Cuma Pakai Hape, Ini 5 Trik Biar Kamu Bisa Bangun Sahur

oleh dyan
16:00 PM on Jun 5, 2016

Tidak semua orang bisa dan terbiasa bangun pagi, apalagi jika bukan tipe morning person alias orang yang beraktivitas sejak pagi hari. Tapi saat bulan puasa datang mau tidak mau kamu harus bangun lebih awal untuk makan sahur. Sahur itu penting agar puasamu lancar, yang tak kalah penting juga adalah bagaimana cara agar kamu bisa bangun.

Kamu bisa saja sih minta dibangunkan orang rumah, teman kost apalagi jam beker. Tapi nggak seterusnya kamu mengandalkan opsi tersebut kan? Bagaimana jika kamu berada di kondisi di mana kamu harus bangun sahur sendiri dan cuma punya HP saja? Nih ada beberapa cara ampuh yang pasti bikin kamu bangun sahur setiap hari.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

1. Letakkan HP di Dalam Gelas Agar Suara Alarm Lebih Menggelegar

HP di Dalam Gelas [Image Source]
HP di Dalam Gelas [Image Source]
Kamu di kostan atau rumah pasti punya gelas kaca kan? Pakai gelas kaca itu sebagai speaker, caranya gampang saja. Kamu tinggal letakkan handphonemu ke dalam gelas. Lalu pasang alarm seperti biasa. Ketika jamnya tiba, suara alarm akan lebih kencang dari biasanya dan kamu bakal bangun deh.

2. Nggak Ada Gelas Nggak Masalah, Pakai Kaleng Bekas Jajan Saja

Pakai Wadah Pringles [Image Source]
Pakai Wadah Pringles [Image Source]
Kalau nggak ada gelas kaca, kamu juga bisa pakai wadah snack yang bentuknya tabung seperti ini. Tinggal lubangi saja sesuai lebar handphone kamu di salah satu ujung wadah ini. Lalu pasang deh bagian speaker di lubang itu.

3. Pasang Alarm Pakai Nada Dering Yang Sama Dengan Ringtone Telepon Masuk

Pasang Nada yang Sama [Image Source]
Pasang Nada yang Sama [Image Source]
Yep, pasang nada dering yang sama untuk alarm dan telepon masuk. Tujuannya? Agar kamu lebih aware dan segera bangun. Secara tidak sadar kita ternyata memang memiliki respon yang lebih cepat ketika mendengar nada dering telepon masuk ketimbang notifikasi lainnya. Jadi ketika memasang nada yang sama kamu bakal lebih cepat tanggap.

4. Jangan Set di Jam Bangun Saja, Tapi Jam Sebelum dan Sesudahnya

Alarm Berulang [Image Source]
Alarm Berulang [Image Source]
Trik ini bakal berguna banget untuk kamu si tukang ngebo yang susah banget bangun padahal sudah pasang alarm. Jangan pasang alarm di jam kamu harus bangun saja, tapi beri jeda sebelum dan sesudah agar kamu makin mantap buat bangun.

5. Letakkan HP Jauh Dari Ranjang, Pasang Alarm Sekencang-Kencangnya

HP di Kamar Mandi [Image Source]
HP di Kamar Mandi [Image Source]
Jangan hanya taruh handphone di meja dekat kasur, kurang jauh. Kalau kamu tipe anak kost kamar mandi dalam, taruh saja di kamar mandi. Tapi cari tempat yang aman ya. Nah kalau sudah nemu, pasang alarm dengan nada dering telpon masuk lalu taruh di dalam gelas. Suaranya yang berisik seolah ada yang nelepon bakal bikin kamu mau nggak mau bangun dan nyamperin handphonemu. Bangun deh.

Nggak lagi deh merasa susah bangun untuk sahur kalau sudah pakai 5 trik gampang di atas. Apalagi cuma pakai hape yang pasti kamu punya. Kalau trik di atas nggak mempan, kayaknya kamu memang cuma bisa dibangunin sama teriakan ibu, teman kost atau patrol keliling deh. Nggak mempan juga? Ya sudah jangan ngeluh kalau kelewatan sahur ya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA