5 Fakta Menilik Jejak Kelam Tragedi Kerusuhan Mei 1998

oleh Centralismo
15:00 PM on May 13, 2015

Bulan Mei akan selalu diingat sebagai bulan kelam bagi bangsa ini. Sebelum memasuki era reformasi, negara ini mengalami peristiwa berdarah yang meninggalkan luka dalam bagi banyak orang. Peristiwa itu akan selalu dikenang sebagai salah satu titik terendah bangsa ini.

Hingga saat ini, masih banyak simpang siur berita tentang apa dan bagaimana kerusuhan tersebut terpecah. Indonesia kala itu mengalami masa-masa darurat. Untuk mengenang peristiwa menyayat hati, berikut Boombastis menyajikan beberapa fakta tentang kerusuhan Mei 98.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

1. Diawali dengan Krisis Finansial Asia

Krisis Asia dimulai di Thailand pada Juli 1997. Kala itu mata uang, bursa saham dan harga aset lainnya di Asia anjlok. Peristiwa ini kemudian dikenal rakyat Indonesia sebagai “krismon” alias krisis moneter. Harga-harga kebutuhan pokok melambung. PHK terjadi dimana-mana.

Diawali Krisis Finansial Asia
Diawali Krisis Finansial Asia [imagesource]
Negara-negara yang terdampak krisis ini adlaah Hong Kong, Indonesia, Korea Selatan, Malaysia dan Filipina. Namun dampak paling parah dirasakan di Hongkong, Filipina dan Inodnesia. Jepang juga sedikit terguncang, namun tidak menimbulkan kesulitan ekonomi jangka panjang.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA