5 Tradisi Wisuda Unik ini Bakal Bikin Kamu Bersyukur Kuliah di Indonesia yang Cuma Modal Dandan Doang

Kalau di Indonesia mah paling-paling cuma harus ngantri dandan doang di salon, nggak perlu ritual aneh-aneh lain

oleh Faradina
07:00 AM on May 28, 2017

Wisuda merupakan satu momen yang dinantikan oleh semua mahasiswa di mana pun mereka menjalani perkuliahan. Tidak ada mahasiswa yang nampaknya berniat melewatkan momen ini, bahkan kalau bisa mereka bisa merasakannya secepat mungkin. Pasalnya, semakin cepat seseorang menjalani wisuda, itu berarti selesai sudah masa belajarnya di kampus tersebut dan dia sudah bisa melangkah ke jenjang lebih tinggi dan jauh lagi.

Kalau di Indonesia momen wisuda biasanya dirayakan dengan sebuah acara universitas di mana seluruh mahasiswa akan berdandan cantik dan tampan membawa orang tua, lain halnya dengan yang dilakukan di universitas negara lain. Banyak yang bilang wisuda kita itu ribet karena seperti berlomba-lomba tampil cantik, tapi ternyata tradisi di Indonesia itu sudah paling sederhana lho dibanding negara-negara ini.

Baca Juga
Tak Melulu Miris, Ini Cerita dari Para Veteran yang Akhirnya Diperhatikan oleh Pemerintah
7 Hal Ini Jadi Alasan Kenapa Wanita Jepang Ogah Menikah

Dilempar sampah di Oxford University

Semua orang pasti sudah tau lah ya reputasi universitas kenamaan Oxford yang berlokasi di Inggris. Salah satu universitas bergengsi di dunia ini memiliki satu tradisi wisuda unik yang disebut trashing. Tradisi ini sebenarnya mirip seperti saat kita merayakan ulang tahun kawan, yaitu dengan melempari si wisudawan menggunakan ‘sampah’ seperti susu, krim, saos tomat, air, dan lainnya.

Kelulusan Maudy Ayunda [image source]
Tradisi yang biasanya dilakukan saat wisudawan selesai menyelesaikan ujian terakhirnya ini biasanya juga menambahkan bahan lain untuk ‘menyerang’ wisudawan seperti glitter atau confetti. Tapi meski terkesan kotor, ada satu aturan yang berlaku disini yaitu confetti yang digunakan harus mengandung bahan bisa terurai secara hayati. Selain itu tradisi tidak boleh dilakukan di jalan utama kampus agar tak mengganggu.

Pemberian pedang di University of Lund

Berbeda di Oxford, berbeda pula di Finlandia. Negara yang dikenal sebagai tempat diselenggarakannya sistem pendidikan terbaik di dunia ini memiliki satu tradisi cukup bekelas untuk para wisudawan, yaitu pemberian pedang secara simbolis. Pedang yang digunakan saat perayaan wisuda University of Lund ini merupakan simbol bahwa semua mahasiswa yang telah lulus harus bisa membela hal yang benar serta baik.

Ilustrasi pedang [image source]
Pihak universitas menjelaskan bahwa pedang itu merupakan pedang sipil khusus yang telah disertifikasi oleh Republik Finlandia. Adapun spesifikasi pedang tersebut adalah memiliki panjang 87 cm dan berat 1,6 pounds. Semua wisudawan juga diwajibkan memegang pedang dengan menggunakan tangan kanan.

Bertanding hula hoop di Wellesley College

Di Wellesley College, Amerika Serikat tradisi wisuda yang diberikan terkesan sangat unik yaitu bermain hula hoop. Awalnya pertandingan hula hoop ini hanya diadakan untuk menyambut musim semi saja, namun lama kelamaan malah berubah menjadi salah satu tradisi kelulusan.

Bertanding hula hoop [image source]
Pertandingan biasanya dilaksanakan sebelum acara wisuda di mana para junior terlebih dahulu menyiapkan lintasan, dekorasi hula hoop, dan rintangan tersembunyi. Setelah itu baru wisudawan bertanding menggelindingkan hula hoop tersebut sampai finish. Dan jika berhasil menang maka hadiahnya adalah diceburkan ke dalam danau. Mending menang atau kalah nih?

Mengenakan kostum unik di Kanazawa College of Arts

Jepang nampaknya memang tidak pernah sepi dari yang namanya kreatifitas ya, termasuk salah satunya dalam merencanakan pesta kelulusan. Kalau di Indonesia kita dapat melihat kebaya dikenakan wisudawan, di Jepang yang kita lihat adalah kostum-kostum lucu bin aneh.

Kanazawa Jepang [image source]
Sebuah institusi bernama Kanazawa College of Arts memperbolehkan wisudawannya tidak mengenakan jubah kebesaran wisuda saat acara, melainkan diganti dengan kostum bertebal bebas asalkan itu unik. Jadi bisa dibayangkan ketika kita menghadiri wisuda di sini, rasanya akan seperti kita datang ke sebuah acara festival cosplay dan bukan wisuda. Seru banget nih.

Merokok bersama profesor di Notre Dame University

Wah kalau tradisi yang satu ini sepertinya tidak mungkin dilakukan di Indonesia ya. Wisudawan Notre Dame University, Amerika memiliki satu tradisi wisuda unik yang tidak tertulis yaitu merokok bersama profesor. Kegiatan ini biasanya dilakukan di sebuah teras khusus sambil ngobrol santai. Dan jika mahasiswa tersebut bukan perokok, maka mereka hanya akan melakukan obrolan biasa layaknya veranda talk presiden kita sekarang.

Notre Dame University [image source]
Banyak kampus yang ternyata melakukan tradisi serupa, salah satunya adalah Middlebury College. Kampus ini sudah menjalankan tradisi merokok bersama di tahun 1920-an. Dan biasanya seluruh wisudawan akan merokok bersama sambil berjejer dan orang tua mereka lah yang bertugas menyalakan rokok.

Di Indonesia sendiri sebenarnya beberapa tahun lalu sempat ada sebuah tradisi wisuda unik dilaksanakan di Institut Teknologi Bandung (ITB), yaitu menyiram air pada wisudawan. Namun entah sekarang tradisi ini masih dilangsungkan atau tidak karena saat itu sempat ada isu mengenai sadar lingkungan untuk tidak membuang-buang air.

Tapi kalau dilihat sekarang di Indonesia memang tidak ada kampus yang memiliki tradisi unik layaknya lima nama di atas. Bersyukurlah kita tak usah capek-capek dilempari sampah atau menggelindingkan hula hoop ya. Karena cukup dengan mengenakan kebaya cantik saja akhirnya kita sah menyandang gelar sarjana.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri 8 Ilustrasi Kocak yang Membuktikan Dunia Berubah ke Arah yang Lebih Buruk, Setuju?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA