Ketimbang Beli Baju Baru, Mending Gunakan Uang THR-mu Untuk 5 Hal Ini

oleh dyan
09:00 AM on Jun 26, 2016

Selain suka cita bertemu dengan sanak saudara ketika lebaran, salah satu yang juga paling ditunggu adalah cairnya uang THR. Sesuai peraturan, THR diberikan beberapa waktu sebelum datangnya hari lebaran. Di waktu ini juga biasanya ada banyak diskon dan promo mulai dari makanan hingga baju hari raya. Jangan kalap dulu belanja bajunya. Tahan dan kalem dulu deh.

Memang sudah jadi kebiasaan saat hari lebaran menjelang orang-orang berbondong-bondong untuk berbelanja baju baru. Yep, baju baru saat hari raya itu sudah seperti tradisi yang mendarah daging. Padahal tidak diwajibkan ya? Kamu nggak perlu kok membelanjakan THR dengan membeli baju, mending juga dialokasikan ke hal yang lebih penting seperti :

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

1. Ongkos Mudik atau Liburan

Namanya saja THR (Tunjangan Hari Raya), tidak hanya bisa dipakai untuk siap-siap lebaran tapi juga bisa saat lebaran tiba. Kalau kamu masih punya baju-baju baru yang belum kepakai, pakai saja saat lebaran. Lalu alokasikan uang belanja baju baru ke ongkos mudik atau liburan ke kota-kota yang bakal sepi saat lebaran seperti Jakarta.

2. ‘Angpao’ Hari Raya

Kalau kamu dapat THR artinya kamu sudah kerja dong? Nah kebanyakan mereka yang sudah kerja akan ‘ditodong’ oleh keponakan-keponakan dan saudara yang ada di kampung halaman atau juga anak-anak kecil di sekitar rumah. Boleh banget tuh kamu nggak belanja baju baru tapi memberi angpao ke anak-anak. Siap-siap dipanggil “Om/tante baik hati” ya!

3. Zakat Fitrah

Untuk mereka yang sudah berkemampuan, wajib hukumnya untuk mengeluarkan zakat fitrah. Zakat ini paling lambat diberikan sebelum sholat Ied selesai dilaksanakan. Kalau kamu nggak perlu-perlu banget beli baju baru, kenapa nggak menunaikan salah satu Rukun Islam? Kamu bisa menyerahkan zakat dengan besaran sesuai yang ditentukan ke masjid-masjid terdekat.

4. Ditabung Saja

Kalau memang uang yang harusnya kamu belanjakan jadi baju baru mau disisihkan, sisihkan saja ke tabungan. Potong uang jatah beli baju baru untuk lebaranmu itu dan masukkan ke tabungan. Lumayan untuk menambah jumlah tabunganmu yang segitu-gitu saja dari dulu. Selain itu, nantinya uang ini bisa jadi uang untuk kebutuhan mendadak saat lebaran telah usai kan?

5. Bayar Hutang atau Investasi

Dua opsi ini bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Kalau kamu masih ada tanggungan seperti hutang atau cicilan kredit, bayar saja dari uang jatah belanja baju baru. Kalau tidak ada, gunakan uang untuk investasi. Nggak perlu yang repot, pilih yang paling mudah dan menguntungkan untukmu. Masih merasa repot dengan investasi? Ya sudah pakai opsi nomor 4 saja.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA