in

9 Warga Pribumi Keturunan Tionghoa yang Mati-matian Membela Indonesia

7. Yap Thiam Hien

Jika sekarang ada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), beberapa tahun silam, ada seorang keturunan Tionghoa yang sangat antikorupsi dan gigih menentang praktik tersebut di sejumlah lembaga pemerintah. Dikarenakan aksinya itu dapat membuat banyak pihak yang merugi, maka dia sempat ditahan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1968 dan kembali dimasukkan sel pada tahun 1974 karena membela aktivitas mahasiswa dalam peristiwa Malari.

Yap Thiam Hien [Image Source]
Yap Thiam Hien [Image Source]
Dalam pemikirannya, semua warga negara memiliki hak setara di mata hukum. Oleh karenanya, dia sangat menentang segala praktik pelanggaran HAM, korupsi dan rasisme. Yap juga menjadi salah satu pendiri Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI).

8. Susi Susanti

Nah, nama satu ini pastinya dikenal oleh banyak orang di Indonesia. Susi Susanti adalah seorang legenda bulutangkis Tanah Air yang berhasil mengangkat nama Indonesia di kancah internasional. Ada banyak prestasi dan gelar prestisius yang berhasil didapatkannya. Bahkan dia juga mendapatkan penghargaan Tanda Kehormatan Republik Indonesia Bintang Jasa Utama dari negara.

Susi Susanti [Image Source]
Susi Susanti [Image Source]
Selain memang hobi, Susi Susanti benar-benar bekerja keras untuk terus berlatih bulutangkis karena memang ingin sekali mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Kemenangannya di Olimpiade 1992 Barcelona adalah salah satu kesuksesan dalam karirnya.

Written by dwiandika

Leave a Reply

Warak Ngendog, Hewan Mitologi yang Menjadi Simbol Persatuan Etnis di Semarang

Jadi Petugas Kebersihan, Aksi Damai Bela Islam Ala Aa Gym yang Bikin Terenyuh