7 Turis dari Negara ini Dikenal Memiliki Kelakukan Buruk Saat Traveling. Indonesia?

oleh Adi Nugroho
09:18 AM on Jan 3, 2016

Satu hal wajib yang harus dilakukan oleh turis saat melakukan traveling adalah etika. Di tempat baru, entah itu di dalam negeri atau sampai ke negeri seberang, etika wajib dipertahankan. Jangan sampai di negeri orang malah melakukan hal-hal yang sangat memalukan. Misal merusak tempat wisata hingga melakukan tindakan yang bertentangan dengan adat istiadat daerah setempat.

Berikut ini ada 7 negara yang dikenal memiliki turis yang kelakuannya melewati batas. Mungkin tak semua turis seperti itu. Namun kelakuan sebagian orang yang tak benar itu akan memberikan stigma negatif. Langsung saja, inilah negara dengan turis bermasalah itu!

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

1. Indonesia

Sorry to say, tapi anda pasti paham kenapa Indonesia di tempatkan pada nomor satu ini. Turis-turis lokal kita banyak sekali membuat kerusakan di tempat wisata. Ambil contoh saja vandalisme dengan menulis di batu, tembok, dan mengukir pohon. Belum lagi kasus menginjak-injak Bunga Amarilis di Jogja. Lalu berlanjut lagi ke kasus jembatan yang ambruk di Hutan Lindung, Langsa Baro, Aceh.

https://www.youtube.com/watch?v=IlJiYOlyO1A

Hal-hal semacam ini sudah menunjukkan betapa buruknya wisatawan dari Indonesia. Padahal ini baru di dalam negeri saja. Bagaimana jika di luar negeri? Apa ya enggak malah bikin malu bangsa sendiri.

2. Amerika

Tak bisa dipungkiri lagi jika wisatawan dari Amerika banyak sekali melakukan hal buruk saat traveling di luar negeri. Berdasarkan survei yang dilakukan agen pariwisata, sekitar 44% responden mengatakan jika turis dari Negeri Paman Sam ini banyak sekali melakukan keburukan.

turis dari Amerika [image source]
turis dari Amerika [image source]
Mereka selalu melakukan hal-hal sesuai dengan budaya asal. Jika berada di daerah baru mereka akan sangat susah beradaptasi. Bahkan mereka justru membawa pengaruh buruk kepada negara yang selalu didatangi.

 3. Inggris

Inggris adalah negeri yang superior. Jadi penduduknya menganggap jika traveling, penduduk lokal harus sangat menghormatinya. Turis dari Inggris sebagian besar memiliki perilaku yang sangat buruk. Bahkan kerap membuat wisatawan lain merasa tidak nyaman.

Kelakuan turis Inggris yang tak patut dicontoh [image source]
Kelakuan turis Inggris yang tak patut dicontoh [image source]
Turis dari Inggris selalu menganggap jika negeri yang mereka datangi sama dengan negerinya. Mereka bebas melakukan banyak sekali hal yang kadang tak sesuai dengan etika yang berlaku. Tak mengherankan jika negeri ini layak ditempatkan pada nomor tiga dalam daftar turis berkelakuan buruk.

4. Rusia

Rusia adalah negara yang turisnya susah sekali diatasi. Banyak sekali guide yang mengeluhkan jika turis negeri ini banyak maunya. Sudah sekali diarahkan dan semaunya sendiri dalam melakukan banyak hal. Akhirnya banyak guide yang pasrah dengan keadaan ini dan memilih mengalah.

Turis dari Rusia [image source]
Turis dari Rusia [image source]
Selain susah ditangani, mereka juga suka sekali minum miras dalam setiap perjalanan. Bahkan banyak orang menyebut jika orang Rusia adalah drunk traveler. Kelakukn yang buruk ini membuat banyak sekali agen wisata selalu ingin menolak wisatawan yang berasal dari negeri Vladimir Putin.

5. Tiongkok

Negeri tirai bambu ini memiliki jumlah penduduk paling besar di dunia. Dalam setahun, ada jutaan warga Tiongkok yang melakukan traveling ke luar negeri. Sayangnya, mereka mendapatkan predikat buruk di kalangan traveler dan juga pemandu di seluruh dunia.

Tiongkok [image source]
Tiongkok [image source]
Turis dar Tiongkok dikenal sangat buruk dalam perilaku. Mereka tidak gampang puas dan selalu melakukan komplain. Apa yang orang lain lakukan selalu dianggap tak benar. Sementara yang ia lakukan selalu benar.

6. Autralia

Setiap tahun ada puluhan ribu turis Australia yang datang ke Indonesia, terutama Bali. Mereka menganggap jika bali adalah tempat yang cocok untuk melakukan hal buruk. Akhirnya banyak sekali norma-normal lokal yang diciderai oleh wisatawan ini.

warga Australia yang terjerak kasus narkoba di Bali [image source]
warga Australia yang terjerak kasus narkoba di Bali [image source]
Minum-minum dan berpesta adalah hal utama yang mereka lakukan di Bali. Akhirnya tak sedikit warga Australia harus berurusan dengan warga lokal. Kasus-kasus warga Australia di Bali juga tak bisa dikendalikan. Bali memang daerah wisata. Namun tempat ini juga merupakan lokasi yang suci.

7. Prancis

Warga negara Prancis yang datang ke Indonesia biasanya mereka yang memiliki watak agak kaku. Mereka menginginkan sesuatu yang hebat dengan bayaran yang murah. Tak sedikit, travel agent yang memilih tak menjual jasanya kepada para bule ini.

turis dari Prancis [image source]
turis dari Prancis [image source]
Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Triposo. Negeri ini banyak sekali melakukan skandal-skandal yang mengerikan. Itulah mengapa tak banyak orang suka melakukan traveling berasama dengan warga negara Prancis.

Menurut anda, dari tujuh negara di atas, kira-kira mana yang paling parah? Dan bagaimana seharusnya menjadi seorang traveler yang santun tanpa perlu menghilangkan kesenangan?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA