in

5 Tragedi Genosida Paling Mengerikan yang Pernah Terjadi di Indonesia!

5. Pembantaian Mandor Oleh Tentara Jepang (1943-1945)

Jepang memang hanya tiga tahun berada di Indonesia. Tapi kekejamannya mampu mengungguli Belanda yang telah ratusan tahun di Indonesia. Tepatnya di daerah Mandor, Kalimantan Barat pernah terjadi peristiwa pembantaian atau genosida paling mengerikan. Sebanyak lebih dari 20.000 orang dibantai dengan keji meski tak salah apa-apa. Mayat-mayat korban itu akhirnya dikubur menjadi satu hingga susah untuk diidentifikasi.

Menurut saksi mata, banyak penduduk usia di atas 12 tahun dikumpulkan. Mereka ditembak, ditutup kepalanya dengan plastik lalu dipenggal dengan samurai. Ada juga yang dibunuh dengan memasukkan air dari selang ke dalam mulut. Pemerintah Jepang ingin membuat Jepang kedua di tempat ini. Semua orang dewasa dibunuh dengan keji lalu yang anak-anak akan dididik dengan ajaran Jepang yang keras.

Makam Juang mandor [image source]
Makam Juang mandor [image source]
Sejarah mencatat jika peristiwa ini dimulai sekitar 28 Juni 1944. Saat ini pemerintah setempat membuat Perda untuk memperingati 28 Juni sebagai Hari Berkabung Daerah. Orang di Kalimantan Barat akan mengibarkan bendera setengah tiang sebagai penghormatan kepada penduduk yang dibantai secara keji oleh orang Jepang.

Baca Juga : 7 Kecanggihan Israel yang Telah Menguasai Kehidupan Manusia

Genosida adalah tindakan paling mengerikan dan tak pantas lagi dilakukan di bumi. Apa pun alasannya, untuk kebaikan apa pun, genosida tetaplah tindakan tak manusiawi. Atau kasarnya, tindakan yang lebih mengerikan dari tindakan hewan. Manusia adalah makhluk yang bisa berpikir dengan cerdas. Jangan sampai kejadian pembantaian ini menjadikan manusia sebagai makhluk yang mengungguli kengerian Iblis!

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

Kisah Perjuangan Relawan Asap yang ‘Tak Terdengar’ di Tengah Keributan Netizen dan Pemerintah

5 Hal yang Gampang Banget Bikin Galau Sekarang Ini