in

5 Ujian Tersulit di Dunia yang Bikin Pesertanya Depresi Sampai Bunuh Diri

Namanya ujian sekolah, pastinya selalu bikin stres para murid. Apalagi jika pengawasnya galak, malah tambah grogi dibikinnya. Saking takutnya, soal mudah jadi terasa sangat sulit. Alih-alih dapat nilai sempurna, bisa lulus saja sudah untung.

Sejalan dengan eksplanasi di atas, beberapa sekolah di dunia memberikan ujian-ujian dengan level soal ujian yang super sulit. Bahkan beberapa peserta ada yang sampai bunuh diri dibuatnya. Standart yang tinggi serta kesulitan soal yang tidak logis menjadi kombinasi mimpi buruk bagi siswa. Simak ulasan berikut jika kamu ingin tahu .

Gaoko, Ujian Terlama

Ujian di China ini dibilang sebagai ujian tersulit dan terpanjang di dunia. Pasalnya seorang harus mengikuti paling tidak 9 jam hanya untuk ujian. Itupun harus dilakukan peserta ujian dalam dua hari. Kita berdiri 2 jam saja di ruang ujian sudah eneg, apalagi ini. Para peserta yang lulus dalam ujian ini memang kebanyakan akhirnya bisa mengubah status hidupnya, namun sebaliknya bagi mereka yang gagal.

Ujian gaoko [image source]
Banyak peristiwa buruk terjadi akibat kekecewaan para peserta pada ujian. Karena dinilai terlalu sulit, ada yang merobek soal ujian dan memilih kembali pulang. Yang nahas, banyak yang ditemukan bunuh diri akibat depresi tidak tahan atas tekanan dari keluarga karena gagal ujian. Untung saja di Indonesia tidak ada ujian yang seperti ini.

Ujian masuk Mensa, hanya untuk yang jenius

Jika kamu berkeinginan masuk di sebuah sekolah internasional Mensa di Inggris, artinya kamu harus memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Sebelumnya, ada sebuah ujian masuk bagi para calon peserta Mensa, sebuah soal puzzle unik di siapkan dan hanya bisa diselesaikan untuk orang yang memiliki IQ tinggi.

Ujian Mensa [image source]
Bagi yang memiliki iQ hanya 98 sudah dipastikan tidak akan masuk dalam sekolah ini, minimal untuk masuk di sini adalah orang-orang ber iQ 100 ke atas. Diketahui iQ paling rendah yang dapat lolos adalah skor 103. Itu merupakan angka yang jauh terutama bagi masyarakat Indonesia yang memiliki iQ rata-ratanya hanya sekitar 95-99 an.

All Souls Prize Fellowship Exam

Kalau yang satu ini juga hanya orang-orang jenius yang boleh ikut. Ujian ini khusus diperuntukkan pada 500 lulusan terbaik dari Oxford. Selain lulusan Oxford, beberapa lulusan ternama dari sekolah yang ekuivalen boleh mengikuti tes ini.

500 siswa Oxford Terbaik [image source]
Ujian dibuat untuk menyaring orang-orang dengan kecerdasan dan kepintaran luar biasa dalam satu kelas. Jadi kalau hanya berasal dari lulusan sekolah biasa, jangan coba-coba untuk ikut ujian ini. Belum daftar saja kemungkinan sudah ditolak.

CSAT, ujian dengan banyak korban

Tes yang dilaksanakan oleh Korea selatan ini sudah banyak menelan banyak korban jiwa. Pasalnya, jika seorang ingin masuk pada sebuah perguruan tinggi bergengsi maka dia harus lulus pada CSAT ini. Uniknya, kebanyakan bunuh diri yang terjadi di Korea selatan adalah akibat gagalnya lolos pada ujian ini.

CSAT [image source]
Miris memang, pasalnya jika gagal dalam ujian maka karir akan anjlok dan tekanan serta hinaan akan berdatangan. Saking pentingnya ujian ini, semua penerbangan dan kebisingan di jalan raya harus dihentikan dahulu. CSAT adalah kesempatan meraih perguruan bergengsi sekaligus momok bagi pelajar Korea.

CFA (Chartered Financial Analyst), ujian dengan kemungkinan minim

Rata-rata kemungkinan lulus dalam ujian ini hanya 32%. Pasalnya, soal memang sengaja dibuat sesulit mungkin untuk menyaring peserta berbakat. Bahkan beberapa soal dibuat dengan kesulitan di atas yang diajarkan di sekolah. Namun pastinya siapapun yang lulus dari ujian ini memiliki kualitas yang sangat bisa dipertanggungjawabkan.

CFA [image source]
Lantaran ujian CFA ini sangat susah, maka jangan tanya berapa jumlah yang gagal. Ya, tentu sangat banyak. Meskipun terkesan sangat tidak manusiawi karena soalnya begitu susah, tapi cara ini kadang bagus untuk mendapatkan orang-orang dengan kemampuan berpikir level dewa.

Untung sekali ujian di Indonesia ini tidak sesulit ujian-ujian di atas. Dengan level soal seperti sekarang saja masih banyak yang mencotek dan membeli kunci jawaban, bagaimana kalau sistemnya seperti di atas? Karena ujian di Indonesia bisa dibilang enak, seharusnya tingkat kejujuran dalam diri siswa juga patutnya bertambah pula.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

5 Fasilitas Militer Terbengkalai dengan Luas yang Bikin Geleng-geleng

Didit Afrizal, Sang Dewa Photoshop Indonesia yang Hasil Editannya Bikin Jomblo Merana