Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

Meskipun sepele, namun banyak menfaat yang ternyata mereka dapatkan

oleh Arief Dian
10:00 AM on Aug 19, 2017

Menjadi seorang TKI di negara asing, kadang oleh sebagian orang dianggap sebagai profesi yang remeh. Padahal, pekerjaan para TKI itu sulitnya bukan main. Bayangkan, bertahan hidup di negara asing tanpa ada sanak keluarga yang ada di sana. Belum lagi saat menengok jasa para TKI, jangan lupa kalau mereka adalah penyumbang devisa terbesar Indonesia.

Di balik semua itu, meskipun kadang disepelekan, ternyata menjadi TKI itu bisa dibilang dekat dengan kekayaan. Mulai dari gaji berlimpah ruah, hingga bonusan yang bikin langsung tajir. Bisa dibilang menjadi TKI itu seperti “Auto Kaya”. Bahkan para pegawai kantoran pun bisa kalah gajinya dengan mereka. Tidak percaya, simak ulasan berikut.

Baca Juga
Perawat Ini Main Hape di Tengah Operasi, Keselamatan Pasien Jadi Nomor Dua
Murka Karena Hutang Tak Kunjung Dibayar, Ijazah Dibakar Sebagai Gantinya

Gaji mereka di luar negeri tidak main-main

Bukan lagi sebuah rahasia kalau menjadi seorang TKI atau TKW itu memang dekat dengan kekayaan. Itu bukan hal yang aneh, karena kalau dibandingkan dengan upah minimum yang ada di Indonesia, di luar negeri sangat jauh lebih tinggi. Bayangkan saja, upah minimum TKI di negara tetangga kita Malaysia saja sudah Rp 3,1 juta tiap bulan.

Gaji Luar Biasa [image source]
Sedangkan di Taiwan, upah TKW di sana Rp 6,91 juta per bulan. Angka di kedua negara itu rupanya tidak ada apa-apanya dibanding di Inggris, pasalnya di sana mereka digaji sampai Rp 23 juta per bulannya. Ya dengan angka segitu sih, pendapatannya sudah sekelas manager di Indonesia.

Bisa jadi pebisnis sukses di luar negeri

Karena berasal dari Indonesia, jika jeli, itu merupakan kesempatan langka untuk membuka usaha. Ya, sangat banyak sekali hal asli Indonesia yang ternyata digemari oleh orang asing. Entah itu masakan, minuman, pakaian dan lain-lain. Oleh sebab itu, banyak dari TKI selain bekerja di luar juga “nyambi” berbisnis kuliner di sana.

Bisa bikin usaha [image source]]
Salah satu contohnya adalah mantan TKI korsel yang ternyata berhasil mengembangkan kuliner baksonya di negara itu. Hasilnya, kini dia telah sukses dan mendapatkan penghasilan puluhan hingga ratusan juta karena kuliner khas Indonesia itu.

Jangan lupa dengan bonus yang menggiurkan

Bukan hanya gaji yang berlimpah, namun ternyata para TKI yang ada di luar negeri juga punya bonus yang bikin dompet tidak muat. Ya, seperti di ketahui, berbeda dengan Indonesia, ada kebijakan-kebijakan tersendiri dari beberapa negara dalam memberikan bonus pada buruh dan pegawai. Misalnya saja yang ada di Hong Kong, di sana akan ada bonus besar bagi mereka yang sudah bekerja lebih dari 8 tahun.

Ada bonusan [image source]
Bayangkan saja, mereka akan mendapatkan 2/3 gaji pokok di kalikan dengan lama tahun mereka bekerja. Jika seandainya saja gaji mereka sekitar 4310 HKS, para TKI ini bisa membawa pulang sekitar Rp 39 juta. Itu sih gaji paling minim dengan skill yang pas-pasan, bisa dilihat sendiri kalau ternyata mereka sudah jadi TKI profesional, entah berapa bonus yang didapat, pulang-pulang bisa jadi jutawan.

Jangan lupa faktor keberuntungan juga memengaruhi

Bisa dibilang memang masalah rezeki, tidak ada yang tahu selain Tuhan. Rupanya hal itu pula yang terjadi pada beberapa kasus para TKI yang ada di luar negeri sana. Mulai dari mendapatkan warisan hingga dinikahi oleh majikannya, semua bisa saja terjadi.

Dapat Warisan [image source]
Ya, alhasil bahkan sebelum mereka bekerja lama jadi TKI pun, bisa dibilang kalau kehidupannya sudah berubah. Buktinya sudah sangat banyak dan terus terjadi setiap tahunnya. Namun demikian, keberuntungan tersebut tidak terjadi begitu saja. Tanpa usaha keras dan disiplinnya para TKI itu, mana mungkin para majikannya mau menikahi atau memberi warisan kepadanya. Bisa dibilang kalau semua dikembalikan pada diri sendiri.

Dan itulah beberapa bukti kalau menjadi TKI bisa dibilang cepat kayanya. Mungkin kadang pekerjaan mereka dianggap remeh, namun ternyata hasilnya bisa luar biasa. Namun demikian, kadang ada juga dari TKI ini yang bernasib miris, mulai dari ditipu hingga disiksa majikan. Terlepas dari semua itu, satu hal yang harus kita ingat adalah, bahwa mereka lah pahlawan devisa negara.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Masih Ingat 5 Artis Ini? Dulu Terkenal Banget Sekarang Nasibnya Berubah 180 Derajat! Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi Dulu Personil Band Terkenal, Nasib Pria ini Sekarang Bikin Netizen ingin Menangis Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Jadi Langganan Para Pejabat Hingga Artis, 4 Warteg Ini Nggak Kalah dari Restoran Bintang Lima Sempat Tersandung Kontroversi, Begini Kabar Si ‘Seksi’ Revi Mariska di Angling Dharma 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Berhasil Ubah Ban Bekas Jadi Sofa Super Unik, Pria Asal Semarang Ini Kewalahan Terima Pesanan 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia Inilah Fakta Tersembunyi dari Pasangan Dokter Viral yang Rela Tinggalkan Pelaminan Demi Tolong Pasien Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit!
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA