5 Mata Uang Tertinggi Nilainya di Dunia ini Bikin Rupiah Seperti Nggak Ada Harganya

oleh Rizal
09:11 AM on Feb 23, 2016

Kembali ke masa-masa Orde Baru, Rupiah pernah menjadi mata uang yang paling diperhitungkan di dunia. Percaya atau tidak, di tahun 1970an, $1 pernah dihargai Rp 250 saja. Angka yang sangat fantastis tentu saja. Seandainya bisa dipertahankan hingga hari ini, Indonesia bakal makmur luar biasa. Negara-negara barat mungkin bisa kita libas.

BACA JUGA: 8 Negara Ini Dipercaya Bakal Menguasai Dunia di Masa Depan

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

Namun, masa kejayaan Rupiah yang pernah menjadi primadona mata uang dunia akhirnya mulai surut seiring bertambahnya tahun. Bahkan di tahun 1998, kenaikannya menggila, terutama di bulan Maret di mana $1 dihargai sampai Rp 16 ribu. Kini Rupiah bisa dibilang lebih baik, meskipun kalau dibandingkan dengan dulu amatlah memperihatinkan.

Ketika mengomparasikan Dolar dan Rupiah rasanya memang ngenes sekali, seakan-akan mata uang kita benar-benar nggak ada harganya. Namun, sepertinya kita harus bersyukur karena hanya fokus melihat perbandingan Rupiah dengan Dolar saja. Pasalnya, masih banyak mata uang lainnya yang lebih tinggi, dan kalau dibandingkan dengan Rupiah, mata uang kebanggaan ini berasa lebih hina lagi.

1. Dinar Kuwait

Memiliki sejuta saja uang dinar Kuwait, kita akan mampu membeli apa pun. Rumah, mobil, selusin iPhone 6 Plus dan lain sebagainya. Dinar Kuwait adalah mata uang paling tinggi nilainya di dunia. Untuk 1 dinar Kuwait, nilainya setara dengan $3,28. Benar-benar gila, kan?

Dinar Kuwait [Image Source]
Dinar Kuwait [Image Source]
Penasaran berapa Rupiah sejuta dinar Kuwait? Nilainya sekitar Rp 45 miliar! Bayangkan bagaimana kayanya orang-orang Kuwait yang punya simpanan di bank sampai miliaran dinar itu. Nilai tinggi ini sudah ditetapkan sejak dulu di tahun 60an. Pengaruh tingginya mata uang Kuwait erat kaitannya dengan produksi minyak mereka.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA