8 Trik Menyontek Paling Pintar Buat Mengelabui Pengawas, Jangan Ditiru!

oleh Alfry
09:53 AM on May 19, 2015

Ujian dan menyontek sejauh ini adalah satu kesatuan yang tidak pernah terpisahkan. Di mana masih ada ujian maka disitu pula aksi mencontek bisa ditemukan. Berbagai trik untuk menyelundupkan contekan dalam ruang ujian makin hari makin bervariasi jika tidak boleh dibilang makin kreatif. Tak sedikit pula pengawas yang dapat dikelabuhi dengan trik-trik jitu para murid bandel ini.

Mungkin hampir setiap orang yang pernah duduk di bangku sekolah pernah melakukan aksi contek-menyontek namun dalam kasus ini penulis sama sekali tidak merekomendasikan trik-trik berikut ini untuk ditiru. Berikut 8 trik menyontek paling pintar, bapak ibu pengawas siap-siap untuk lebih jeli dalam mengawasi ujian!

Baca Juga
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi
4 Lomba Agustusan Greget Ala Suku Dayak Ini Dijamin Bakal Bikin Kamu Melongo

1. Menuliskannya di Kuku Jari Tangan

Mungkin sebelum mempersilahkan para murid memasuki ruang ujian, pengawas harus melakukan penggeledahan ekstra. Selain menggeledah saku seragam mereka juga perlu memeriksa kuku tangan calon peserta ujian.

Foto via Oddee
Kuku ‘Pintar’ yang bikin nilai ujian cetar [Image Source]
Nah, beberapa murid di negara lain ternyata pernah menuliskan contekan mereka di kuku jari tangan. Tulisan super kecil biasanya luput dari pengawasan mata pengawas. Celah inilah yang biasa dimanfaatkan murid untuk menuliskan contekan mereka. Model ini sudah ditemukan di Indonesia belum ya?

2. Menempel Contekan di Baju Bagian Dalam

Beberapa peserta ujian memiliki cara yang lebih tertutup lagi dalam menyembunyikan contekannya. Lihat saja foto di bawah ini, nampak seorang wanita menempelkan kertas kecil berisi contekan di sisi dalam bajunya.

Foto via Oddee
Metode nyontek yang bikin pengawas ‘sesak napas’ [Image Source]
Terang saja ia akan berhasil menyelundupkan contekan tersebut pasalnya tidak mungkin pengawas akan menggeledah bagian dalam baju peserta ujian. Hasilnya, wanita ini sukses membawa masuk secarik kecil ringkasan materi yang akan diujikan.

3. Botol Minuman Super Pintar

Trik yang satu ini mungkin jarang sekali bisa dilakukan peserta ujian di Indonesia. Sebab untuk melakukan trik ini si pencontek membutuhkan botol minuman sebagai medianya sedangkan di negara kita, boro-boro boleh bawa minuman masuk ke dalam ruang ujian, hanya alat tulis saja yang boleh masuk ruangan.

Foto via Oddee
Minuman yang bonus kunci jawaban [Image Source]
Kembali ke benang merah, jadi si pencontek ini telah mempersiapkan rencana menconteknya dengan sangat matang. Dia membeli sebotol air mineral, melepaskan labelnya dan menulis aneka rumus yang dibutuhkan di belakang label tersebut. Setelah itu tempel lagi deh ke botolnya, ujian siap dihadapi dengan percaya diri.

4. Menuliskan Contekan di Dalam Pulpen

Cara keempat ini mungkin sudah mainstream banget tapi tetep efektif untuk menyelundupkan contekan ke dalam ruang ujian yaitu dengan memasukkannya ke dalam casing pulpen. Yang membacanya sambil senyum-senyum berarti pernah menggunakan trik ini. hehe

Foto via Oddee
Bukan motif pulpen terbaru,tapi contekan [Image Source]
Cara yang paling sering dilakukan adalah menuliskan contekan dalam selembar kertas kecil kemudian digulung dan dimasukkan dalam pulpen. Biasanya pulpen yang digunakan memiliki kasing warna padat bukan transparan agar resiko ketahuan bisa diminimalisir. dalam gambar tersebut si pencontek nampak pakai pulpen kasing transparan, mungkin saja pengawas di negara si pencontek itu tida se-killer di negara kita yak.

5. Minuman Gelas Sakti

Lagi-lagi trik yang berikut ini mungkin tidak dipakai para pencontek di Indonesia karena melibatkan wadah minuman yang dibawa ke ruang ujian. Triknya sama dengan trik mencontek dengan botol air mineral cuma alatnya saja yang berbeda, dalam kasus ini yang digunakan adalah minuman gelas.

Foto via Oddee
Minuman sakti lainnya [Image Source]
Dalam minuman gelas label penutup berisi banyak tulisan yang menampilkan merk minuman, tanggal kadaluarsa, perusahaan yang memproduksi hingga bahan-bahan pembuat minuman tersebut. Nah, si pencontek ini memanfaatkan ide kreatifnya untuk melakukan hal jahil yaitu menuliskan aneka contekan di label ini. Sepintas terlihat seperti bagian dari deskripsi produk dan contekan pun lolos dengan aman ke dalam ruang ujian.

6. Smart Phone Membuatmu Terlihat Menjadi Smart

Dengan smart phone memudahkan siapa saja untuk mencari informasi apapun termask materi-materi sekolahan dan kuliahan. Lewat perangkat pintar inilah orang-orang yang biasa bisa berubah menjadi luar biasa.

Foto via Oddee
Smartphone yang bikin ‘smart’ di waktu genting [Image Source]
Berdasarkan pengalaman penulis yang juga pernah muda dan menjalani masa-masa jahil, biasanya sebelum ujian smart phone yang tipis dan kecil akan diperebutkan. Ukuran tipis dan kecil sangat penting agar bisa diselipkan pada kaos kaki tanpa diketahui. Jika berhasil, ujian yang susah bisa diubah menjadi mudah. Nah lho pak bu pengawas kecolongan lagi kan?

7. Menempel Contekan di Paha

Model mencontek ini sudah sering diberitakan yaitu menempel contekan di paha. Biasanya yang bisa melakukan trik ini hanya peserta ujian wanita sebab pakaiannya mendukung yaitu memakai rok yang mudah disingkapkan.

Foto via Oddee
Contekan Andalan Para Wanita [Image Source]
Jadi bapak ibu pengawas yang melihat peserta ujian berulang kali melihat ke bawah ke arah paha perlu tuh buat didekati. Maksudnya ya siapa tahu ia sedang mengaplikasikan model mencontek yang seperti di gambar ini. Makin kreatif saja para peserta ujian untuk mencontek dari zaman ke zaman.

8. Menuliskan di Lengan

Seragam lengan panjang juga bisa digunakan sebagai alat untuk menutupi contekan. Biasanya meraka akan menuliskan contekan di sepanjang lengan tangan. Mereka merasa aman karena baju seragam mereka berlengan panjang yang menutupi seluruh bagian tangan.

Foto via Oddee
Bukan Tato Manual, tapi contekan [Image Source]
Para pencontek jenis ini rela mengotori kulitnya dengan tinta asalkan bisa mencontek. Mungkin mereka juga termasuk orang yang tidak cinta kebersihan atau malah pecinta tatoo. Yang jelas ada orang-orang yang menggunakan cara ini untuk mencontek saat ujian.

Mencontek bukan saja menjadi permasalahan saat ini melainkan sudah ada sejak zaman dahulu. Bahkan di zaman ujian nasional yang sudah tidak menentukan kelulusan saja masih ada siswa yang tetap mencontek. Meskipun semua orang sepakat bahwa mencontek adalah salah satu bentuk kecurangan toh mereka yang melarang belum tentu selama hidupnya tidak pernah mencontek. Bukan begitu?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA