in

5 Tragedi Kelaparan Terburuk Sepanjang Sejarah

5. Kelaparan di Cina, Menewaskan 34 Juta Orang

Kelaparan ini terjadi akibat perang dan para pemimpin yang bertindak tidak adil. Pemimpin di Cina menyatakan bahwa Cina adalah miliki mereka pribadi pada tahun 1958. Saat itu pemerintah mengganti banyak sekali lahan tanaman menjadi lahan pabrik pembuat besi.

Kelaparan di Cina (c) Listverse
Kelaparan di Cina (c) Listverse

Pemerintah juga melakukan kecerobohan yang fatal. Mereka menyuruh rakyatnya untuk menanam tanaman dalam jarak yang dekat-dekat, agar lahan yang digunakan tidak terlalu lebar. Hasilnya, justru tanaman tidak tumbuh dengan baik dan gagal panen. Hingga tahun 1962, sebanyak 34 juta orang meninggal akibat bencana tersebut.

Demikianlah beberapa kasus kelaparan terparah di dunia. Masih banyak lagi kasus-kasus kelaparan yang terjadi di sekitar kita. Meski jumlah korbannya tidak sebanyak kejadian di atas tragedi kelaparan harusnya menjadi tragedi yang tidak pernah terjadi lagi.

Baca Juga : Tragedi Kota Pompeii, Rakyatnya Berubah Menjadi Batu

Dari sejarah ini semoga kita bisa belajar bersyukur tentang rezeki dan nikmat makanan yang kita peroleh hari ini. Kita juga harus menghemat bahan pangan dan selalu menghabiskan makanan yang telah kita masak atau olah. Karena kita tidak pernah tahu kapan krisis pangan akan terjadi (HLH)

Written by Halimah Halimah

Leave a Reply

Kucingnya Lagi Naik Atau Turun Ya - (c)9gag.com

Foto Seekor Kucing Yang Menjadi Perdebatan Dunia

Masjid Tokyo Camii (c) travelliburan

Tokyo Camii, Masjid Terbesar di Jepang Bergaya Turki