5 Tradisi Unik Suku-Suku di Indonesia, Ada Yang Mengasingkan Perempuan Hamil!

oleh Admin
09:06 AM on Nov 26, 2014

Jika mau menghitung, mungkin ada banyak sekali suku di Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Mereka memiliki adat dan tradisi masing-masing, dari yang unik hingga agak menyeramkan. Itulah yang membuat Indonesia semakin istimewa.

Baca Juga :5 Makanan Aneh ini Dipercaya Menyembuhkan Penyakit

Baca Juga
Nggak Terima Anaknya Ditegur, Orangtua Zaman Now Langsung Hajar Guru SMA di Kendari
4 Fakta Mengenai Beberapa Petinggi TNI yang Dilarang Menginjakkan Kaki di Amerika

Indonesia sudah terkenal akan keragaman suku dan budayanya. Dan masing-masing suku itu memiliki adat dan tradisi yang berbeda-beda. Berikut ini adalah 5 tradisi unik yang bisa kita temukan di negara kita tercinta.

1. Tradisi Potong Jari di Papua

Tradisi potong jari ini dilakukan oleh para perempuan tua (yang disebut mama) di Suku Dani di Papua. Ketika ada salah satu anggota keluarganya yang meninggal, terutama jika yang meninggal adalah saudara dekat, seperti ayah, ibu, kakak, adik atau anak, para wanita tersebut menunjukkan rasa duka citanya dengan memotong salah satu jari mereka dengan menggunakan kampak batu.

Tradisi Potong Jari
Tradisi Potong Jari

Dan jika sudah tidak ada lagi jari tangan yang bisa dipotong, maka ganti daun telinga merekalah yang akan dipotong. Bagi mereka, rasa sakit akibat terpotongnya jari tangan tidaklah sepadan dengan rasa sakit yang disebabkan karena kehilangan salah satu anggota keluarganya.

Selanjutnya : 2. Seni Merajah Tubuh Tertua di Suku Mentawai

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA