Kisah Orang-orang yang Terselamatkan Berkat Facebook

oleh Tetalogi
12:00 PM on Aug 11, 2015

Kita sering banget mendengar kisah-kisah buruk tentang facebook. Mulai dari orang-orang yang ketagihan facebook, saling menghina di facebook, atau penculikan yang terjadi lewat seorang kenalan di facebook. Melihat semua cerita tersebut, kadang membuat kita berpikiran bahwa akun sosial media itu hanya memberi pengaruh buruk.

Eits, tapi tunggu dulu ya. Ternyata ada juga beberapa kebetulan yang ternyata justru menyelamatkan orang-orang dengan menggunakan facebook. Berikut ini beberapa diantaranya.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

1. Chris Thomas

Chris Thomas adalah seorang veteran tentara yang mengalami kelumpuhan sehingga ia harus memanfaatkan kursi roda. Pada 15 Juli 2015, ia hendak pergi ke kamar mandi namun kursi rodanya tersangkut tepi kotak sehingga barang-barang berat di rak berjatuhan ke kakinya dan tidak lama ia terguling dari kursi rodanya. Thomas terjatuh dan terbentur lantai linoleum hingga ia pingsan.

Status Facebook Chris Thomas [Image Source]
Status Facebook Chris Thomas [Image Source]
Ia terbangun beberapa saat kemudian dan berteriak mencari bantuan, namun tidak ada yang datang. Ia juga tidak bisa menarik benang yang mengaktifkan alarm. Untungnya ia bisa meraih smartphone yang saati itu dalam posisi di aplikasi facebook. Ia menulis pesan yang tidak jelas antara sadar dan tidak: “I neet he kl p m==#]Please /fc” ff: ‘ 933,91 ++” Namun untungnya pesan tersebut membuat teman-teman facebooknya sadar apa yang terjadi dan segera mencari bantuan untuknya.

12 teman Facebooknya segera pergi ke apartemennya bersama ahli medis. Thomas dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Setelah dirawata semalam, ia sudah bisa pulang keesokan harinya.

2. Rylee Taylor

Maret 2014, Tara Taylor memposting foto putrinya, Rylee yang masih berusia 3 tahun di Facebook. Dalam foto itu mata kirinya tampak bercahaya dan kebanyakan orang mengiranya sebagai efek dari flash kamera. Tapi ia kemudian mendapatkan beberapa pesan dari dua teman Facebooknya yang khawatir bahwa mungkin ada yang salah dengan mata Rylee.

Rylee Taylor [Image Source]
Rylee Taylor [Image Source]
Tara kemudian mengikuti saran temannya dan membawa Rylee ke dokter anak sebelum kemudian mendapat rujukan ke ahli retina. Dari sana, barulah diketahui bahwa ia mengalami masalah Coats disease yang bisa menyebabkan kebutaan. Semakin cepat penyakit tersebut dideteksi, maka semakin cepat pula penyakit tersebut ditangani dan memberikan hasil yang lebih baik.

3. Lois Shelton

Pada 26 Februari 2015, Lois Shelton yang berusia 75 tahun terjatuh di dapur setelah tersandung. Ia kemudian tidak bisa menggunakan tangannya untuk membantunya berdiri. Sayangnya, handphone miliknya juga berada di ruangan lain sehingga ia tidak bisa mengambilnya. Untungnya, ia berada dekat dengan komputer dan akun facebooknya sedang terbuka. Ia segera menarik keyboardnya dan meminta bantuan lewat facebook.

Lois Shelton [Image Source]
Lois Shelton [Image Source]
Hanya dalam waktu beberapa menit saja bantuan segera berdatangan. Menantu perempuannya yang melihat postingan tersebut kemudian menelepon tetangga Shelton dan meminta mereka melihat kondisi Shelton. Melihat nenek tersebut yang terbaring di lantai, ia langsung dibawa ke rumah sakit dengan luka memar yang cukup parah. Namun untungnya, ia berhasil selamat.

4. Remaja 16 Tahun di Oxfordshire, Inggris

Pada awal April 2009, seorang remaja pria 16 tahun di Oxfordshire, Inggris ngobrol dengan seorang teman di Facebook yang berada di Amerika. Remaja pria tersebut mengatakan padanya bahwa ia akan bunuh diri. Si gadis Amerika merasa khawatir sehingga ia memberitahu ibunya. Ibu si gadis remaja tersebut langsung menghubungi polisi untuk meminta bantuan. Polisi kemudian menghubungi Gedung Putih dan mereka segera tersambung dengan Kedutaan Inggris di Washington.

Remaja Oxfordshire diselamatkan dari bunuh diri berkat facebook [Image Source]
Remaja Oxfordshire diselamatkan dari bunuh diri berkat facebook [Image Source]
Kedutaan Inggris kemudian menghubungi Scotland Yard dan mereka segera menghubungi polisi Oxfordshire. Hanya dengan berbekal informasi tentang remaja yang sekolah di Oxfordshire, polisi mempersempit pencarian hingga hanya 8 rumah. Di rumah keempat yang ia kunjungi, barulah ia menemukan si bocah remaja tersebut yang sudah tidak sadarkan diri karena overdosis. Ia segera dibawa ke rumah sakit hanya dalam waktu 3 jam setelah ia mengirim pesan. Untungnya, ia berhasil diselamatkan.

5. Rick Fosnot

Rick Fosnot dari Pennsylvania memiliki masalah ginjal sehingga ia harus menjalani operaasi darurat untuk mengambil kedua ginjalnya. Ia harus menggunakan dialisis sambil menunggu donor di daftar donor, namun ia harus menunggu kurang lebih 6 tahun. Sementara sedang menunggu, Janine Pape-Sansom mencari informasi tentang Fosnot di Facebook karena ia sudah mengenal pria tersebut selama 10 tahun.

Rick Fosnot [Image Source]
Rick Fosnot  [Image Source]
Setelah mengetahui kondisi Fosnot, Janine pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan diri. Ginjalnya ternyata cocok dengan Fosnot dan wanita ini kemudian menawarkan diri untuk memberikan satu ginjalnya pada Fosnot meskipun ia sudah lebih dari 20 tahun tidak bertemu dengannya. 20 Juni 2011, keduanya menjalani operasi untuk proses transplantasi.

6. Gregory Vance

Saat terjadi badai pada 10 Juni 2014, Gregory Vance dan 2 temannya sedang duduk di teras rumahnya. Tiba-tiba petir menyambar pohon yang langsung jatuh menimpa ketiga orang tersebut. Putri Gregory yang berusia 10 tahun, Brianna, berusaha menelepon 911 tapi tidak berhasil mendapatkan sinyal. Sementara itu di rumahnya juga tidak ada telepon kabel.

Gregory Vance [Image Source]
Gregory Vance [Image Source]
Brianna kemudian membuat rekaman video sambil menangis meminta tolong dan menggambarkan lokasi rumahnya. Ia mengupload video tersebut dan seseorang yang melihat postingan tersebut langsung menelepon 911. Tim penyelamat segera datang, membebaskan mereka dari pohon dan membawa mereka ke rumah sakit. Ketiganya berhasil selamat dalam insiden tersebut.

7. Arianna Moore

Pada tahun 2012 Arianna yang berusia 7 minggu menderita sakit demam tinggi. Setelah menjalani tes, barulah diketahui bahwa ia mengalami penyakit langka yang membuat dua ginjalnya berhenti berfungsi. Arianna harus menjalani dialisis 10 jam sehari tapi ini tentu bukan solusi permanen. Kedua orang tuanya ingin donor tapi mereka tidak memiliki kecocokan.

Arianna Moore [Image Source]
Arianna Moore [Image Source]
Saat berusia 2 tahun, anggota keluarga kemudian meminta bantuan di Facebook meminta seseorang dengan golongan darah O apakah mereka mau mendonorkan ginjal mereka pada Arianna. Tidak lama kemudian Christy Harding dari Florida melihat postingan tersebut di News Feed miliknya. Ia yang memiliki golongan darah sama kemudian memutuskan untuk mendonorkan ginjalnya. Pada 18 Juni 2014, keduanya menjalani operasi yang berjalan sukses.

8. Leo Kogan

Pada pagi hari di hari ibu tahun 2011, anak laki-laki Deborah, Leo yang berusia 4 tahun sakit demam dan muncul ruam. Dokter keluarga mengira ia sakit tenggorokan sehingga ia diberi obat antibiotik. Namun kondisinya tidak membaik hingga 3 hari kemudian dan wajah Leo malah membengkak. Deborah memotret anaknya dan mengirimnya ke dokter keluarganya. Ia juga memposting beberapa foto anaknya di facebook.

Leo Kogan [Image Source]
Leo Kogan [Image Source]
Tidak lama kemudian, mantan tetangganya menghubungi Deborah dan menyarankannya untuk membawa Leo ke rumah sakit. Ia khawatir karena gejala yang ditunjukkan Leo sama seperti puteranya yang menderita Kawasaki Disease. Deborah segera membawanya ke rumah sakit dan Leo ternyata memang didiagnosa menderita Kawasaki Disease. Ia segera dirawat dan nyawanya berhasil diselamatkan.

9. Seorang Tawanan di Utah

Pada malam natal 2011, Erica Carver masuk ke akun Facebook dari rumahnya di Utah. Saat itu ia melihat status seorang temannya yang bertuliskan “Hello. Is anyone out there? I am having a serious problem and me and (my son) will be dead by morning.” (Halo. Apa ada orang di sana? Aku punya masalah serius dan aku dan putraku akan mati besok pagi). Awalnya Carver mengira ia bercanda, namun curiga karena wanita tersebut biasanya tidak bercanda. Selain itu, teman-temannya yang lain segera memposting nomor telepon mereka dan memintanya untuk telepon, tapi tidak ada balasan.

Troy Critchfield ditangkap setelah menyekap kekasihnya [Image Source]
Troy Critchfield ditangkap setelah menyekap kekasihnya [Image Source]
Seorang teman dari South Carolina yang mengetahui alamat wanita itu langsung menuliskan alamatnya di kolom komentar dan seseorang segera menghubungi polisi lokal. Awalnya, Troy Critchfield yang berusia 33 tahun menolak polisi untuk menemui pacarnya. Namun saat polisi akhirnya berhasil bertemu dengannya dan bertanya apakah ia baik-baik saja, wanita tersebut menggelengkan kepala dan terlihat bekas luka di wajahnya.

Ternyata Critchfield telah menawan pacarnya selama 5 hari dan terus menganiaya dan memperkosanya. Setiap kali wanita tersebut ingin pergi dari rumah, ia kembali menyerangnya. Critchfield bahkan juga menyita handphone wanita tersebut dan anaknya yang memiliki kecacatan. Untungnya wanita tersebut berhasil menyelinapkan komputer ke lemari dan membuat postingan Facebook dengan komputer tersebut.

10. Victoria Boisclair

Pada 26 Mei 2014, Melissa McMahon melahirkan seorang bayi perempuan yang diberi nama Victoria Boisclair. 16 jam kemudian, seorang wanita berpakaian perawat membawanya keluar dari dumah sakit ke mobilnya yang bertuliskan ‘Baby on Board’ di jendelanya dan ia pergi begitu saja. Tidak lama, pihak rumah sakit sadar bahwa bayi tersebut hilang dan segeralah dilakukan peringatan dan pencarian besar-besaran.

Victoria Boisclair [Image Source]
Victoria Boisclair [Image Source]
Empat pemuda yang melihat peringatan di Facebook tersebut segera mengendarai mobilnya dan berusaha mencari mobil yang dimaksud. Saat polisi membeberkan foto tersangka, salah satu dari empat sahabat tersebut mengenali salah satu penculik, Valerie Poulin-Collins, mantan tetangganya. Mereka segera menuju apartemen tersangka dan mengenali mobil yang dideskripsikan serta melihat Poulin-Collins sedang berada di rumahnya. Mereka kemudian menelepon polisi. Hanya dalam waktu beberapa menit, polisi datang dan menangkap tersangka. Sementara itu Victoria ditemukan selamat dan dikembalikan pada orangtuanya.

Wah, siapa sangka Facebook yang seringkali menjadi alasan kejadian-kejadian buruk ternyata juga bisa menjadi penyelamat jiwa seseorang. Hal ini membuktikan bahwa apapun yang berlebihan memang tidaklah baik. Begitu juga dengan sosial media.

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA