Jangan Mimpi Mengalahkan Tiongkok dalam 5 Hal ini, Mereka Terlalu Hebat!

oleh Rizal
15:00 PM on Jan 31, 2016

Istilah from zero to hero sepertinya pantas disematkan kepada Tiongkok. Negeri ini dulu begitu memiriskan. Mulai dari digempur Jepang dan lain sebagainya, namun kini mereka perlahan bertumbuh dan mengalahkan kejumawaan negara-negara besar seperti Amerika. Dalam hal ekonomi mereka perlahan bangkit, bahkan diperkirakan jika di masa depan nanti Tiongkok akan jadi negara paling makmur di dunia.

Soal ekonomi, okelah Tiongkok hebat. Tapi, bagaimana dengan sektor yang lain? Ya, boleh dibilang sama sekali tidak memalukan. Bahkan dalam ranah militer, mereka adalah terbesar ketiga di dunia. Tak hanya itu, mereka juga punya banyak prestasi dan pencapaian hebat yang akan sangat susah dilawan. Bahkan boleh dibilang hampir mustahil.

Baca Juga
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya

Nah, berikut adalah deretan hal gila yang jadi kemampuan terbaik Tiongkok dan tidak mungkin dikalahkan oleh siapa pun.

1. Badminton dan Ping Pong

Dalam hal sepak bola, Tiongkok bisa dibilang negara cupu. Sekarang, siapa sih yang kenal dengan pemain Timnas mereka? Hampir tidak ada. Meskipun lemah di sepak bola, Tiongkok sangat jumawa di bidang olah raga yang lain. Ya, badminton dan tenis meja.

Dominasi Tiongkok di badminton dan ping pong belum terpatahkan [Image Source]
Dominasi Tiongkok di badminton dan ping pong belum terpatahkan [Image Source]
Pemain badminton Tiongkok adalah yang terbaik di dunia baik pria maupun wanita. Mereka juga memiliki banyak sekali gelar. Indonesia mungkin dulu pernah jumawa. Namun, hari ini Tiongkok lah yang jadi raja. Ping Pong pun juga demikian. Tiongkok punya dominasi yang begitu kuat. Buktinya, tiga peringkat teratas klasifikasi pemain ping pong dunia, semua diisi oleh atlet-atlet Tiongkok. Gila!

2. Jago Bikin Replika Apa pun itu

Tak cuma dikenal jago badminton dan tenis meja, Tiongkok juga ahli dalam satu bidang khusus. Apalagi kalau bukan keahlian copy cat alias meniru. Ya, TiongkokĀ  dikenal sangat ahli dalam tiru meniru. Tidak ada benda apa pun yang tak bisa dibuat versi KW-nya oleh orang-orang Tiongkok.

Bikin tiruan F35 saja bisa apalagi benda-benda lain [Image Source]
Bikin tiruan F35 saja bisa apalagi benda-benda lain [Image Source]
Mereka bisa bikin tiruan microchip ukuran mikro sampai pesawat jet F-35. Gilanya, orang-orang sana menirunya dengan sangat sempurna hanya dengan berbekal bahan-bahan seadanya. Hari ini, mereka bisa bikin tiruan pesawat tempur, mungkin nanti orang-orang Tiongkok bakal bisa bikin ISS milik mereka sendiri.

3. Pembangunan Super Cepat

Hal hebat berikutnya yang sangat susah disaingi dari Tiongkok adalah bagaimana cepatnya mereka dalam membangun infrastruktur. Ya, negeri tirai bambu ini bisa dianggap negara yang paling cepat pembangunannya di dunia. Sekarang coba jawab pertanyaan ini, kira-kira berapa lama sebuah perusahaan kontraktor bisa membangun gedung 57? Mungkin setidaknya butuh setahun. Bagaimana dengan Tiongkok? Tentu saja mereka tidak perlu waktu selama itu.

Tiongkok bisa bangun gedung 57 lantai hanya dalam 19 hari [Image Source]
Tiongkok bisa bangun gedung 57 lantai hanya dalam 19 hari [Image Source]
Dilansir di banyak media, Tiongkok pernah membuat rekor gila yang mungkin bakal susah untuk dilampaui. Ya, negara ini pernah berhasil membangun sebuah gedung berlantai 57 hanya dalam waktu 19 hari saja. Ya, cukup 19 hari. Gedung ini juga bukan kacangan lho, melainkan sudah dilengkapi dari banyak aspek, sehingga sangat awet. 19 hari untuk membangun gedung berlantai 57 tentu adalah prestasi gila yang susah disaingi.

4. Jumlah Penduduk

Membicarakan kuantitas, Tiongkok tidak hanya terkenal karena pertumbuhan ekonominya, tapi juga jumlah penduduk. Ya, negara ini menjadi wilayah bumi yang paling banyak penduduknya. Tiongkok menjadi negara terpadat dengan jumlah 1,374 miliar orang di tahun 2016 ini.

Tiongkok juara satu dalam hal kuantitas jumlah penduduk [Image Source]
Tiongkok juara satu dalam hal kuantitas jumlah penduduk [Image Source]
Di peringkat dua sebenarnya ada India dengan selisih yang tidak terlalu banyak. Namun, sebenarnya Tiongkok bisa saja melesatkan jumlah penduduknya menjadi 2-3 miliar. Jika pemerintahnya tidak membatasi jumlah anak yang harus dimiliki, mungkin tak sampai 10 tahun Tiongkok akan berjumlah dua kali lipat dari yang sekarang. Hebat, kan? Sayangnya banyaknya jumlah penduduk tidak melulu berdampak baik.

5. Paling Banyak Menghukum Mati Kriminal

Hukuman mati menjadi polemik tersendiri hingga hari ini. Ada beberapa yang menganut sistem ini, tapi ada pula yang tidak setuju karena masalah HAM. Tiongkok sendiri adalah negara pendukung hukuman mati. Akibatnya, di negara ini hukuman mati menjadi suatu hal yang sangat biasa.

Tiongkok juga dikenal sebagai negara yang paling banyak mengeksekusi para kriminalnya [Image Source]
Tiongkok juga dikenal sebagai negara yang paling banyak mengeksekusi para kriminalnya [Image Source]
Tiongkok adalah negara yang sudah mengeksekusi banyak sekali kriminal. Bahkan, mereka adalah yang paling sering di dunia. Di tahun 2013 saja mereka sudah mengeksekusi 2400 orang. Hukuman mati di Tiongkok bukan hanya didasarkan kejahatan berat saja, tapi juga korupsi. Makanya, Tiongkok juga jadi salah satu negara paling bersih dari aksi memakan harta yang bukan haknya itu.

Inilah fakta-fakta kehebatan Tiongkok. Jujur saja, dalam lima hal ini mereka sangat susah untuk dilampaui oleh negara mana pun. Prestasi ini mungkin bukan hal fundamental, tapi berkat itu nama Tiongkok makin jumawa di dunia. Kira-kira Indonesia bisa tidak ya suatu saat melampaui Tiongkok dalam hal ini?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA