Nggak Selalu Harus Keras, Ini Tips Kerja Cerdas untuk Hasil yang Lebih Maksimal

oleh Febri
07:00 AM on Oct 30, 2016

Segala sesuatu membutuhkan usaha. Kamu harus sekolah untuk menjadi orang-orang berilmu dan ahli dam bidang tertentu. Kamu harus bergerak jika ingin mendapatkan pekerjaan. Namun setelah pekerjaan itu didapat, kamu wajib melakukan yang terbaik untuk hasil yang maksimal.

Ada sebagian orang yang bekerja dengan keras untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, padahal bekerja keras bukan solusi paling baik. Ada yang harus kamu lakukan terlebih dahulu yaitu bekerja dengan cerdas. Jika kamu bingung ingin memulainya dari mana, kamu bisa berangkat dari beberapa hal berikut ini.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Istirahat

Hasil dalam bekerja memang dipengaruhi dengan cara bekerja. Namun bukan berarti semakin keras kamu bekerja, maka hasilnya akan semakin besar. Cara kerja yang tidak tepat justru akan membuatmu mendapatkan masalah lain yang lebih serius. Benar sih dalam beberapa waktu hasil yang akan kamu capai akan maksimal dengan kerja terus-terusan tanpa henti. Namun seberapa lama kamu akan bertahan dengan kondisi seperti itu?

Istirahat[i mage source]
Istirahat[i mage source]
Beberapa hari kemudian, mungkin kamu akan tumbang dan menderita berbagai penyakit karena kelelahan. Istirahat yang cukup termasuk cara yang sehat dalam bekerja. Hal itu juga bisa meningkatkan produktivitasmu secara konsisten. Tubuh terutama otak membutuhkan istirahat agar bisa berfungsi secara normal dan maksimal. kerja lembur sampai begadang bisa mempengaruhi kesehatan mata bahkan mengakibatkan penggumpalan darah di beberapa titik.

2. Memiliki Kebiasaan yang Sehat

Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda. Namun entah itu baik dan buruk tergantung pilihan masing-masing. Kerja yang cerdas akan membuat kamu mengorbankan sedikit tapi mendapatkan keuntungan yang banyak. Siapa yang nggak mau seperti itu coba? Caranya sebenarnya mudah, kamu bisa mulai dari mengubah kebiasaan.

Kebiasaan baik [image source]
Kebiasaan baik [image source]
Kebiasaan baik [via vemale.com]

Memang tidak serta merta akan langsung berhasil, tapi jika kamu terus melakukannya kebiasaan baik tersebut akan membentuk karakter dan pola pikir yang baik pula. Jika kamu bisa bertingkah baik, kenapa harus membahayakan diri dengan segala kebiasaan buruk yang tidak patut dicontoh.

3. Punya Waktu Sendiri Tanpa Gangguan

Manusia memang makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri di jagat raya ini. Ada kalanya kamu membutuhkan bantuan, dan kadang bantuanmu diharapkan oleh orang lain. Namun bukan berarti manusia tidak butuh untuk sendiri. Waktu menyendiri tanpa gangguan orang lain akan membantumu untuk berpikir lebih jernih tanpa pengaruh emosi sama sekali.

Waktu sendiri [image source]
Waktu sendiri [image source]
Jika memang dengan sendiri kamu bisa lebih nyaman dan mudah menyelesaikan masalah, maka jangan ragu untuk memintanya pada orang lain. Misalnya saja saat kamu bekerja di kantor, kamu bisa mengatakan pada rekan kerjamu bahwa kamu sedang tidak ingin diganggu.

4. Jangan Terlalu Banyak Menghabiskan Waktu untuk Sosial Media

Saat ini dunia maya khususnya yang berkaitan dengan sosial media sudah menjadi candu tersendiri. Bersosialisasi di dunia adalah hal yang baik, namun jika kamu tidak berlebihan dalam menggunakannya. Ingat, ada hal yang lebih penting dan harus kamu lakukan yaitu fokus dalam bekerja.

Fokus bekerja [image source]
Fokus bekerja [image source]
apalagi jika pekerjaanmu sangat membutuhkan fokus dan konsentrasi. Mendapatkan fokus itu sangat sulit dan usahamu akan buyar begitu saja saat meta sudah tertuju pada halaman sosial media. Ada waktu tersendiri untuk hal itu, misalnyas aja ketia istirahat atau setelah pulang bekerja. Jika kamu tidak fokus, maka hasil yang didapat juga jadi tidak maksimal.

Itulah beberapa tips untuk kerja cerdas, karena kerja keras belum tentu baik jika caranya salah. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat ya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA