Tragedi Pesawat TransAsia yang Jatuh ke Sungai di Taipei

oleh venny
10:22 AM on Feb 5, 2015

Musibah di dunia penerbangan kembali terjadi, pesawat milik maskapai Taiwan, TransAsia Airlines mengalami kecelakaan jatuh ke sungai Keelung di New taipei City, Taiwan pada Rabu (04/02/2015). Pesawat jenis turboprop ATR 72-600 itu mengangkut 58 penumpang itu jatuh ke sungai sesaat setelah lepas landas.

Sebelum pesawat yang hendak terbang dari Taipei menuju pulau lepas Pantai Kinmen terjatuh, badan pesawat banking (miring) ke arah kiri di atas sebuah jembatan layang Nanyang, jalan raya di Taipei City, dekat bandara Taipei Songshan. Saat menabrak jembatan layang, pesawat masih dalam keadaan terbang rendah. Terlihat dari foto yang beredar di twitter di akun seorang warga Taiwan @Missxoxo168.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Pesawat Transasia GE 235 yang jatuh ke sungai di Taipei (c)@Missxoxo168
Pesawat Transasia GE 235 yang jatuh ke sungai di Taipei (c)@Missxoxo168

Foto tersebut diimbuhi keterangan bahwa kejadian tersebut direkam menggunakan kamera yang dipasang di dashboard mobil.

Pesawat Transasia GE 235 yang jatuh ke sungai di Taipei (c)@Missxoxo168
Pesawat Transasia GE 235 yang jatuh ke sungai di Taipei (c)@Missxoxo168

Sebuah rekaman yang diduga merupakan percakapan terakhir pilot dengan lalu lintas bandara (ATC) terekam dalam liveatc.net. Dari rekaman tersebut, terdengar pilot mengabarkan kondisi darurat pada ATC. “Mayday! Mayday! Engine Flameout!” isi suara dalam rekaman tersebut, seperti dikutip dari Mirror, Rabu (04/02/2015)

Melalui percakapan itu terlihat bahwa pilot mengumumkan kondisi darurat kepada pihak ATC. Sementara Engine Flameout adalah istilah yang digunakan ketika sistem pembakaran dalam mesin mengalami gangguan dan tidak menghasilkan api yang menyebabkan kegagalan operasi mesin. Pada umumnya, pesawat yang memiliki dua mesin masih mampu terbang dengan menggunakan satu mesin saja.

Tim penyelamat telah menemukan 15 jenazah, namun mereka meyakini setidaknya ada 22 orang yang tewas dalam kecelakaan pesawat tersebut, semantara sisanya masih belum diketemukan.

Kecelakaan ini merupakan kali kedua tragedi naas pesawat yang dialami Transasia. Sebelumnya, Bulan Juli tahun lalu, sebuah pesawat TransAsia mengalami kecelakaan yang menewaskan 48 orang, pesawat  tersebut jatuh saat terbang dalam kondisi badai.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA