Menengok Profesi Tukang Parkir Pesawat yang Ternyata Punya Gaji yang Lumayan Fantastis

Meskipun dianggap sepele ternyata tanggung jawab besar

oleh Arief Dian
09:00 AM on Jun 7, 2017

Bekerja di penerbangan mungkin adalah cita-cita banyak orang. Selain bakal mendapatkan gaji yang lumayan besar, juga bakal melihat dunia luar dari angkasa. Oleh sebab itulah banyak orang berbondong-bondong daftar di maskapai penerbangan. Namun begitu, tanggung jawab besar juga mesti mereka tanggung.

Masih soal profesi di penerbangan, mungkin tukang parkir pesawat sering kali dilupakan. Akan tetapi ternyata mereka ini memiliki peran yang sangat vital loh. Masalah gaji, kamu pasti kaget sendiri dibuatnya. Jadi seperti apa profesi tukang parkir pesawat ini? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

Pekerjaan yang ternyata butuh tanggung jawab besar

Memang mungkin banyak yang mengira hanya seorang tukang parkir saja mana mungkin dapat gaji yang besar. Namun berbeda dengan seorang tukang parkir pesawat, pasalnya mereka ini memang digaji dengan nominal yang lumayan. Mulai dari 4 juta hingga sampai ada yang puluhan tergantung pada maskapai dan pengalaman serta sertifikatnya sendiri.

tukang parkir pesawat [image source]
Namun demikian mereka memang memiliki tugas yang lumayan berat. Ada yang menyebutnya Marshall Ground ada pula yang menyebutnya Apron Movement Control. Namun yang jelas keduanya bertanggung jawab untuk mengomando pesawat dan pilot saat akan landing atau take off. Mereka secara tidak langsung berjasa membuat penerbangan bisa lancar seperti yang diinginkan.

Kalau tidak ada mereka bakal ada hal yang buruk

Meskipun sering dianggap sepele, namun keberadaan para tukang parkir pesawat ini sangat penting. Mereka memiliki beberapa tugas vital macam melihat keadaan jalan saat akan takeoff, sampai memastikan kondisi pesawat dari luar. Pilot mungkin melakukan hal yang sama, tapi tidak sedetail dan sejeli para tukang parkir pesawat ini.

mesti teliti [image source]
Bayangkan saja kalau keadaan licin atau terjadi sesuatu pada roda pesawat namun tidak diberhentikan oleh tukang parkir, maka bakal terjadi kecelakaan parah. Jelas hal tersebut bakal memakan korban jiwa. Para tukang parkir pesawat ini juga bertanggung jawab melihat kondisi luar pesawat seperti baling-baling atau sayap, jika ada yang tidak beres, mereka segera memberikan tanda merah pada sang pilot.

Tidak mudah loh jadi seorang tukang parkir pesawat

Kejelian dan ketelitian adalah syarat utama jika ingin menjadi tukang parkir pesawat. Mereka mesti melakukan pemeriksaan pada keadaan sekitar, apakah aman jika melakukan take off dan landing. Pastinya para tukang parkir pesawat ini kudu datang lebih awal dan mengecek segalanya. Karena sedikit sekali kesalahan, bisa berakibat sangat fatal.

Gaji Apron Movement Control [image source]
Terlihat sepele memang mereka ini, namun ternyata fungsinya lumayan vital. Belum lagi mereka harus berkoordinasi secara baik dengan ATC, di pusat bandara. Karena miss saja beberapa detik dalam take off atau landing, bakal ada hal buruk yang akan terjadi.

Gaji besar wajar dengan pekerjaannya

Menjadi tukang parkir pesawat ternyata tidak sembarang orang bisa loh, mesti ada sertifikat khususnya. Jadi kalau hanya sekedar daftar saja tidak mungkin akan diterima. Apalagi mengingat tanggung jawab yang besar pula, wajarlah kalau perlu seleksi yang matang.

tidak sembarangan [image source]
Jadi jika dipikir lagi, adalah hal yang wajar kalau tukang parkir pesawat ini mendapatkan gaji yang lumayan fantastis bukan? Soalnya sama dengan pekerjaan beresiko yang lain, nyawa banyak orang menjadi taruhannya. Bisa dibilang kalau mereka ini bukan sekedar tukang parkir biasa, karena berhubungan dengan nasib dari banyak orang.

Memang seperti itu profesi tukang parkir pesawat, meskipun terlihat sepele namun besar pula tanggung jawabnya. Namun demikian, bukan orang sembarangan yang bisa menjadi seperti mereka, perlu pendidikan dan pengalaman khusus. Berkat mereka pula kan kita bisa aman saat di udara.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA