5 Alasan Logis Mengapa Bertukar Tubuh itu Mungkin Terjadi di Dunia Nyata!

oleh Adi Nugroho
15:11 PM on Sep 1, 2015

Yang kita tahu, bertukar tubuh hanya ada dalam dunia fiksi. Manusia bisa bertukar tubuh dan jiwa dengan berbagai cara. Mulai dari operasi hingga kejadian-kejadian yang hanya bisa dijelaskan sebagai sihir. Beberapa fiksi terkenal seperti film Boy Meets Girl (2009), Secret Garden (drama Korea), hingga novel berjudul Everyday karya David Levithan, mengambil tema pertukaran tubuh atau pembalikan jiwa.

Dalam dunia nyata, pertukaran tubuh belum pernah terjadi. Namun bisa saja terjadi dengan lima buah alasan logis yang akan kita baca bersama-sama di bawah ini. Bersiaplah mengetahui fakta yang sebelumnya tak kita pikirkan telah ada dan terjadi di dunia ini!

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

1. Transplantasi Kepala Pernah Dilakukan

Bertukar tubuh artinya, tubuh baru bukanlah milik kita namun pikiran masih milik kita seutuhnya. Segala hal yang kita pikirkan berada di otak, jadi jika otak kita (kepala) ditukar bisa jadi pergantian tubuh ini nyata adanya. Namun sampai sekarang donor kepala belum pernah dilakukan, manusia yang kepalanya dipotong bisa jadi mati seketika, saat itu juga tanpa menunggu waktu yang lama.

Transplantasi kepala [image source]
Transplantasi kepala [image source]
Pada tahun 1970 seorang ilmuwan bernama Dr White melakukan pertukaran kepala pada kera. Operasi ini berhasil meski kera tak bertahan lama. Di era yang lebih modern, ilmuwan China mengulangi operasi ganti kepala ini. Namun ia menggunakan tikus hitam dan putih. Percobaan ini berhasil dengan baik meski tikus hanya bertahan hidup selama beberapa menit. Paling tidak memecahkan rekor kera yang diganti kepalanya.

2. Mengunggah Pikiran ke Otak Orang Lain

Beberapa ilmuwan sedang terobsesi bagaimana mereplika isi pikiran manusia. Mereka megotak-atik otak meski sampai sekarang belum muncul hasil yang maksimal. Permasalahan utama dari ilmuwan adalah mereka belum begitu mampu memetakan isi otak manusia dengan baik. Jika sampai hal ini bisa terjadi, maka manusia bisa di-install informasi langsung ke otaknya.

Mengunggah pikiran [image source]
Mengunggah pikiran [image source]
Percobaan ini lagi-lagi menggunakan tikus sebagai objeknya. Ilmuwan telah berhasil memetakan isi otak tikus dengan baik sampai bagian sarafnya. Penelitian ini membuktikan jika sebenarnya otak bisa diduplikat. Bukan tidak mungkin puluhan tahun lagi, atau ratusan tahun lagi, kita bisa mengisi otak dengan informasi-informasi yang penting. Salah satunya mengisi otak dengan isi pikiran orang lain. Kita bisa menjadi orang lain namun tetap menggunakan tubuh asli.

3. Semacam Reinkarnasi Pada Manusia

Yang kita tahu sebelumnya, reinkarnasi adalah kelahiran kembali manusia ke tubuh baru namun dengan pikiran yang sama seperti sebelum mati. Namun hal ini bukan sains, dan tidak bisa dijelaskan secara ilmiah. Namun, jika kita melihat sebuah teori biocentrism, hal semacam ini bisa dijelaskan secara ilmiah dan dipercaya.

Reinkarnasi jiwa pada manusia [image source]
Reinkarnasi jiwa pada manusia [image source]
Selama ini kita hanya percaya pada hal-hal yang telah dibuktikan secara fisik. Namun hal lainnya tak butuh pembuktian secara fisika. Itulah mengapa biocentrism muncul untuk melengkapi apa yang telah manusia pikir sebelumnya. Jika reinkarnasi benar adanya, artinya kita bisa melakukan pertukaran tubuh. Seperti yang terjadi di film.

4. Mengkonsumsi Obat yang menyebabkan Halusinasi

Beberapa obat yang dijual atau obat terlarang kerap menghasilkan efek halusinasi. Orang yang menggunakan obat ini akan merasa ia bukan dirinya sendiri. Ada orang lain yang masuk ke tubuhnya. Atau ia merasa berada di tubuh orang lain hingga bisa merasakan banyak sekali petualangan yang mengasyikkan.

Obat untuk Halusinasi [image source]
Obat untuk Halusinasi [image source]
Dua orang yang yang mengkonsumsi sejenis obat seperti ketamine bisa merasakan gejala bertukar tubuh. Yang dilakukan hanyalah membuat dua orang ini bergandengan tangan lalu meminum obat yang menyebabkan halusinasi. Well, secara mengejutkan kedua orang ini akan merasa seperti orang lain ada dalam tubuhnya.

5. Menggunakan Kulit dari Tubuh Orang Lain

Prinsipnya mirip dengan transplantasi. Namun menggunakan kulit dari tubuh orang lain yang ditempelkan ke tubuh. Dengan begitu kita akan menggunakan tubuh orang lain. (Meski tak semuanya!) Namun masih menggunakan isi kepala kita sendiri. Dengan begitu kita sudah layaknya seperti berganti tubuh.

Kulit tubuh manusia [image source]
Kulit tubuh manusia [image source]
Namun kejadian ini belum pernah terjadi. Tak ada orang yang rela seluruh kulitnya diberikan kepada orang lain. Meski ia telah meninggal dunia. Terlebih lagi operasi penempelannya juga memiliki risiko yang sangat tinggi untuk gagal. Namun, hal semacam ini bisa saja terjadi di masa depan yang teknologinya akan jauh lebih maju dari sekarang. Kita tinggal menunggu saja apa yang akan ilmuwan lakukan untuk membuat manusia benar-benar bisa bertukar tubuh dengan sempurna.

Pengetahuan memiliki luas yang tanpa batas. Pun manusia adalah makhluk yang sangat pandai di dunia ini. Di masa lalu manusia hanya bermimpi untuk terbang di angkasa, namun nyatanya sekarang ada pesawat. Hal ini membuktikan jika hal tak mungkin bisa jadi mungkin dan nyata jika terus dikembangkan. Bukan tak mungkin jika pertukaran tubuh benar-benar akan terjadi di masa depan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA