5 Kisah Orang Susah Yang Tidak Takabur Karena Uang

oleh Guntur Aria
09:10 AM on Apr 24, 2015

Saat ini yang namanya kejujuran adalah sebuah hal yang sangat sulit ditemukan. Bayangkan ketika kamu bokek, lalu secara ajaib menemukan dompet atau tas berisikan uang berlimpah secara tak sengaja di sebuah tempat, pasti godaan-godaan untuk menghabiskan ‘harta’ temuan itu untuk kesenangan pribadi ada di dalam pikiran bukan?

Hal itu pula yang sempat dirasakan oleh beberapa orang berikut. Uniknya, mereka sukses melawan godaan buruk setan dalam pikiran dan memutuskan tuk mengembalikan barang temuan itu ke tangan yang seharusnya, meski sebenarnya mereka sangat membutuhkan suntikan dana segar itu.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

1. Pramusaji

Jennifer Shaw, adalah seorang pramusaji di sebuah restoran bernama Mercer, Georgia. Suatu hari, ia menemukan sebuah amplop berisi uang sebesar US$ 5000 atau setara dengan 64 .5 juta rupiah di meja yang baru saja ditempati oleh beberapa laki-laki. Tanpa basa-basi, Shaw berlari mengejar sang pemilik amplop itu dan mengembalikannya. Ia pun diberi imbalan sebesar US$ 100 atau setara 1.2 juta rupiah karena kejujurannya.

Menemukan Uang(c) listverse
Menemukan Uang(c) listverse

Sang pemilik restoran sendiri memberikan pujian selangit untuk kejujuran staff-nya itu. “Sangat jarang sekali orang kehilangan barang di sebuah restoran seperti ini, tapi ketika hal itu terjadi, rasanya sangat bangga karena staff kita adalah orang yang jujur dan bisa dipercaya,” ujar Mark Egan, sang pemilik resto.

2. Pegawai Bioskop

Setelah film Happy Feet ditayangkan, Christopher Montgomery, seorang pegawai bioskop bertugas membersihkan ruang bioskop. Di salah satu kursi, ia menemukan sebuah dompet wanita yang di dalamnya berisi uang sebesar US$ 24000 atau setara 310 juta rupiah. Bukannya menyimpan uang itu, Christopher malah menyerahkan ‘harta’ temuannya pada sang manajer agar dikembalikan pada pemilik yang sebenarnya.

Menemukan Dompet Wanita (c) listverse
Menemukan Dompet Wanita (c) listverse

Usut punya usut, uang itu merupakan milik seorang pebisnis wanita bernama Rose Marie Limoncelli. Uniknya, ketika ditawari imbalan uang yang setimpal atas kebajikannya, Christopher malah menolaknya mentah-mentah. Benar-benar seorang malaikat!

3. Supir Taksi

Seorang supir taksi berusia 42 tahun, Adam Woldemarim kala itu tengah membersihkan taksi yang akan ia gunakan untuk beroperasi. Ia lalu menemukan sebuah koper hitam di kursi belakang yang isinya uang tunai sebesar US$ 221.510 atau setara dengan 2.8 miliar rupiah. Tanpa sedikitpun keraguan, Adam menyerahkan koper itu ke meja security perusahaan taksi-nya.

Menemukan Koper di Taxi (c) listverse
Menemukan Koper di Taxi (c) listverse

Beberapa jam kemudian, seorang imigran asal Ethiopia datang mengambil koper miliknya yang ternyata ketinggalan. Rupanya ia mendapatkan uang itu setelah menang besar di sebuah kasino lokal. Pria itu lalu mengucapkan terima kasih pada Adam dan memeluknya, sebelum memberikan imbalan sebesar US$ 2000 atau setara 25 juta rupiah padanya. Rezeki memang selalu datang pada mereka yang berbuat baik!

4. Nenek Yang Jujur

Billie Watts adalah seorang wanita berusia 75 tahun asal Tennessee, Amerika, yang secara tak sengaja menemukan sebuah tas tergantung di sebuah toilet restoran. Di dalamnya terdapat 2 foto seorang gadis dan juga uang sebesar US$ 97000 atau setara dengan 1.2 miliar rupiah. Billie lalu menginformasikan hal itu pada staff restoran dan memberikan nomor teleponnya, andai saja sang pemilik mencari nanti.

Menemukan Tas Gantung (c) listverse
Menemukan Tas Gantung (c) listverse

Tak lama kemudian, seorang wanita menghubunginya lalu mereka berdua bertemu di tempat parkir restoran itu. Uniknya, sang pemilik dompet itu terlihat sangat senang karena foto yang ada di dalam tas tadi bisa kembali ke tangannya. Usut punya usut, foto itu adalah satu-satunya gambar dari anaknya yang baru saja meninggal dunia. Billie lalu ditawari sejumlah uang imbalan atas kebaikannya, namun menolak untuk menerimanya.

5. Seorang Gelandangan

Seorang wanita gelandangan berusia 62 tahun dari Kanada menemukan sebuah dompet wanita yang berisi uang tunai US$ 10000 atau setara 129 juta rupiah di jalan. Meski tak punya rumah dan kesehariannya tinggal di penampungan, ia lebih memilih untuk mengembalikan ‘harta’ temuannya pada sang pemilik. “Tak pernah sekalipun terbesit di pikiran untuk menyimpan uang itu. Uang itu bukan milikku,” ujarnya.

Gelandangan menemukan dompet (c) listverse
Gelandangan menemukan dompet (c) listverse

Perbuatan mulianya itu sempat membuat seluruh Kanada heboh dan menjadikannya headline di beberapa media massa. Banyak orang yang datang menawarinya uang sumbangan, namun tak pernah sekalipun ia menerimanya karena ia merasa malu sebagai wanita yang tak punya rumah. Namun suatu hari, sang pemilik dompet menggalang sebuah donasi dan menyumbang uang sebesar US$ 500 atau setara 6.4 juta rupiah untuk wanita itu. Setelah dipaksa, wanita itu akhirnya mau menerimanya dan kini hidup di apartemennya sendiri.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA