5 Fakta Menilik Jejak Kelam Tragedi Kerusuhan Mei 1998

oleh Centralismo
15:00 PM on May 13, 2015

Bulan Mei akan selalu diingat sebagai bulan kelam bagi bangsa ini. Sebelum memasuki era reformasi, negara ini mengalami peristiwa berdarah yang meninggalkan luka dalam bagi banyak orang. Peristiwa itu akan selalu dikenang sebagai salah satu titik terendah bangsa ini.

Hingga saat ini, masih banyak simpang siur berita tentang apa dan bagaimana kerusuhan tersebut terpecah. Indonesia kala itu mengalami masa-masa darurat. Untuk mengenang peristiwa menyayat hati, berikut Boombastis menyajikan beberapa fakta tentang kerusuhan Mei 98.

Baca Juga
4 Lomba Agustusan Greget Ala Suku Dayak Ini Dijamin Bakal Bikin Kamu Melongo
6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!

1. Diawali dengan Krisis Finansial Asia

Krisis Asia dimulai di Thailand pada Juli 1997. Kala itu mata uang, bursa saham dan harga aset lainnya di Asia anjlok. Peristiwa ini kemudian dikenal rakyat Indonesia sebagai “krismon” alias krisis moneter. Harga-harga kebutuhan pokok melambung. PHK terjadi dimana-mana.

Diawali Krisis Finansial Asia
Diawali Krisis Finansial Asia [imagesource]
Negara-negara yang terdampak krisis ini adlaah Hong Kong, Indonesia, Korea Selatan, Malaysia dan Filipina. Namun dampak paling parah dirasakan di Hongkong, Filipina dan Inodnesia. Jepang juga sedikit terguncang, namun tidak menimbulkan kesulitan ekonomi jangka panjang.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA