Sebelum Traveling ke Luar Negeri, Baca 6 Tips Ini Agar Tidak Tersesat!!

oleh Cah Azi
11:06 AM on Feb 24, 2015

Siapa sih yang tak ingin traveling ke luar negeri. Selain bisa merasakan suasana beda dengan liburan di Indonesia, tentunya kita akan menemukan banyak hal baru dari negara tersebut. Sebelum ke luar negeri, ada banyak hal yang harus kita lakukan agar tidak tersesat.

Tak cuma membawa kemana-mana dengan membawa peta saja. Ada 8 hal penting yang tidak boleh kita lewatkan saat berada di luar negeri.

Baca Juga
Awas! 4 Insiden Mengerikan Ini Bisa Kamu Alami Saat Bermain di Pantai
Biar Nggak Kelihatan Kampungan, Inilah 5 Pantangan Saat di Bandara yang Harus Kamu Ketahui

1. Selalu Tenang

Saat asyik-asyiknya melakukan perjalanan di luar negeri, tak tahunya Anda kehilangan petunjuk jalan. Apalagi saat liburan bersama rombongan dan terpisah dari rombongan Anda.

Tetaplah-tenang-(ilustrasi,
Tetaplah Tenang (Ilustrasi ,thinkstock)

Jangan panik, tetaplah tenang dan yang paling penting jangan terburu-buru mengambil keputusan. Pikirkanlah beberapa kemungkinan solusi yang akan diambil. Tak jarang traveler malah tersesat lebih jauh jika terlalu panik dan terburu-buru dengan keputusannya.

2. Jangan Lupa Bawa Gadget

Saat akan ke luar negeri, benda yang wajib Anda persiapkan adalah gadget seperti ponsel atau tablet. Barang seperti ini sangat bermanfaat. Apalagi saat melakukan perjalanan bersama rombongan dan Anda terpisah. Anda bisa saling kontak melalui gadget.

Jangan-lupa-bawa-gadget-(Il
Jangan Lupa Bawa Gadget (Ilustrasi onsugar.com)

Dengan gadget seperti ponsel pintar, tentunya memiliki masalah dengan borosnya baterai. Oleh karena itu, powerbank jangan sampai lupa untuk dibawa kemana-kemana.

3. Bawa Peta

Saat jalan-jalan ke luar negeri baik sendirian ataupun dengan rombongan, peta adalah benda yang paling penting untuk dibawa. Peta tak harus berukuran besar, namun bisa dalam ukuran kecil, namun jelas petunjuknya.

Bawa-Peta-(Ilustrasi,-flick
Bawa Peta (Ilustrasi, flick)

Peta tak harus dalam bentuk lembaran kertas saja. Anda dapat memanfaatkan peta yang ada pada smartphone. Ketahui dahulu posisi Anda saat itu, selanjutnya bacalah peta dengan seksama untuk mengetahui arah jalan. Jangan lupa juga untuk memahami transportasi yang ada.

4. Pelajari Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan oleh banyak penduduk negara dalam berkomunikasi. Memang, penduduk lokal dari beberapa negara seperti Jepang akan paham walau traveler berbicara dengan bahasa Indonesia.

Pelajari-Bahasa-Inggris-(Il
Pelajari Bahasa Inggris (Ilustrasi, wlang.co.uk)

Akan tetapi sangatlah penting untuk mempelajari bahasa Inggris terlebih dahulu sebelum bertualang ke luar negeri. Dengan menggunakan bahasa Inggris, tentunya akan sangat membantu saat Anda tersesat atau bertanya tentang hal lain dengan traveler dari negara lain ataupun penduduk lokal.

5. Catat nama dan alamat hotel

Satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan lagi saat berada di luar negeri adalah mencatat nama dan alamat hotel tempat Anda menginap. Apalagi destinasi traveling Anda jauh dari tempat menginap.

Catat-juga-nama-dan-alamat-
Catat juga nama dan alamat hotel (Ilustrasi, travel channel)

Apabila mengalami kebingungan saat kehilangan petunjuk arah, Anda tinggal naik kendaraan dan menuju hotel tempat Anda menginap. Sesampainya di hotel, bisa saja Anda meminta bantuan petugas hotel untuk memberikan solusi. Biasanya mereka sangat proaktif membantu.

6. Jangan Malu Bertanya

Pepatah Malu Bertanya Sesat di Jalan juga berlaku saat Anda traveling di luar negeri. Apalagi seorang diri. Jika Anda akan menuju suatu tempat, tapi kurang memahami arahnya, jangan sungkan untuk bertanya.

Jangan-malu-untuk-bertanya-
Jangan malu untuk bertanya (Ilustrasi, ibuygpsinfo)

Jika Anda tidak memberanikan diri untuk bertanya, malah besar kemungkinan tersesat di negara orang. Bertanyalah dengan beberapa orang. Jika ingin mendapatkan sumber yang lebih terpercaya, bertanya pada polisi adalah salah satu ide bagus. Seperti polisi di Jepang yang ramah dan selalu memberikan bantuan jika ada traveler yang kebingungan di jalan.

Berdasarkan pengalaman dari traveler yang pernah ke luar negeri, tips diatas sangat bermanfaat jika akan bertualang di negara lain. Kecil kemungkinan tersesat bagi traveler.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
BERITA TERKAIT
BACA JUGA