7 Fakta Mengejutkan ini Membuat Tumbuhan Hidup Seperti Layaknya Manusia dan Hewan

oleh Adi Nugroho
08:11 AM on Dec 19, 2015

Sejak lama kita selalu menganggap tumbuhan sebagai rantai pertama dari jaring-jaring makanan. Mereka adalah produsen yang akan selalu dimakan oleh organisme herbivora dan omnivora termasuk manusia dan hewan. Namun dalam beberapa tahun belakangan, ilmuwan telah menemukan banyak sekali fakta tentang tumbuhan yang sebelumnya tak terpikirkan.

Tumbuhan dikatakan memiliki otak seperti hewan, meski tak berbentuk organ. Selain itu tumbuhan juga dikatakan bisa melihat sesuatu hal dan memiliki sebuah memori dalam tubuhnya. Nahlo, kok bisa? Yuk, kita bahas bersama-sama!

Baca Juga
Anton Lucanus, Driver Ojek Bule Ganteng yang Bikin Perempuan Rela Dibonceng ke Ujung Dunia
5 Tipe Kelakuan Super Nyeleneh Emak-Emak Saat Naik Ojek Online, Dijamin Bikin Ngakak

1. Tumbuhan Memiliki Otak

Mungkin yang dimaksud otak pada tumbuhan bukan otak dalam wujud organ sebenarnya. Otak pada tumbuhan berupa ujung akar dan juga bagian meristem yang mengatur semua kerja sel saat menyangkut bahan makanan, lalu mengolah dan menyebarkan hasilnya ke seluruh bagian batang hingga menjadi bunga dan buah.

Tumbuhan Memiliki Otak [image source]
Tumbuhan Memiliki Otak [image source]
Sebuah penelitian terbaru dari Daniel Chamovitz menemukan fakta jika beberapa gen pada tumbuhan memiliki kemiripan pada manusia. Bahkan tumbuhan mampu memproduksi neurotransmitter seperti dopamine dan serotonin yang ada pada manusia. Nah, hebat sekali kan?

2. Mampu Melindungi Diri Sendiri di Alam Liar

Salah satu kemampuan yang dimiliki oleh manusia dan hewan adalah mampu melindungi dirinya sendiri. Jika ada bahaya mereka akan menghindar atau memangkasnya dengan sekuat tenaga. Hal-hal semacam ini ternyata juga dimiliki oleh beberapa tumbuhan di alam liar. Misal mawar yang memiliki duri untuk pertahanan diri.

Brussel Sprout, Mampu Melindungi Diri Sendiri di Alam Liar [image source]
Brussel Sprout, Mampu Melindungi Diri Sendiri di Alam Liar [image source]
Selain ini, beberapa tumbuhan juga memiliki pertahanan diri berupa lendir atau bahkan lem. Tumbuhan yang memiliki lendir atau lem ini adalah kubis Brussel. Jika ada serangga meletakkan telor di atas daunnya, maka secara otomatis lendir mengubah komposisi kimianya. Dampaknya, telor tak akan bisa menetas karena mengalami kerusakan sel. Hebat sekali kan?

3. Mampu Mengirim Sinyal Bahaya ke Populasinya

Salah satu tumbuhan yang mampu hidup di lingkungan yang sangat ekstrem adalah akasia. Tumbuhan ini biasanya hidup di lingkungan liar seperti gurun hingga sabana. Akasia yang sering dimakan oleh jerapah ini biasanya akan langsung mengirim sinyal bahaya kepada tumbuhan akasia di sekitarnya. Saat jerapah mulai makan, sebuah zat tannin akan keluar untuk melindungi dirinya. Setelah beberapa saat, tannin akan menyebar dibawa angin, lalu memberi tahu akasia lain untuk segera memproduksi zat ini.

Mampu Mengirim Sinyal Bahaya ke Populasinya [image source]
Mampu Mengirim Sinyal Bahaya ke Populasinya [image source]
Selain akasia, tumbuhan maple juga melakukan hal yang sama. Jika mendadak ada predator menyerang ia segara mengeluarkan semacam zat kimia yang menyebar di udara. Zat kimia ini akan diterima pohon maple lain hingga mereka langsung dalam mode siaga.

4. Memiliki Mata Untuk Menerima Cahaya

Barangkali kita selalu beranggapan jika sesuatu yang bisa melihat pasti memiliki mata. Manusia, dan segala jenis hewan yang melihat pasti memiliki mata. Tanpa organ ini melihat adalah sesuatu yang sangat mustahil. Namun tumbuhan yang tak memiliki mata secara nyata juga melihat sebuah cahaya yang datang dan mengenai batangnya.

Memiliki Mata Untuk Menerima Cahaya [image source]
Memiliki Mata Untuk Menerima Cahaya [image source]
Tumbuhan memiliki banyak sekali reseptor cahaya yang bekerja dengan sangat baik. Reseptor ini akan membuat tumbuhan mampu tumbuh dengan baik atau tumbuh dengan mengalami kelainan. Selain itu, reseptor ini juga bertugas mengumpulkan cahaya matahari untuk digunakan sebagai bahan bakar fotosintesis.

5. Memiliki Memori

Seorang ilmuwan bernama Monica Gaglio melakukan percobaan dengan tumbuhan putri malu. Ia memegang tumbuhan itu beberapa kali hingga mengerut. Hal ini diulang beberapa kali hingga membuat tanaman putri malu ini berhenti menguncup meski beberapa kali disentuh oleh Monica.

Memiliki Memori [image source]
Memiliki Memori [image source]
Akhirnya ia membuat sebuah dugaan jika tumbuhan sebenarnya memiliki sebuah memori. Sesuatu yang diulang-ulang dan terbukti tak memberikan bahaya akan diabaikan oleh putri malu. Ia menyimpan memori instan itu hingga saat ada rangsangan baru yang masuk ia bisa tahu apakah itu berbahaya atau tidak.

6. Mampu Berkomunikasi

Kita mungkin menganggap jika tumbuhan tak bisa berkomunikasi karena tak bisa bergerak atau bahkan bicara. Namun nyatanya tumbuhan mampu melakukan komunikasi dengan baik kepada sesamanya. Mereka kadang mengeluarkan semacam feromon untuk memberitahu akan adanya bahaya. Selain itu, mereka juga kadang mengeluarkan enzim tertentu yang merupakan wujud dari sebuah tangisan.

Mampu berkomunikasi dan mengeluarkan feromon [image source]
Mampu berkomunikasi dan mengeluarkan feromon [image source]
Jika tumbuhan menangis dengan caranya (manusia tidak mendengar), maka predator seperti serangga akan menghindar. Mereka akan pergi dan beralih ke tumbuhan lainnya. Selain menangis, mereka juga bisa berteriak dengan sangat kencang dan membuat banyak sekali serangga untuk pergi.

7. Memiliki Sebuah Perasaan

Disadari atau pun tidak, tumbuhan sebenarnya memiliki sebuah perasaan sama halnya dengan manusia dan hewan. Beberapa tumbuhan bisa mengalami stres jika mengalami perlakukan yang tidak baik. Misal, tumbuhan dicabut dan akan ditempatkan ke lokasi yang baru. Mereka akan mengalami stres dan tidak mau berbunga hingga berbuah.

Memiliki Sebuah Perasaan [image source]
Memiliki Sebuah Perasaan [image source]
Beberapa tanaman kadang ada yang mendadak mati jika mengalami situasi yang tak baik. Mereka menerima rangsangan dari luar lalu memprosesnya dalam tubuh hingga akhirnya bisa memberikan apa yang namanya respons.

Itulah tujuh fakta yang menunjukkan jika tumbuhan ternyata mirip juga seperti manusia dan hewan. Mereka bisa melindungi diri hingga punya sebuah perasaan. Keren banget kan?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Niru Gaya Anniesa Hasibuan, 11 Foto Kelakuan Netizen Ini Pasti Bikin Kamu Ngakak
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA