7 Tragedi Mengerikan Paling Mengguncang Dunia Tahun 2015!

oleh Adi Nugroho
15:00 PM on Sep 16, 2015

Faktanya tahun 2015 memang belum selesai, namun kita berharap di sisa beberapa bulan ini tidak akan ada apa-apa lagi. Tak terjadi tragedi-tragedi mengerikan yang membuat kita cuma bisa geleng kepala dan mengelus dada. Tragedi ini mengerikan ini terjadi karena beberapa sebab. Mulai dari kecelakaan murni, kejadian alam atau karena tingkah manusia yang tak mengetahui apa itu arti dari rasa menghargai sebuah kehidupan.

Berikut tragedi sosial mengerikan yang terjadi selama sembilan bulan ini. Kita berharap semoga kejadian seperti ini tidak akan terjadi lagi kelak di tahun depan tahun-tahun sesudahnya. Mari kita simak bersama-sama sembari merenung mengenai kehidupan yang sangat singkat ini.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Krisis Pengungsi yang Tak Diperhatikan oleh Dunia

Masih ingatkah anda dengan Aylan Kurdi? Bocah 3 tahun yang meninggal dunia akibat tenggelam setelah orang tuanya nekat mengungsi meski menyeberangi laut? Seluruh dunia mengutuk perang yang mengakibatkan banyak sekali manusia tak berdosa seperti Aylan harus meninggal dengan mengenaskan. Isu Aylan benar-benar mengguncang dunia. Meski demikian tak banyak yang bisa dilakukan. Pengungsi masih banyak dan tetap dilarang masuk ke Eropa.

Krisis Pengungsi [image source]
Krisis Pengungsi [image source]
Krisis pengungsi yang terjadi sejak April 2015 ini menjadi terparah sepanjang masa. Bahkan jumlah pengungsi dari Timur Tengah dan Amerika Utara melebihi saat terjadi perang dunia ke-II. Banyak sekali pengungsi yang harus meninggal dunia di lautan karena negara yang mereka harapkan menolak dengan tegas. Jika isu seperti ini tetap terjadi bisa dibayangkan berapa banyak orang akan mati sia-sia?

2. Gempa di Nepal yang Nyaris Meruntuhkan Seisi Negara

Pada tanggal 25 April 2015, terjadi sebuah gempa maha dahsyat di Nepal. Negara yang berada di dekat India ini. Gempa yang meluluhlantakkan hampir seluruh negara ini berkekuatan 8.1 skala Richter.Dalam sekejap mata, 9.000 orang meninggal dunia akibat tertimpa bangunan rumah yang tak mampu menahan guncangan dari gempa.

Gempa Nepal [image source]
Gempa Nepal [image source]
Jutaan orang di Nepal akhirnya menjadi gelandangan, rumah yang merak tempati rata dengan tanah. Tak berhenti di situ saja. Beberapa situs kebudayaan yang masuk dalam Warisan Dunia UNESCO juga banyak yang runtuh tak bersisa. Guncangan gempa sempat menggetarkan Gunung Everest dan membunuh sekitar 19 orang serta membuat ratusan pendaki lainnya hilang.

3. Gelombang Panas India yang Membakar 2.500 Orang

Sekitar bulan Mei 2015 silam di India terjadi bencana aneh berupa gelombang panas. Suhu udara di beberapa negara bagian dari India meningkat sangat tajam. Bahkan orang akan berkeringat hanya dengan diam dan tidak melakukan apa-apa. Pemerintah India sampai menyuruh warganya untuk tidak keluar rumah dan memakai pendingin ruangan di dalam rumah. Namun, dahsyatnya bencana membuat situasi tak bisa dikontrol dengan baik.

Gelombang Panas di India [image source]
Gelombang Panas di India [image source]
Orang-orang tua dan anak-anak banyak yang mengalami dehidrasi akut hingga tak tertolong lagi. Suhu yang mencapai 45-48 derajat Celcius sukses menyiksa penduduk di India. Beberapa ilmuwan di India mengatakan jika gelombang panas ini terjadi akibat kedatangan musim muson. Hujan yang super deras akan mengganti panas yang mengerikan ini.

4. Pembunuhan Charlie Hebdo Picu Konflik Agama

Tahun baru 2015 diwarnai dengan adegan mengerikan yang terjadi di Paris. Sebuah kantor koran lokal diserang oleh teroris Al-Qaeda hingga menewaskan 11 orang. Dalam kasus mengerikan itu, pimpinan koran Charlie Hebdo ikut meninggal dengan keadaan mengenaskan. Sontak, dunia internasional langsung merespons kejadian yang mencederai kerukunan agam di Prancis ini.

Penyerangan Charlir Hebdo [image source]
Penyerangan Charlir Hebdo [image source]
Koran yang dipimpin oleh Charli Hebdo memang kerap menulis artikel satir terhadap Islam. Selain itu, mereka juga kerap membuat ilustrasi tentang Nabi yang harusnya tak boleh digambarkan oleh Islam. Kejadian ini seperti api yang menyulut banyak isu rasial dan agama. Akhirnya Muslim di Prancis kerap tersudut meski yang melakukan kejadian ini adalah anggota teroris.

5. Ledakan Gudang Bahan Kimia China Membuat Ledakan Super Mengerikan

Sekitar tanggal 12 Agustus 2015, terjadi sebuah ledakan super dahsyat di China. Sebuah gudang bahan kimia terbakar dan meledak sekencang-kencangnya. Hal ini membuat gelombang mengerikan sampai radius 3 kilometer. Bangunan di sekitar lokasi langsung hancur berkeping-keping. Bahkan deretan mobil mewah yang baru diproduksi langsung rusak dan terbakar.

Ledakan besar di china [image source]
Ledakan besar di china [image source]
Sebanyak 159 orang meninggal dunia akibat terkena ledakan atau tertimpa bangunan. Pemerintah China mengamankan lokasi dengan menetralisir racun kimia. Jika tidak racun ini akan terbawa angin dan membuat banyak korban meninggal lebih banyak. Fenomena ini sempat membuat jalur perdagangan di China terhambat karena akses transportasi sempat terputus. Anda bisa mencari videonya dan melihat betapa mengerikan kejadian ini.

6. Tragedi Jatuhnya Crane di Mekkah

Beberapa hari lalu, dunia dihebohkan dengan jatuhnya crane atau katrol yang digunakan dalam pembangunan masjid di Mekkah, Arab Saudi. Saat katrol jatuh banyak sekali jemaah hati yang mulai berdatangan untuk memulai ibadahnya. Akibat hal ini ada sekitar 107 orang jemaah Haji meninggal dalam keadaan yang mengenaskan. Dua di antaranya berasal dari Indonesia.

Crane jatuh di Makka [image source]
Crane jatuh di Makka [image source]
Jumlah ini terus bertambah karena ratusan orang juga mengalami luka yang parah. Pemerintah Arab Saudi mengatakan jika katrol yang jatuh ini tidak akan mengganggu ibadah Haji yang akan datang dalam beberapa hari saja. Korban yang meninggal segera dikebumikan agar segala hal terkait ibadah Haji berjalan dengan baik. Semua orang tak mengira jika di dalam Masjid mereka bisa celaka seperti ini.

7. Banjir Bandang di China dan Jepang Rusak Ribuan Rumah

Sekitar bulan Mei 2015, China dihantam badai dan hujan dengan curah hujan yang sangat tinggi. Akibatnya banjir terjadi dengan mengerikan. Diperkirakan ada sekitar 50 orang meninggal dunia dan ratusan ribu orang lainnya harus mengungsi karena rumah luluh lantak diseret banjir hingga hanya bersisa tumpukan lumpur. Pemerintah China mengalami kerugian besar akibat banjir yang dipercaya paling besar selama 40 tahun terakhir.

Banjir di Jepang [image source]
Banjir di Jepang [image source]
Sekitar awal September 2015, sebuah badai mengguncang Jepang. Kota di sebelah utara Tokyo mengalami banjir yang mengerikan. Banjir ini bahkan mampu menyeret rumah hingga habis. Ratusan orang diungsikan akibat kejadian mengerikan ini. Sekitar 2 orang meninggal dunia akibat tenggelam dan tertimpa bangunan. Kejadian ini sempat menjadi perhatian dunia akibat kedahsyatan banjir yang tampil dalam beberapa video.

Itulah tujuh tragedi mengerikan yang terjadi di tahun 2015. Semoga kisah-kisah seperti Aylan Kurdi dan para pengungsi tak diharapkan ini semakin menipis tahun depan. Dan tak ada lagi bencana alam yang membuat banyak orang meninggal dunia. Cukup kejadian-kejadian di atas saja yang membuat kita miris.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA