7 Tuhan dari Agama Monoteis ini Pasti Belum Pernah Kamu Dengar Sebelumnya

oleh Adi Nugroho
10:16 AM on Dec 18, 2015

Banyak sekali agama yang ada di dunia ini selain agama besar seperti Islam, Kristen, Hindu, dan Buddha. Dari agama-agama yang sebagian besar juga monoteis ini terdapat Tuhan yang mereka yakini memberikan keberkahan pada seluruh umatnya.

Inilah tujuh Tuhan dari beberapa agama dunia yang pasti belum kamu dengar sebelumnya. Mari kita simak bersama-sama seperti apa gambaran Tuhan menurut agama yang tak ada di Indonesia ini.

Baca Juga
Tak Melulu Miris, Ini Cerita dari Para Veteran yang Akhirnya Diperhatikan oleh Pemerintah
7 Hal Ini Jadi Alasan Kenapa Wanita Jepang Ogah Menikah

1. Hayyi Rabbi

Hayyi Rabbi adalah Tuhan yang dipercaya oleh orang beragama Mandaens. Orang ini melakukan ritual-ritual yang dipercaya masih sama seperti yang Ibrahim lakukan di masa lalu. Agama ini sangat tua dan ada sebelum Judaism, Islam, dan Kristen  mulai menyebar dan dianut oleh banyak orang di seluruh dunia.

Hayyi Rabbi [image source]
Hayyi Rabbi [image source]
Hayyi Rabbi adalah zat yang mampu menciptakan alam semesta dan memberikan jiwa-jiwa pada manusia dengan bantuan malaikat. Orang Mandaens selalu merepresentasikan tuhannya dengan salib yang di sekelilingnya diberi sutra putih sebagai perlambang suatu kekuatan yang maha suci dan besar.

2. Al Aaqal Al Kulli

Salah satu sekte agama bernama Druze di Suriah percaya jika Tuhan ada di alam semesta ini. Ia menyatu dan tak terpisahkan dengan manusia. Tuhan yang mereka yakini selalu hidup dari alam yang mereka injak dan gunakan untuk tempat hidup.

Al Aaqal Al Kulli [image source]
Al Aaqal Al Kulli [image source]
Namun dalam beberapa waktu, Tuhan mereka juga mengalami reinkarnasi. Ia masuk ke seseorang yang dianggap pemimpin atau nabi. Salah satu nabi yang dipercaya oleh kaum ini bernama Al-Hakim yang merupakan transformasi dari Al Aaqal Al Kulli atau pikiran semesta.

3. Shangdi

Shangdi adalah Tuhan yang dipercaya masyarakat Cina di dinasti Shang. Tuhan yang mereka percaya ini mampu menciptakan alam dan mengendalikan semua cuaca yang ada. Ia berada pada tingkatan tertinggi para raja yang menguasai dataran Cina kala itu.

Shangdi [image source]
Shangdi [image source]
Shangdi selalu digambar seperti manusia. Namun sebenarnya ia hanyalah seseorang yang dimasuki jiwa dari Tuhan yang mereka percaya. Dengan masuknya jiwa ini, maka siapa saja bisa berkomunikasi dengan Tuhannya. Jika waktunya telah usai maka Tuhan ini akan pergi dan lahir dalam bentuk yang lain.

4. Hypsistos

Hypsistos adalah seseorang Tuhan atau dewa yang dipercaya orang-orang di Yunani pada tahun 400 sebelum masehi. Tuhan ini digambarkan sebagai sosok yang sangat kuat dan mampu memberikan berkah dan juga kesembuhan kepada semua orang yang ada di dunia. Hypsistos juga kerap dianggap sebagai turunan dari Zeus yang merupakan dewa tertinggi dari mitologi Yunani.

Hypsistos [image source]
Hypsistos [image source]
Dalam beberapa kepercayaan seperti Yahudi dan Pagan, Hypsistos juga ada sebagai salah satu dewa yang memiliki kekuatan paling tinggi. Hypsistos memiliki kemampuan membuat seluruh alam semesta jadi hancur dalam sekali gerak tangannya saja.

5. Hanulnim

Hanulnim adalah seorang Dewa yang berasal dari agama kuno di Korea. Sebenarnya mereka meyakini banyak sekali dewa yang ada di alam semesta. Namun hanya Hanulnim lah yang paling ditinggikan kedudukannya. Terlebih ia merupakan representasi penguasa surga dan segala hal baik yang diterima oleh manusia.

Hanulnim [image source]
Hanulnim [image source]
Sekitar tahun 1860, seorang bernama Choe Suun mengatakan kepada masyarakat ia telah didatangi oleh Hanulnim. Orang itu bercerita jika Hanulnim memberinya informasi yang sangat penting. Bumi saat itu dilanda bencana kejahatan dan tak akan bisa selesai dalam waktu yang cepat. Dan terbukti sampai saat ini bumi sedang dilanda kehancuran.

6. Chukwu

Tak banyak sebenarnya orang-orang di Afrika yang meyakini adanya satu Tuhan pada hidupnya. Biasanya mereka meyakini Tuhan yang banyak atau roh-roh dari alam. Salah satu kepercayaan yang meyakini akan adanya Tuhan adalah Igbo. Kepercayaan ini memiliki satu Tuhan yang dipercaya memiliki kekuatan besar bernama Chukwu.

Chukwu [image source]
Chukwu [image source]
Chukwu adalah Tuhan yang memberikan kehidupan kepada seluruh manusia di dunia ini. Ia juga yang memberikan keberkahan dan juga takdir dari sepasang kekasih untuk mendapatkan keturunan. Kepercayaan ini sampai sekarang masih ada dan tetap dilakukan oleh sekelompok orang di Afrika bagian Barat.

7. Alekh

Mahima Alekh adalah nama dari Tuhan yang dipercaya oleh orang yang memiliki kepercayaan Mahimma Dharna di Orissa, India. Kepercayaan ini berbeda dengan Hindu yang banyak sekal ditemui di India. Mahima Dharma menekankan pada sebuah tradisi keesaan Tuhan. Mahima Alehk adalah satu-satunya Tuhan yang mereka agungkan.

Alekh [image source]
Alekh [image source]
Agama ini lambat laun mengalami peningkatan dalam jumlah pengikutnya. Mereka mulai tersebar ke daerah Andhra, Assam, hingga Bengal. Saat ini Mahima Dharma menjadi salah satu agama paling tenar di India karena memiliki konsep yang sangat unik dan beda dengan yang lain.

Demikianlah tujuh Tuhan dari agama monoteis yang tidak anda tahu sebelumnya. Beberapa dari agama ini mulai tumbuh dan menyebar ke seluruh penjuru dunia. Well, semoga bumi ini jadi lebih aman jika masyarakatnya lebih beragama.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri 8 Ilustrasi Kocak yang Membuktikan Dunia Berubah ke Arah yang Lebih Buruk, Setuju?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA