in

Lima Tokoh Penting Dalam Sejarah Yang Meninggal Karena Dibunuh

3. Indira Gandhi

Apakah Anda mengenal Jawaharlal Nehru? Indira Gandhi Priyadarshini adalah putri dari Jawaharlal Nehru, Perdana Menteri India yang pertama. Indira Gandhi yang lahir pada tanggal 19 November 1917, di Allahabad, India tersebut lahir di dalam keluarga politik terkemuka yaitu Jawaharlal Nehru.  Dia adalah wanita pertama yang menjadi perdana menteri di India. Ia menjadi perdana menteri ketiga India yang menjabat dari tahun 1966 sampai tahun 1984. Ia terpilih sebagai perdana mentri selama tiga kali berturut-turut (1966-1977) dan jangka keempat (1980-1984).

Tokoh Penting Indira-Gandhi (c) imgkid com
Tokoh Penting Indira-Gandhi (c) imgkid com

Gandhi adalah pemimpin wanita kedua di dalam pemerintahan di dunia setelah Sirimavo Bandaranaike dari Sri Lanka. Ia merupakan Perdana Menteri perempuan yang menjabat terlama di pemerintahan. Dia juga merupakan satu-satunya Perdana Menteri India yang menyatakan ‘pemerintahan berdasarkan keputusan’. Yang kemudiania  dipenjara setelah memegang jabatan tersebut.

Ia  dibunuh pada 09:20 pada tanggal 31 Oktober 1984, di Perdana Menteri Residence at No 1, Jalan Safdarjung di New Delhi. Dia dibunuh oleh dua pengawalnya yaitu Satwant Singh dan Beant Singh setelah Operasi Blue Star.

Written by Vyra Sofia

Leave a Reply

Ingvar Kamprad

Meski Jadi Miliader, 5 Pengusaha Sukses ini Memilih Mobil Murah

Rania Al Abdullah

5 Wanita Muslimah Cantik Terkaya di Dunia