Traveling Saat Puasa? 5 Hal Penting Ini Harus Kamu Persiapkan Matang-Matang

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Jun 23, 2016

Saat Ramadan, kita semua cenderung menghindari kegiatan-kegiatan yang membuat fisik tersiksa. Kegiatan yang melelahkan dan membuat kita lapar selalu dihindari. Akhirnya, saat puasa kita jadi enggan untuk melakukan olahraga atau kegiatan lain yang sebenarnya sangat seru seperti traveling ke banyak tempat yang indah.

Bagi kamu yang ingin tetap eksis untuk travel meski Ramadan jangan khawatir. Sebenarnya mau Ramadan atau pun tidak traveling tetap bisa dilakukan kok. Berikut beberapa hal yang bisa kamu persiapkan agar puasanya lancar dan liburannya tetap berjalan dengan sangat lancar. Yuk, simak dengan saksama.

Baca Juga
12 Foto Bukti Eksotisnya Morotai, Mutiara di Bibir Pasifik yang Digilai Wisatawan dan Kaya Jejak Perang Dunia II
8 Danau Biru yang Indahnya Bikin Mata Hati Adem Ini Jadi Bukti Kalau Indonesia Memang Kepingan Surga

1. Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Kalau kamu ingin tetap bisa traveling dengan tubuh yang sehat dan kuat, jangan lupakan olahraga. Beberapa bulan atau minggu sebelum traveling usahakan untuk melakukan olahraga secara rutin. Buat tubuh menjadi lebih bugar hingga meski nanti tidak makan saat puasa tubuh masih kuat diajak jalan ke mana-mana.

olahraga [image source]
olahraga [image source]
Saat mulai puasa, usahakan tetap melakukan olahraga. Setiap pagi atau malam lakukan olahraga ringan agar tubuh tidak terbiasa bermalas-malasan dan akhirnya jadi lemas. Kalau kamu sejak awal puasa sudah malas-malasan ya, jangan harap bisa kuat berpuasa sembari traveling. Yang ada kamu sakit atau batal karena makan di siang hari.

2. Perhatikan Jarak Tempuh

Mau sekuat apa pun, yang namanya tubuh sedang puasa pasti memiliki limit tersendiri. Jadi, kalau tetap ingin melakukan kegiatan wisata, kamu harus perhatikan jaraknya. Usahakan jarak tempat wisata bisa ditempuh dalam waktu yang tak akan lama. Dengan motor atau mobil 2-3 jam saja sudah termasuk maksimal.

traveling [image source]
traveling [image source]
Kalau memilih jarak yang terlalu jauh, dikhawatirkan kamu akan kecapaian. Mungkin kamu kuat puasa meski tubuh lemas. Namun, kesehatan tidak bisa dibohongi. Jadi, kalau mau nekat traveling saat puasa ya jangan memaksakan diri. Traveling tipis-tipis enggak masalah kan? Nanti setelah lebaran baru bisa traveling ke mana saja.

3. Selalu Bawa Bekal ke Mana Saja

Jangan pernah lupa membawa bekal saat akan pergi traveling. Bekal ini tidak akan dimakan saat siang. Namun akan di makan saat nanti buka puasa datang. Biasanya, saat traveling kita semua jadi lupa diri. Akhirnya, waktu berjalan dengan sangat cepat dan tahi-tahu sudah senja dan waktu buka puasa datang saat kita masih di jalan.

kurma [image source]
kurma [image source]
Kalau dekat dengan warung sih enggak masalah. Tapi bagaimana jika waktu buka puasa kamu masih di tengah hutan. Kan bakalan lemes sampai rumahnya. Jadi, bawalah bekal seperti kurma, minuman penambah energi dan roti gandum. Bawa sesuatu yang ringan namun bisa mengganjal perut dan memberikan energi pada tubuh secara instan.

4. Sahur dengan Makanan yang Bergizi

Kalau kamu mau melakukan perjalanan wisata baik jauh atau dekat, usahakan sahur yang cukup gizi. Dengan sahur yang cukup gizi, maka tubuh tidak akan gampang lemas di siang hari. Kamu bisa melakukan segala aktivitas dengan baik tanpa mengkhawatirkan tubuh akan tidak kuat karena kebutuhan nutrisi sudah terjamin dengan baik.

sahur di jalanan [image source]
sahur di jalanan [image source]
Apabila kamu terpaksa sahur di jalanan, usahakan makan sesuatu yang sederhana namun nilai gizinya tinggi. Misal roti tawar, telur rebus, dan susu yang berprotein tinggi. Bawalah selalu bahan-bahan itu agar saat sahur di jalan kamu tidak kelaparan atau makan sembarangan yang bisa membuat tubuh jadi sakit.

5. Banyak-Banyak Istirahat

Kalau kamu travelingnya sampai lebih dari satu hari dan tidak menginap di hotel atau losmen. Usahakan untuk banyak-banyak istirahat. Kalau ada kesempatan untuk berhenti entah di Masjid atau rest area, usahakan untuk tidur 1-2 jam. Dengan tetap menjaga waktu tidur dengan baik, kondisi tubuh akan pulih dengan cepat.

tidur sejenak [image source]
tidur sejenak [image source]
Meski kamu bisa tidur di mana saja. Namun disarankan untuk tetap menyewa penginapan. Tubuh tidak bisa kompromi untuk masalah capek. Bisa jadi saat kamu sedang traveling tubuh mendadak drop. Kan tidak enak. Sudah gagal traveling, puasa juga batal. Jadi mending cari penginapan dan istirahat sebanyak-banyaknya untuk mengumpulkan energi.

Inilah lima hal yang harus kamu persiapkan saat akan traveling di bulan Ramadan. Lakukan hal-hal di atas dengan baik, agar puasa tetap lancar dan traveling jalan terus. Oh ya, jangan lupa salat ya meski traveling!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA