Tradisi di Indonesia Yang Ternyata Berasal Dari Agama Hindu Kuno

oleh Centralismo
10:22 AM on Jan 14, 2015

Indonesia adalah negara yang kaya akan tradisi dan budaya. Harus kita akui kekayaan tradisi dan budaya kita mendapat banyak sekali pengaruh dari kebudayaan bangsa lain. Jika ditelisik lebih jauh, banyak sekali budaya bangsa kita yang berakar pada kebudayaan Hindu atau India.

Berikut ini adalah beberapa tradisi-tradisi yang sering kita lakukan dalam even-even spesial dalam hidup kita. Namun, sedikit sekali dari kita yang mengetahui bahwa tradisi tersebut merupakan hasil akulutrasi dari budaya hindu atau India. Berikut tradisi budaya Hindu yagn hingga saat ini masih lumrah dipakai di Indonesia.

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

1. Nujuh Bulanan

Dalam masyarakat Jawa, upacara ini disebut dengan “mitoni” yang berasal dari kata “pitu” atau “tujuh. Upacara ini dilaksanakan di bulan ketujuh kehamilan. Upacara ini dilaksanakan untuk keselamatan ibu dan sang jabang bayi.

Nujuh bulanan
Nujuh bulanan

Ternyata, kebiasaan ini juga ada di India. Dalam tradisi India, sang ibu akan dinaikkan di pelaminan dengan baju yang indah layaknya seorang pengantin. Kemudian para sanak-famili dan pandit mendoakan keduanya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA