7 Hal Mengerikan ini Akan Terjadi Jika Kamu Tidak Tidur Sama Sekali

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Nov 30, 2015

Manusia dewasa paling tidak harus menggunakan sekitar 6-8 jam waktunya untuk tidur setiap hari. Tidur dibutuhkan oleh manusia, bahkan hewan untuk mengembalikan kondisi tubuh yang capai setelah melakukan aktivitas seharian. Itulah mengapa tidur adalah aktivitas paling penting yang wajib dilakukan oleh semua manusia, tanpa tawaran lagi.

Bagi beberapa orang tidur adalah siklus yang sangat alami. Namun ada juga yang untuk tidur saja susah. Mereka harus menunggu tengah malam hingga kadang tidak bisa tidur sama sekali. Tidur mungkin terlihat sangat sederhana, namun jika tidak dilakukan 7 hal mengerikan ini bisa anda dapatkan secara instan!

Baca Juga
6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!
5 Alasan Mengapa Cewek Lebih Bahagia dengan Pria Bertampang Pas-Pasan, Alhamdulilah

1. Sakit Kepala Berlebih Hingga Membuat Anda Tak Bisa Belajar

Tidak tidur dengan rutin dan nyenyak akan membuat anda sering mengalami gangguan kepala. Biasanya orang yang suka begadang atau insomnia kerap mengalami sakit kepala yang kadang rasa sakitnya tak bisa ditahan. Hal-hal semacam ini tak akan terjadi jika anda mampu tidur dengan teratur serta lama.

Sakit Kepala Berlebih Hingga Membuat Anda Tak Bisa Belajar [image source]
Sakit Kepala Berlebih Hingga Membuat Anda Tak Bisa Belajar [image source]
Jika kepala terus sakit maka anda juga akan mengalami gangguan dalam belajar. Kemampuan menerima hal-hal baru akan menurun. Dalam beberapa kasus bahkan bisa membuat seseorang menjadi tak pandai lagi.

2. Meningkatkan Kecelakaan

Kurangnya tidur akan membuat anda jadi kecapaian. Akhirnya saat melakukan apa pun jadi tidak fokus. Bahkan seperti hilang kesadaran. Hal ini bisa menyebabkan banyak sekali kecelakaan entah di jalan atau kecelakaan saat bekerja.

Meningkatkan Kecelakaan [image source]
Meningkatkan Kecelakaan [image source]
Selain merugikan bagi diri sendiri. Kurangnya tidur juga bisa mengganggu orang lain. Bayangkan berapa banyak kecelakaan yang terjadi akibat sopir kurang tidur hingga menyebabkan banyak nyawa melayang.

3. Membunuh Gairah Hubungan Badan

Kurang tidur, hingga tak tidur selama berhari-hari akan membuat tubuh menjadi lemas. Lambat laun anda tidak ingin melakukan banyak hal selain berdiam. Hal ini lambat laun juga bisa membunuh gairah anda saat berhubungan badan dengan pasangan.

Membunuh Gairah Hubungan Badan [image source]
Membunuh Gairah Hubungan Badan [image source]
Kurangnya tidur akan menurunkan kadar hormon testosteron pada pria. Jika hal ini terus terjadi maka gairah berhubungan badan benar-benar akan hilang. Lantas keharmonisan rumah tangga akan dipertaruhkan cepat atau lambat.

4. Membuat Depresi dan Mengganggu Pekerjaan

Lambat laun kurangnya tidur pada diri anda akan membuat banyak masalah dengan cepat. Di dunia kerja, produktivitas anda akan menurun dengan sangat cepat. Bahkan tanpa disadari anda akan melakukan banyak sekali kesalahan yang berakhir dengan fatal.

Membuat Depresi dan Mengganggu Pekerjaan [image source]
Membuat Depresi dan Mengganggu Pekerjaan [image source]
Jika hal ini terus saja terjadi maka depresi bisa saja mengintai. Anda akan merasa jika anda tidak dapat melakukan apa-apa di dunia ini. Karena semua hal yang anda lakukan selalu berakhir dengan kegagalan.

5. Membuat Anda Cepat Tua dan Jadi Pelupa

Kurangnya tidur akan membuat anda jadi cepat tua. Kulit anda akan mulai kehilangan kolagen dan mengerut perlahan-lahan. Selain itu kantung mata akan membesar, dan kulit anda akan terlihat semakin kusam. Bagi wanita hal ini adalah bencana besar.

Membuat Anda Cepat Tua dan Jadi Pelupa [image source]
Membuat Anda Cepat Tua dan Jadi Pelupa [image source]
Selain kulit yang menjadi lebih tua. Anda juga akan mengalami penurunan daya ingat. Beberaap hal akan sering anda lupakan hingga menyusahkan kehidupan anda sendiri. Kulit menua dan menjadi pikun artinya anda menjadi benar-benar tua hanya karena tidak tidur.

6. Tubuh Akan Terkena Masalah Kesehatan Serius

Orang yang mengalami insomnia, atau gangguan tidur lainnya memiliki kemungkinan besar terkena penyakit yang berbahaya. Hal ini bisa terjadi karena saat tidak tidur kondisi tubuh akan berubah. Hormon, peredaran darah, hingga keseimbangan cairan akan terkena dampaknya dengan cepat.

Tubuh Akan Terkena Masalah Kesehatan Serius [image source]
Tubuh Akan Terkena Masalah Kesehatan Serius [image source]
Beberapa penyakit serius yang akan terjadi jika anda kurang tidur dalam jangka waktu lama adalah: serangan jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan stroke. Selain itu tidak tidur juga membuat anda jadi gemuk secara perlahan-lahan.

7. Membuat Anda Meninggal Dunia

Jika anda tidak tidur selama 24 jam maka anda akan mengalami gangguan mood dan sering berbicara tidak jelas. Tidak tidur 2 hari maka sistem koordinasi dan hormonal akan menurun tajam dan menurunkan memori pada otak. Tiga hati tidak tidur akan membuat anda mengalami halusinasi.

Membuat Anda Meninggal Dunia [image source]
Membuat Anda Meninggal Dunia [image source]
Lebih dari itu maka tubuh akan benar-benar mengalami kegagalan fungsinya. Dan anda bisa meninggal mendadak karena kelelahan hingga serangan jantung. Kematian akibat tak tidur sering dialami oleh orang-orang yang maniak dengan kerja, contohnya di Jepang.

Itulah tujuh hal mengerikan yang akan terjadi jika kamu tidak tidur sama sekali atau insomnia yang tak ada hentinya. Semoga kita semua diberi kemudahan untuk tidur agar hidup jauh lebih sehat dan produktif.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA