in

Agar Tetap Berpahala, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Ketika Buka Bersama

Bulan Ramadhan sering kali memberikan kesempatan untuk bersilaturahmi dengan teman-teman dan keluarga yang jarang kita temui di bulan lainnya. Buka bersama pasti jadi agenda yang wajib untuk dilakukan, bahkan sebelum Ramadhan datang sudah janjian akan bukber di mana. Memang asyik sih ngabuburit alias menghabiskan waktu sebelum waktu buka puasa datang bersama dengan sekelompok orang. Walau kadang agenda buka bersama ini malah bikin kamu kehilangan pahala berpuasa.

Lho kok bisa? Ya bisa dong, apalagi kalau kamu melakukan hal-hal yang akan disebutkan di bawah ini. Sebelum kebablasan, coba hindari beberapa hal di bawah ini ketika kamu sedang buka bersama:

1. Ngabuburit Sambil Gosip

Ngabuburit Kok Sambil Nggosip? [Image Source]
Ngabuburit Kok Sambil Nggosip? [Image Source]
Membunuh waktu dengan ngobrol itu oke saja, tapi kalau berujung dengan ngegosipin teman yang belum dateng atau orang lainnya itu jelas bisa mengurangi pahalamu lho. Saat puasa kan kamu diminta untuk menahan godaan, tidak hanya amarah tapi juga godaan untuk ngomongin atau membuka aib orang lain. Mending juga tanyakan hal-hal baik seperti pekerjaan, keluarga atau pasangan.

2. Langsung Makan Tanpa Berdoa

Doa Dulu Baru Makan [Image Source]
Doa Dulu Baru Makan [Image Source]
Karena saking laparnya dan bahagianya buka bersama teman-teman kamu jadi lupa baca doa berbuka puasa. Padahal dengan membaca doa buka puasa, puasamu seharian tadi jadi lebih berkah lho. Ingat, hadist Tirmidzi menyebutkan bahwa ada 3 doa yang tidak tertolak, salah satunya adalah doa orang yang berpuasa ketika berbuka. Nah, mending ucapkan doa yang baik-baik ketika kamu berbuka ya.

3. Berlama-Lama Buka Puasa

Berlama-Lama Ngobrol [Image Source]
Berlama-Lama Ngobrol [Image Source]
Seringnya ketika buka puasa bersama kamu jadi melupakan sholat maghrib karena saking asyiknya ngobrol. Hayo, jangan lakukan itu lagi ya kalau nggak puasamu jadi kurang berkah. Kalau ingin ngobrol lama dengan teman-teman mending lakukan setelah kalian selesai sholat magrib berjamaah atau setelah Tarawih. Dengan begitu buka puasa bersamamu nggak jadi pengurang pahala puasamu.

4. Meninggalkan Sholat Tarawih

Sholat Tarawih Berjamaah [Image Source]
Sholat Tarawih Berjamaah [Image Source]
Seringnya saat buka bersama dilanjutkan dengan agenda jalan-jalan atau sekedar ngobrol di tempat yang sama. Ini membuat kamu lupa waktu sehingga sering meninggalkan sholat Tarawih. Memang sih hukum sholat Tarawih itu sunnah atau dianjurkan, tapi akan lebih berkah ibadah puasamu di bulan Ramadhan jika ditambah dengan pahala Tarawih bukan? Ketimbang melakukan sesuatu yang tidak terlalu penting mending ajak saja sekalian teman-teman bukbermu ke masjid terdekat untuk Tarawih jamaah.

5. Membuat Gaduh Atau Terlalu Heboh

Membuat Gaduh [Image Source]
Tertawa Berlebihan [Image Source]
Ya namanya juga bertemu dengan teman-teman dekat pastinya ada saja obrolan yang bikin kamu atau teman lain ketawa ngakak keras-keras. Well, selain itu bisa saja mengganggu orang lain yang ada di tempat umum di mana kamu buka puasa bersama, terlalu gaduh dan heboh juga tidak etis untuk dilakukan terutama di bulan puasa. Ingat saja kalimat ini,” Dalam Islam sesuatu yang berlebihan itu belum tentu baik.”

Puasa saat bulan Ramadhan adalah kesempatan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Selain mempererat tali silaturahmi, bulan ini juga menjadi ajang muslim untuk berlomba-lomba menumpuk pahala. Nah kalau misalnya kamu melakukan 5 hal ini ketika menunggu dan saat berbuka puasa, puasamu jadi berkurang dong berkahnya. Nggak mau kan?

Written by dyan

Leave a Reply

Ngaku deh, Anak Kos Pasti Pernah Merasakan 5 Hal Ini di Bulan Ramadan

5 Peristiwa Maha Dahsyat Ini Terjadi Saat Bulan Ramadhan