing sembarangan, vandalisme dan juga berbagai aktivitas lain juga termasuk di dalamnya. Patut diapresiasi bahkan ditiru untuk diaplikasikan di Indonesia.

5. Ibu Baru yang Sudah Tua

Memiliki anak menjadi hal yang sangat membanggakan di India. Namun sebaliknya, ketika seorang wanita gagal mendapatkan keturunan ia akan merasa malu, gagal dan bahkan tidak dianggap keberadaannya. Alhasil, gara-gara hal ini banyak para ibu yang berusaha untuk mendapatkan momongan walaupun usianya sudah tua.

Ada cukup banyak ibu berusia tua di India [Image Source]
Ada cukup banyak ibu berusia tua di India [Image Source]
Ibu tua yang kita bicarakan ini bukan 40 atau 50 tahunan, tapi 70 tahun lebih! Cukup banyak wanita tua di sana yang hamil pertama di usia yang cukup senja. Beberapa bahkan sudah berusia 80 tahunan.

6. Ketika Pintu Tidak Terlalu Dibutuhkan

Kebiasaan aneh lain orang-orang India yang mungkin kamu belum tahu adalah mereka jarang sekali melengkapi rumah dengan pintu-pintu. Hal ini umum dilakukan orang sana termasuk yang paling sering ditemui adalah penduduk Shani Shingnapur, Maharashtra. Hampir jarang sekali menemukan sebuah rumah lengkap dengan pintunya di daerah ini.

Salah satu rumah di Shani Shingnapur [Image Source]
Salah satu rumah di Shani Shingnapur [Image Source]
Tentu ada alasannya kenapa mereka melakukan hal yang menggiurkan pencuri ini. Dikatakan bahwa penduduk Shani Shingnapur percaya jika mereka dan harta-hartanya akan selalu dilindungi dewa Shani. Tidak hanya rumah, bahkan sebuah bank komersial bernama UCO Bank yang ada di tempat ini juga melakukan hal yang sama.

India memang tidak akan pernah selesai untuk dikupas keganjilannya. Akan selalu ada hal-hal unik dan aneh yang bisa ditemukan di negerinya Shahrukh Khan ini. Meksipun deretan poin di atas menceritakan hal yang aneh-aneh, tapi India tetap sangat layak untuk kamu jadikan tempat tujuan wisata.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA