4 Tradisi Pemakaman yang Hanya Ada di Indonesia

oleh didi
10:00 AM on Feb 10, 2015

Indonesia, negara yang kaya akan tradisi. Dengan ratusan suku dan daerah yang berbeda, tentunya masing-masing memiliki tradisi yang unik.

Baca Juga :4 Artis Korea ini Awet Muda dan Tak Bisa Menua!

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

Salah satu tradisi unik tersebut adalah tradisi prosesi pemakaman saat kematian. Ada hanya seram, tapi ada juga yang sederhana. Seperti 4 daerah yang memiliki tradisi ini yang cocok untuk menjadi alternatif wisata budaya di Indonesia.

1. Bali, Membiarkan Jenazah di Atas Tanah

Bali terkenal dengan prosesi upacara kremasi saat kematian yang disebut Ngaben. Tapi ada yang berbeda dengan penduduk di Kabupaten Bangli. Masyarakat membiarkan jenazah berserakan diatas tanah di Kuburan Trunyan yang lokasinya berada di dekat Danau Batur.

Kuburan Trunyan (wikimedia)
Kuburan Trunyan (wikimedia)

Berada di kuburan Trunyan ini, peziarah maupun traveler akan menjumpai tulang-tulang yang berserakan di banyak tempat. Jijik mencium bau tak sedap di kuburan ini? Jangan salah. Disini, Anda tak akan mencium bau mayat yang menyengat. Ini disebabkan keberadaan pohon Taru Menyan yang berada di lokasi kuburan ini. Konon, akar-akar pohon yang menjalar inilah yang menghilangkan bau mayat di kuburan Trunyan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA