5 Topeng Misterius dan Mengerikan Ini Pernah Dibuat Oleh Manusia

oleh Halimah Halimah
09:55 AM on Jun 5, 2015

Seperti kebutuhan pokok lainnya, pakaian adalah hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Sejak manusia melilitkan sesuatu di tubuhnya untuk melindungi diri dari rasa dingin, sejak itulah budaya berpakaian dimulai. Hingga kini, pakaian menjadi salah satu induk industri yang besar.

Setelah pakaian, manusia juga mengenal topeng sebagai bagian dari aksesoris, topeng tidak pernah luput dari sejarah peradaban manusia. Topeng-topeng ini tidak hanya berbentuk seram, namun juga memiliki sejarah misterius di baliknya. Berikut info selengkapnya untuk anda.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

1. Scold’s Bride

Benda aneh ini dipasangkan ke kepala seseorang dan di belakangnya terdapat rantai yang tersambung langsung ke bagian baju. Uniknya, Scold’s Bride hanya dipakaikan kepada wanita, khususnya wanita yang suka menggosip. Jadi, pada zaman dahulu wanita yang suka menggosip mempraktekkan ilmu hitam atau berbicara terlalu berisik akan dipakaikan benda ini.

Scold's Bride
Scold’s Bride [imagesource]
Scolds bride dilengkapi dengan lempengan besi yang menekan bagian mulut pemakainya. Ini akan mempersulit si pemakainya untuk makan ataupun berbicara. Jadi, benda ini semacam hukuman dan sanksi sosial bagi yang suka menggosip. Wah, jika diaplikasikan di kehidupan modern, berapa banyak wanita yang akan memakai Scold’s bride di kepalanya ya?

2. Plague Doctor Uniform

Seragam ini dipakai para dokter sebagai bentuk perlindungan diri terhadap virus yang ada di tubuh pasien. Topeng berbentuk kepala burung ini dibuat dari bahan kulit yang sangat kuat. Kenapa bentuknya harus kepala burung?

Plague Doctor Uniform
Plague Doctor Uniform [imagesource]
Alasan para dokter adalah agar mereka bisa menaruh wewangian di bagian paruh topeng tersebut. Jadi, ketika mereka memeriksa pasien, mereka tetap bisa menghidup aroma wangi-wangian seperti mint atau lavender. Namun, meski tampak sudah sangat kuat, ternyata kostum ini tidak cukup ampuh untuk mencegah virus masuk ke tubuh dokter. Hingga akhirnya kostum ini tidak lagi dipakai.

3. Topeng Tradisional Afrika

Selain dikenal dengan kekayaan budayanya, Benua Afrika ternyata punya banyak koleksi topeng-topeng mengerikan. Beragam bentuk dan warna topeng mewakili status sosial dan budaya yang berbeda-beda pula. Meski sekarang topeng-topeng ini masih diperjual belikan sebagai sovenir, namun pada masa lalu topeng ini hanya boleh dikenakan orang-orang tertentu.

Traditional African Masks
Traditional African Masks [imagesource]
Orang-orang yang mengenakan topeng ini adalah orang yang memiliki kekuatan spiritual. Masing-masing daerah di Afrika memiliki bentuk dan ciri topeng yang khas. Namun semua topeng itu memang didesain untuk mejadi mengerikan, karena tujuan utamanya adalah menakuti musuh.

4. False Face Society

Topeng satu ini sekilas tampak seperti wajah orang yang menjalani tahap pertama dari bedah wajah. Strukturnya tampak berkerut-kerut seperti kulit orang tua, topeng ini dipakai masyarakat Iroqou dalam ritual penyembuhan.

False Face Society
False Face Society [imagesource]
Topeng ini diukir dari kulit kayu dan diduga memiliki kekuatan sihir yang cukup dahsyat untuk mengobati penyakit. Banyak wisatawan yang sangat ingin membeli topeng ini sebagai sovenir, namun masyarakat setempat menolaknya. Mereka mengatakan bahwa topeng ini memiliki kekuatan yang belum tentu sanggup dikendalikan semua orang.

5. Topeng Gas

Pada masa Perang Dunia I, senjata yang dianggap paling ampuh untuk membunuh adalah gas beracun. Dengan metode ini, ratusan musuh bisa mati tanpa harus mengerahkan banyak prajurit atau banyak senjata. Cukup dengan mengebomkan gas beracun ke sebuah daerah, maka penduduknya akan mati dalam beberapa saat.

Topeng Gas
Topeng Gas [imagesource]
Untuk itulah ditemukan topeng gas, topeng ini dibuat dari bahan kulit dengan bagian mata yang terbuat dari kaca. Ternyata tidak hanya untuk manusia, hewanpun diberi topeng gas pada masa itu. Setelah perang selesai, topeng ini masih sering digunakan aparat dalam mengamankan demonstrasi.

Demikianlah beberapa topeng-topeng mengerikan buatan manusia, topeng tersebut mengerikan dengan caranya sendiri-sendiri dan memiliki kegunaan yang berbeda. Topeng mana yang paling mengerikan menurut anda? (HLH)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA