Tips Agar Kue Kering Bikinanmu Sukses

oleh Maya Galuh
14:19 PM on Jul 11, 2015

Di Indonesia, kue-kue kering biasa ditemui di rumah-rumah saat Lebaran tiba. Karena apa lagi yang lebih istimewa dari berkumpul bersama keluarga sambil menikmati kue-kue kering yang manis, gurih, dan lezat?

Di toko-toko memang banyak dijual kue-kue kering khas lebaran. Tapi, beberapa orang terkadang lebih suka membuat sendiri. Meski begitu, kita kadang dibuat heran dengan mengapa hasil dan rasanya tidak selezat kue kering buatan toko ya?

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

Tips membuat kue kering sukses
Tips membuat kue kering sukses [ImageSource]
Membuat kue kering sendiri sebenarnya tidak sulit kok. Kalau kamu tahu tipsnya, kamu juga bisa membuat kue kering yang seenak buatan toko. Karena meskipun tidak sulit, ada detail-detail tertentu yang harus diperhatikan.

Yang pertama, pastikan kamu menyiapkan semua bahan dan peralatan sebelum mulai memasak. Jangan lupa juga untuk menimbang semua bahan-bahan sesuai dengan kebutuhan agar tidak kerepotan nantinya. Pilih juga loyang khusus kue kering yang berdinding rendah, karena loyang berdinding tinggi digunakan untuk kue basah.

Untuk urusan bahan, pilih bahan sebaik mungkin karena ini akan berpengaruh dengan hasil akhir kue kering kamu. Pilih tepung terigu dengan kadar protein rendah karena tepung ini sesuai dicampurkan dengan mentega dan margarin. Dengan tepung berprotein rendah, hasil kue kering juga akan menjadi lebih renyah.

Biasakan juga untuk mengayak bahan-bahan berbentuk serbuk seperti tepung, soda kue, gula halus, baking powder, garam, dan lain-lain. Tujuan mengayak bahan-bahan ini adalah adonan menjadi lebih lembut dan mudah dicampur tanpa membentuk gumpalan-gumpalan.

Selain itu, jangan terlalu lama saat mengocok margarin atau mentega dengan gula. Lakukan selama kurang lebih 3 menit saja, karena jika dikocok terlalu lama, hasil kue nanti jadi meleleh dan melebar saat di oven. Usahakan juga memasukkan tepung terigu sedikit demi sedikit dalam adonan sambil adonan terus diaduk. Fungsinya adalah agar adonan bisa tercampur lebih sempurna.

Saat memanggang, atur suhu dan waktu memanggang sesuai dengan kebutuhan. Tapi pastikan juga untuk memeriksa kue sesekali untuk membetulkan posisi memanggang agar mendapatkan tingkat kematangan yang pas.

Nah, itu tadi beberapa tips yang perlu kamu perhatikan saat akan membuat kue kering. Bagaimana, sudah siap mencobanya?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA