5 Tips Sepele Dalam Mengendarai Motor, Tapi Jika Diabaikan Nyawa Taruhannya

Apakah kamu sudah mengamalkan kelima hal ini sehari-harinya? Kalau sudah, bagus!

oleh Faisal Bosnia Ahmad
13:30 PM on Jul 25, 2017

Masyarakat Indonesia, selayaknya di negara-negara berkembang di belahan benua Asia lainnya, masih lebih banyak menggunakan sepeda motor sebagai moda transportasi pilihan. Harga yang relatif lebih terjangkau dan kemampuan untuk menembus padatnya jalan raya melewati kerumunan kendaraan roda empat disinyalir menjadi alasan utama mengapa sepeda motor selalu menjadi primadona.

Masalah baru kemudian timbul. Bukan hanya dari jumlah sepeda motor yang kian hari kian menggunung, tapi juga dari aspek penggunanya. Kesadaran untuk berkendara sepeda motor yang baik dan aman ternyata belum dimiliki sepenuhnya oleh semua pengendara di negara kita. Banyak sekali hal-hal penting yang justru dianggap sepele dan tak diambil pusing. Hal-hal penting yang apabila diabaikan, tak menutup kemungkinan dapat membahayakan keselamatan pengendaranya. 5 hal kecil tapi vital seperti di bawah ini contohnya.

Baca Juga
Ketahui Aturan Penting Dalam Berfoto Ria, Daripada Kamu Kena Hukuman Atau Kehilangan Nyawa
10 Parfum Pria Terbaik Ini Dijamin Bakal Buat Kaum Hawa Klepek-Klepek, Kamu Wajib Punya!

1. Selalu gunakan helm ketika berkendara

Penggunaan helm adalah hal yang penting dalam berkendara sepeda motor. Pihak kepolisian hingga buku panduan yang kamu dapatkan ketika membeli sebuah sepeda motor juga sudah “berbusa” menyampaikan kepada kamu pentingnya menggunakan helm. Namun, entah kenapa ada saja para pengendara yang lalu-lalang di jalanan tanpa menggunakan pelindung kepala ini.

Selalu gunakan helm ketika mau mengendarai sepeda motor ya. [Image Source].
Kamu boleh saja tak menggunakan helm ketika mengendarai motor di komplek atau lingkungan perumahan setempat. Hanya saja alangkah baiknya ketika motor kamu sudah menggelinding ke jalan raya, selalu gunakan helm. Sungguh, ketika polisi menyarankan kamu untuk menggunakan helm, itu bukan dimaksudkan agar kamu terhindar dari tilangan, namun untuk mereduksi hal-hal buruk yang sewaktu-waktu bisa terjadi kepada kamu selama berkendara. Aspal pun nggak jadi empuk ketika kamu jatuh di sekitar rumah.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
BERITA TERKAIT
BACA JUGA