Dalam 4 Hal Ini Indonesia Mengalahkan Timor Leste Dengan Telak

oleh Rizal
07:00 AM on May 22, 2016

Timor Leste dan Indonesia itu ibarat mantan tapi masih berteman. Di depan terlihat baik-baik saja, tapi di belakang keduanya berpacu untuk menjadi yang terbaik. Timor Leste, negara berumur 14 tahun ini mungkin tergolong muda, tapi sepertinya mereka telah melakukan banyak pencapaian. Meskipun begitu, jika dikomparasikan alias dibikin head to head dengan Indonesia, Timor Leste masihlah terpaut jauh.

Tak dipungkiri Timor Leste sudah banyak berubah, tapi dalam banyak hal Indonesia tetap selalu berada di atas mereka. Salah satu contohnya adalah pendidikan. Ya, seperti yang kamu tahu, Timor Leste tiap tahunnya rutin mengirimkan mahasiswa-mahasiswanya ke Indonesia. Mereka sebenarnya punya kampus sendiri, tapi lebih memilih Indonesia. Hal ini jadi bukti kalau pendidikan di Indonesia setingkat lebih baik. Apalagi kalau dilihat di daftar peringkat kampus dunia, universitas-universitas di Timor Leste bahkan mungkin tidak masuk. Kita punya ITB, UI, UGM dan lain sebagainya.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

Tak hanya itu, masih ada banyak aspek dimana kita jauh mengungguli Timor Leste. Berikut ulasannya.

1. Militer Timor Leste Kalah Telak Dibandingkan Indonesia

Bicara soal militer, Indonesia memang benar-benar sangar. Di dunia, negara kita ini berperingkat 15, jauh mengungguli Korea Utara bahkan Israel. Nah, jika di dunia saja kita begitu mentereng, maka di Asia Tenggara kita pun jelas jadi juaranya. Singapura, Malaysia, Thailand, kalah telak. Timor Leste? Jangan tanya.

Militer Timor Leste [Image Source]
Militer Timor Leste [Image Source]
Kalau merujuk data yang ada di Global Fire Power, nama Timor Leste tidak terpampang di sana. Hal ini bisa jadi indikasi kalau militer negara kecil ini bahkan tidak masuk hitungan, atau mungkin militernya terlalu lemah. Kalau dibandingkan dengan Indonesia tentu bagai bumi dan langit. Bahkan Timor Leste konon pernah berkeinginan untuk memboyong beberapa TNI kita sebagai trainer tentara mereka.

2. Soal Kekayaan Indonesia Pun Jauh Unggul

Berbicara soal kekayaan negara, sebenarnya sudah kelihatan mana yang lebih unggul. Dilihat dari potensi kekayaan alamnya saja Indonesia jauh unggul. Negeri kita luasnya 1,9 juta kilometer dengan berbagai ragam kekayaan, mulai emas, batu bara, minyak, dan lain sebagainya. Timor Leste hanya 15,4 ribu kilometer dengan kekayaan jauh lebih sedikit.

Freeport [Image Source]
Freeport [Image Source]
Secara kasat mata sudah terlihat siapa yang lebih kaya, lalu bagaimana dengan indeks dunia? Menurut data dunia, Indonesia menempati peringkat 103 negara terkaya. Timor Leste sendiri ada di peringkat 119. Satu peringkat kadang selisih kekayaannya bisa sangat lebar. Ini jadi bukti valid kalau Indonesia memang lebih kaya.

3. Jumlah Devisa Pun Indonesia Melejit Dibanding Timor Leste

Soal kekayaan Indonesia lebih unggul, sekarang kita bicara yang lebih detail lagi yakni cadangan devisa. Pertanyaannya masih sama, siapakah di antara dua negara ini yang lebih unggul? Ya, jelas jawabannya adalah Indonesia.

Devisa Indonesia [Image Source]
Devisa Indonesia [Image Source]
Menurut data yang dilansir oleh IMF, Indonesia menempati peringkat 21 negara dengan cadangan devisa terbanyak. Tebak berapa rangking Timor Leste di daftar ini. Mantan teman seprovinsi ini terpuruk di peringkat 169. Timor Leste mungkin terpuruk, tapi banyak ahli yang percaya jika negara ini bisa makin bagus ke depannya.

4. Indonesia Lebih Sedikit Korupsi Daripada Timor Leste

Soal korupsi kita harus akui kalau Indonesia benar-benar tidak bagus dalam hal ini. Selalu saja ada kasus-kasus korupsi baru ketika yang lama masih dalam penyidikian. Makanya menurut transparency.org, peringkat Indonesia itu buruk sekali, yakni di angka 88 dari 168 negara. Kita kalah dengan Malaysia yang ada di peringkat 54.

Ilustrasi Korupsi [Image Source]
Ilustrasi Korupsi [Image Source]
Nah, lain hal kalau Indonesia dikomparasikan dengan Timor Leste. Ya, negara tetangga ini ternyata juga tak kalah buruknya soal penanganan korupsi. Menurut laman web yang sama, bisa kita ketahui kalau Timor Leste ada di peringkat 123. Cukup buruk tentu saja.

Dalam banyak hal ternyata Timor Leste belum bisa menandingi Indonesia. Mulai dari militer sampai kekayaan negara, kita menang telak. Tapi, meskipun demikian kita jangan terlalu bangga dulu. Ya, untuk urusan sepak bola nyatanya Timor Leste menandingi kita. Dilansir dari laman FIFA, Timor Leste ada di peringkat 175 sedangkan Indonesia ada di angka 185.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA