8 Hal Ini Lebih Berguna daripada Tidur Setelah Sahur!

oleh Adi Nugroho
03:49 AM on Jun 28, 2015

Salah satu momen yang nggak bisa dilewatkan saat Bulan Ramadan datang adalah sahur. Yep! Kegiatan makan pagi buta ini telah ada sejak zaman Rasulullah, lho. Bahkan makan sahur adalah hal yang disunahkan. Harapannya sih satu, nggak lapar di siang hari, nggak mantengi jam melulu hingga magrib. Dengan sahur, kita punya tenaga untuk melakukan aktivitas seharian tanpa harus males-malesan.

Jika ada sebuah pertanyaab begini: Habis sahur ngapain, bro/sis? Tidur! Tidur! Tidur! Ah, kuno. Zaman sekarang, habis sahur masih tidur? Nih, beberapa hal yang bisa kita lakuin setelah sahur biar produktif. Puasa bukan berarti harus males-malesan, kan? Setuju?

Baca Juga
6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!
5 Alasan Mengapa Cewek Lebih Bahagia dengan Pria Bertampang Pas-Pasan, Alhamdulilah

1. Mengunjungi Masjid Sambil Nunggu Subuh

Nggak usah pakai dijelas-jelasin kan? Kalau setiap hal baik di Bulan Puasa itu pahalanya dobel-dobel. Nah, daripada kita habis sahur langsung tepar di kasur, mending ke masjid saja. Di masjid kita bisa duduk sambil menenangkan pikiran. Atau sholat sunah sembari nunggu subuh.

Pergi Ke Masjid  [image source]
Pergi Ke Masjid [image source]
Kalau cuma tidur, kita nggak akan dapat apa-apa. Emang sih tidurnya orang puasa itu adalah sebuah pahala. Tapi kalau kita tidur malah kelewat subuhnya gimana? Bukannya dapat pahala malah dapat dosa kan? Habis sahur segera cuci muka dan lari ke masjid. Badan seger, pikiran seger, nabung banyak pahala. Kurang apa lagi coba?

2. Mengaji Sejuz, Sebulan Bisa Khatam

Oke, mungkin bagi beberapa orang nampak menyeramkan. Satu juz sehari? Nggak, lah. Kalau kita mengaji dengan senang hati satu juz saja pasti kurang. Tapi kalau merasa terlalu banyak bisa lah separuhnya saja. Lalu sisanya bisa dilanjut saat mendekati buka puasa.

Mengaji  [image source]
Mengaji [image source]
Mengaji tidak hanya akan menambah pahala kita. Tapi juga memberikan ketenangan batin dan pikiran. Yang lagi galau, susah move on, dijamin akan tenang lahir batin. Selain itu mengaji juga dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi. Habis ngaji lanjut belajar, wah, pinter mendadak!

3. Menulis Apa Saja, Random Nggak Masalah

Habis sahur masih bingung ngapain lagi? Ngaji udah, ke masjid juga udah. Oke kalau begitu kita menulis saja. Tapi kita bukan penulis, kak? Tapi kita nggak jago nulis, kak? Menulis nggak harus dilakukan oleh menulis kok. Serius. Anak TK juga bisa nulis, Anak SD juga. Masa kita mau kalah, sih?

Menulis  [image source]
Menulis [image source]
Jika bingung mau nulis apa. Tulis saja sesuatu yang random. Mungkin puisi. Mungkin cerpen. Mungkin curhatan. Mungkin kegalauan? Nggak lah ya? Menulis akan membuat otak kita dipaksa berpikir. Dipaksa mencari-cari sesuatu. Dampaknya? Kita bakalan bisa lebih kritis dalam segala hal. Hebat nggak tuh? Nulis random habis sahur bikin kita jadi lebih wah?

4. Membaca Apa Saja Asal Bermanfaat

Memang sengaja dipisahkan dari poin mengaji di atas. Alasannya adalah ngaji itu sudah kewajiban, bahkan nggak puasa juga kita kudu ngaji. Sedangkan membaca, jatuhnya beda. Kita sering males dengan membaca. Entah itu novel, koran, atau buku pelajaran yang tebalnya nggak ketulungan. Masalah males ini perlu kita hilangkan.

Membaca  [image source]
Membaca [image source]
Pada momen penuh berkah bulan puasa, paksa sedikit kek buat baca. Jika dapat hidayah maka malas akan hilang. Kita bisa lebih pinter. Buku itu jendela ilmu. Catet baik-baik. Daripada ngebo dan ngiler lagi habis sahur, kan lebih baik baca. Zaman sekarang nggak produktif bisa kelindes.

5. Ngerjain Skripsi dan Tugas Lainnya

Sengaja lagi. Bahkan disebutkan secara spesifik. Skripsi. Skripsi. Skripsi. Kabanyakan orang males ngerjain proyek seumur hidup ini. Alasannya macem-macem. Mulai dosen pembimbing killer lah, revisi salah terus lah, printer nggak bisa buat nyetak lah. Dan banyak lah yang lain.

Tumpukan Skripsi  [image source]
Tumpukan Skripsi [image source]
Bulan puasa banyak banget hidayah yang diberikan pada semua umat manusia. Tak terkecuali pejuang skripsi. Daripada males-malesan mending nyicil skripsi. Siapa tahu dapat hidayah. Dosen killer jadi baik hati. Langsung acc dan bisa sidang. Apa saja yang dilakuin di bulan puasa, pasti dimudahkan. Percayalah! Percayalah!

6. Bisnis Online Jual Pernik-Pernik Lebaran

Sholat, udah. Ngaji, juga udah. Baca agak males. Nulis bikin cenat-cenut. Yuk, berbisnis saja. Bulan puasa itu bulan dimana perputaran uang terjadi sangat deras. Hal ini kudu kita manfaatin dengan sangat baik. Daripada ngorok mending kita cari receh di internet.

Kue Lebaran  [image source]
Kue Lebaran [image source]
Bisnis online baju-baju lebaran bisa kita ambil. Masih kurang? Bisnis kue kering juga bisa dilakukan. Cuma sebulan saja sih, tapi kan lumayan. Saat lebaran kita nggak perlu ngemis THR ke bos atau ke ortu. Produktif to the max!

7. Bersih-Bersih Rumah Biar Jadi Kinclong

Bersih-bersih bukan cuma tugas emak-emak. Kita juga bisa melakukannya. Habis sahur, cus langsung angkat piring kotor. Cuci semuanya hingga habis. Setelah itu cari sapu dan bersihkan seluruh penjuru rumah. Masih kurang? Lanjut deh lantai dipel sampai kinclong.

Bersihkan Rumah [image source]
Bersihkan Rumah [image source]
Dengan bersih-bersih, kita bisa membuang waktu sebelum subuh. Atau waktu sebelum kerja. Karena jika sudah siang atau sore pasti akan males. Nanti saja habis buka puasa. Nanti saja habis tarawih. Akhirnya balik sahur lagi. Rumah jadi kepal pecah. Daripada males-males mending angkat sapu dan kain pel! Yang tidur, bangun, woy!

8 Olahraga Untuk Menjaga Kesegaran Sepanjang Hari

Kebanyakan orang enggan olahraga saat puasa. Alasannya sih klasik banget. Ntar jadi lemes. Berkeringat bikin kita nggak kuat puasa. Kalau nanti batal puasanya karena lapar nggak ketulungan gimana? Mending tidur saja. Aman, tentram hingga nanti nunggu buka.

Olahraga  [image source]
Olahraga [image source]
Tapi sesungguhnya, olahraga habis sahur itu bermanfaat. Bahkan pakai banget. Dengan berolahraga tubuh akan terasa segar. Nggak lemes. Karena pada dasarnya lemes itu cuma mitos. Habis sahur kita bisa olahraga, kalau takut lemes ya bisa jalan kaki ringan. Kalau semangat membara bisa angkat beban. Tidur cuma bikin kita tambah males dan lemes.

Itulah beberapa hal produktif yang bisa kita lakukan habis sahur. Karena habis sahur langsung tidur itu sudah mainstream banget. Nggak akan menghasilkan apa-apa. Mulai puasa besok, jangan tidur sehabis sahur. Setuju nggak?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA