in

Tim Berners-Lee, Ilmuwan yang Temuannya Mencengangkan Tapi Sosoknya Terlupakan

Ternyata masih banyak ilmuwan yang ‘diam-diam’ mengubah dunia selain Einstein, Edison dan rekan sejawatnya. Jasa para penemu ini sungguh besar tapi sayang namanya jarang dikenal. Sebut saja Tim Berners-Lee yang ternyata sudah menemukan sebuah elemen internet penting sehingga jaman bisa secanggih sekarang.

Siapakah sosoknya dan apa yang ia lakukan bagi dunia? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Menciptakan World Wide Web

Tim mendapatkan banyak penghargaan berkat penemuan [Image Source]
Pada tahun 1989, Tim Berners Lee mengembangkan teknologi komunikasi untuk tempat kerjanya yang diberi nama world wide web (www). Ya, world wide web yang kita kenal selama ini diciptakan oleh pria Inggris ini tanpa ia sangka akan menjadi teknologi komunikasi yang paling banyak digunakan di dunia. Pada saat itu ia hanya ingin memudahkan peneliti di tempat kerjanya untuk berbagi data. Siapa sangka jika yang ia lakukan itu adalah gebrakan besar yang mengubah peradaban manusia.

Bayangkan bagaimana kehidupan kita sekarang tanpa www, mungkin tidak akan jauh berbeda dengan peradaban di tahun 1980an. Tidak akan ada wikipedia, facebook, blog, toko online, dan sebagainya. Mark Zuckerberg memang jenius, tapi tanpa www, ia juga tidak akan bisa melakukan apa-apa.

Terlahir Jenius

Saat ini Tim bekerja untuk pemerintah Inggris [Image Source]
Tim memang terlahir sebagai orang yang cerdas. Kedua orang tuanya sama-sama berprofesi sebagai ahli matematika dan programmer. Tim yang selalu berprestasi semasa sekolah memilih berkuliah di Universitas Oxford jurusan Fisika. Di sana ia pernah merakit komputer dengan solder besi, gerbang TTL, prosesor M6800, dan televisi tua. Tidak hanya itu, ia juga menyelesaikan kuliahnya hanya dalam waktu tiga tahun. Keren banget, ya!

Pada tahun 1980, Tim bekerja di CERN, sebuah laboratorium fisika partikel Eropa di Jenewa, Swiss. Di sanalah ia mengajukan proposal www dan menciptakannya.

Tidak Dipatenkan

Penemu www [image source]
Tim tidak menggunakan temuannya untuk berbisnis. Ia menolak untuk mematenkan temuannya dan mendonasikannyapada dunia. Kita semua harus berterima kasih pada Tim, karena jika ia mengkomersilkan www, kehidupan kita tidak akan semudah ini. Bahkan untuk membaca artikel ini saja kita harus membayar.

Dari sebuah keinginan, muncul penemuan yang akhirnya membantu banyak orang. Meski ujung-ujungnya keberhasilan itu hanya digunakan banyak orang tanpa tahu siapa penemunya. Sekarang kalau sudah kenal orangnya, semoga kita bisa lebih mengapresiasi karya-karyanya.

Written by Aisyah Putri

Leave a Reply

Pasar Jodoh Tiongkok, Cara Pamungkas Orang Tua Berburu Mantu

Third Plague Pandemic, Wabah Pes yang Nyaris Melumpuhkan Dunia