5 Tragedi Kelaparan Terburuk Sepanjang Sejarah

oleh Halimah Halimah
11:25 AM on Apr 13, 2015

Mungkin saat ini, Anda sedang memikirkan hidangan apa yang akan Anda santap untuk makan malam atau makan siang. Anda mungkin sedang menimbang-nimbang untuk makan di restoran mana atau belanja bahan makanan di mana. Atau mungkin Anda tinggal tunggu pembantu rumah tangga atau ibu Anda yang sedia memasak untuk Anda.

Baca Juga : Tragedi Kemanusiaan Yang Menyayat Hati

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

Mari kita lupakan sejenak urusan perut kita. Di saat kita bingung dengan menu dan variasi makanan, ada orang-orang yang bahkan tidak bisa makan apapun selama beberapa hari. Berikut ini adalah tragedi kelaparan paling buruk yang pernah terjadi dalam sejarah manusia.

1. Kelaparan di Korea Utara, Menewaskan 3 Juta Orang

Korea Utara pernah dilanda bencana kelaparan pada 1994 hingga 1998. Selain disebabkan bencana banjir, kelaparan ini juga disebabkan oleh pemerintahan yang semrawut. Di tahun 1995 banjir besar terjadi dan merusak sekitar 1.5 ton tanaman gandum dan beras di sana sehingga Korea Utara mengalami kekurangan bahan pangan nasional.

Kelaparan di Korea Utara (c) listverse
Kelaparan di Korea Utara (c) listverse

Dalam jangka waktu tersebut, tingkat kematian anak meningkat menjadi 93 untuk setiap 1.000 anak. Namun, Kim Jung II yang memimpin ketika itu tetap memprioritaskan makanan untuk para tentaranya dibandingkan untuk rakyat biasa. Dalam jangka waktu 4 tahun, diperkirakan terdapat sekitar 3 juta orang yang meninggal akibat kelaparan di sana.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA