Salah Upload Foto PM Singapura Dianggap Presiden Jokowi, Trump Jadi Samsak Netizen Indonesia

Untung bukan Rusia atau Korea Utara, kalau salah bisa perang sudah

oleh Arief Dian
14:00 PM on Jul 10, 2017

Ada yang berbeda dari KTT G20 yang terjadi beberapa hari yang lalu. Bagaimana tidak, pertemuan yang seharusnya jadi tempat untuk saling mempererat hubungan antar negara itu malah jadi ajang pembullyan terhadap presiden Amerika Donald Trump. Alhasil presiden negara adidaya itu kebanjiran komentar kecut dan pedas dari netizen.

Usut punya usut, ternyata ajang pembullyan ini dimulai saat presiden Amerika ini salah menyebutkan nama pemimpin negara. Bukan hanya sekali, bahkan tiga kali presiden ini keliru  menyebutkan nama, dan salah satunya merupakan kesalahan fatal. Jadi bagaimana hal ini bisa terjadi? Dan seperti apa reaksi para netizen yang gak karuan ini? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

Kesalahan caption saat mengunggah PM Singapura

Beberapa hari yang lalu, masyarakat Indonesia dan Singapura digegerkan dengan kelakuan presiden Amerika Serikat Donald Trump. Bagaimana tidak, orang nomor satu di Amerika ini melakukan kesalahan fatal ketika mengupload fotonya saat sedang melakukan pertemuan dengan PM Singapura.

Salah upload [image source]
Kalau dilihat sekilas mungkin memang tampak biasa saja, namun kalau diperhatikan captionnya, pasti ada keganjilan yang ditemukan. Pasalnya dalam caption akun resmi Donald Trump itu malah tertulis nama Presiden Joko Widodo. Beruntungnya, kesalahan kecil berakibat fatal ini segera diperbaiki oleh Presiden Donald Trump dengan mengganti captionnya dengan nama PM Singapura. Kocaknya, orang Indonesia menuding Donald Trump tidak bisa membedakan orang Asia satu dan lainnya.

Respon santai dari presiden Indonesia

Meskipun sempat salah menuliskan caption milik Presiden Jokowi, namun hal itu tidak diambil hati oleh beliau. Yang ada malah presiden Jokowi  mengatakan bahwa Donald Trump adalah orang yang lumayan humoris. Presiden Jokowi memaklumi kesalahan tersebut dan tidak terlalu menganggapnya. Namun sebaliknya, reaksi dari para netizen malah geram dengan hal tersebut.

Reaksi Pak Jokowi [image source]
Akhirnya postingan Trump yang salah sebut PM Singapura itu dibanjiri komentar-komentar dari Indonesia dan Singapura. Ada yang secara jelas tidak suka dengan kesalahan tersebut, namun ada pula yang menganggapnya jadi bahan guyonan. Bahkan sampai sekarang meskipun sudah diperbaiki, akun Donald Trump masih dibanjiri komentar serupa.

Kelakuan kocak netizen Indonesia

Ternyata orang Indonesia yang ikut menghebohkan akun instagram Donald Trump itu lucu juga jika diamati. Bagaimana tidak setiap orang menyindir Presiden Amerika Serikat itu dengan cara-cara kocak. Mulai dari Wkwk land yang sudah pindah ke Singapura hingga membully Presiden Donald Trump kurang minum air mineral. Bahkan sampai ada yang menganalogikan bagaimana kalau ternyata kesalahan tersebut benar-benar terjadi saat Donald Trump melakukan pertemuan dengan PM Singapura.

Reaksi gak karuan

Setelah muncul begitu banyak komentar yang mungkin Trump sendiri nggak paham artinya, akhirnya caption lucu tadi pun dibetulkan. Meskipun demikian masih saja banyak yang berkomentar. Tapi, rata-rata kecewa gara-gara nggak bisa ikutan bully orang nomor satu AS itu.

Ternyata ada kesalahan yang lebih fatal dari itu

Bukan hanya pada Indonesia dan Singapura, ternyata Donald Trump juga melakukan kesalahan serupa di negara lain, namun lebih fatal. Presiden Donald Trump diketahui telah salah mengira China adalah Taiwan. Hal ini jelas bikin geram dua negara tersebut mengingat hubungannya tidak begitu baik.

Kesalahan lain Trump {image source]

Alhasil dari pada terjadi dampak fatal dari kesalahan tersebut, pihak Amerika segera memperbaiki kesalahan yang tertulis pada surat resmi yang ditandatangani oleh presiden Donald Trump itu. Mungkin kelihatannya sepele, tapi bisa saja timbul masalah besar akibat hal kecil ini, bahkan tidak menutup kemungkinan adanya perseteruan dua negara.

Untung saja respons dari para pemimpin yang salah disebut namanya oleh Donald Trump kalem saja. Tidak bisa dibayangkan kalau ternyata yang salah disebut adalah nama presiden Rusia, bisa perang jadinya. Ini pelajaran juga buat kita agar lebih hati-hati dalam bertindak, karena kesalahan sekecil apapun bisa berakibat fatal.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA