Inilah Daftar Organisasi Teroris Terkaya di Dunia yang Akan Membuatmu Tercengang

oleh Adi Nugroho
13:04 PM on Aug 9, 2016

Sejatinya kelompok teroris itu tak ubahnya sebuah perusahaan. Bagaimana tidak, mereka juga melakukan hal-hal strategis seperti yang dipraktikkan sebuah organisasi dagang. Misal, mereka membuat branding untuk organisasi, menjalankan bisnis, hingga mencari donatur atau investor meski caranya agak ekstrem. Kalau perusahaan mencari investor atau donatur dengan cara yang benar, teroris dengan menculik, merampas, dsb.

Dari bisnis-bisnis yang dijalankan dengan baik. Akhirnya sebuah kelompok teroris berhasil mendapatkan banyak uang. Mereka kaya raya hingga bisa melakukan semua aksi mengerikannya dengan mudah. Anyway, inilah daftar organisasi teroris paling kaya di dunia.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

ISIS

Urutan pertama diduduki oleh ISIS yang sebenarnya masih pemain baru dalam dunia terorisme. Meski demikian, kelompok yang menguasai kawasan Timur Tengah ini mampu mengumpulkan banyak sekali kekayaan. Bahkan menurut majalah Forbes, kekayaan dari ISIS mencapai $2 Miliar per tahun.

ISIS [image source]
ISIS [image source]
Uang yang diperoleh ISIS berasal dari perdagangan minyak, penculikan lalu minta tebusan, merampok bank, dan penjarahan aset-aset negara yang diserang. Kelompok teroris ini menginginkan adanya negara Islam yang menyatukan kawasan Irak, Suriah, Yordania, Lebanon, dan Pelestina.

FARC

Kelompok teroris kedua yang memiliki kekayaan yang berlimpah adalah FARC yang merupakan kelompok separatis di Kolombia. Setiap tahun, mereka bisa mengumpulkan sebanyak $600 juta dengan sangat mudah. Biasanya uang itu berasal dari penjualan obat terlarang, penculikan, tambang, pungli, dan pajak.

FARC [image source]
FARC [image source]
Misi dari FARC adalah untuk mengeliminasi pemerintahan kapitalis di Kolombia. Mereka melakukan aksi penyerangan bertubi-tubi selama lebih dari 50 tahun. Mereka kerap membunuh pemimpin negara dengan sangat keji agar kehadiran dan keinginannya diperhatikan oleh pemerintah.

Hezbollah

Dalam setahun Hezbollah memiliki omzet pemasukan sekitar $500 juta. Pemasukan ini didapatkan dari pendanaan dan donasi dari beberapa negara di Timur Tengah terutama Iran. Kelompok ini juga melakukan produksi massal obat terlarang lalu mengedarkannya ke semua tempat di kawasan Timur Tengah secara sembunyi-sembunyi.

Hezbollah [image source]
Hezbollah [image source]
Kelompk Hezbollah memiliki misi utama untuk melindungi komunitas Syiah di Iran dan sekitarnya. Mereka juga melakukan serangan baik secara politik maupun militer ke kawasan Israel dan membentuk sebuah negara Islam baru di kawasan Lebanon. Oh ya, Hezbollah juga memiliki sebuah jaringan besar di bidang pendidikan dan kesehatan yang digunakan untuk keperluan warga Syiah yang keberadaannya terus terdesak.

Taliban

Setiap tahun, omzet pemasukan dari Taliban mencapai $400 juta. Uang ini akan digunakan untuk mendanai organisasi secara menyeluruh, membeli alat perang baru, dan pengiriman misi-misi terorisme ke berbagai tempat untuk membuat sebuah kekacauan yang sangat besar. Taliban ingin membentuk sebuah republik Islam Baru di kawasan Afganistan meski caranya tidak benar.

Taliban [image source]
Taliban [image source]
Untuk mendapatkan omzet yang cukup banyak. Taliban melakukan banyak sekali hal yang mengerikan. Pertama mereka melakukan penjualan obat terlarang, biasanya jenis opium dan heroin adalah komoditas mereka. Selanjutnya mereka juga mencari sponsor dan donasi dari kelompok yang memiliki visi dan misi sama.

Al-Qaeda

Sepeninggal Osama bin Laden, Al-Qaeda perlahan-lahan mulai kehilangan pamornya. Jika di masa lalu mereka masih sangat kaya raya, kali ini mereka hanya beromzet $150 juta setiap tahunnya. Pesona yang hilang dari Osama bin Laden disinyalir menyebabkan organisasi ini sulit mendapatkan kucuran dana dengan mudah, bahkan nyaris mati suri.

Al-Qaeda [image source]
Al-Qaeda [image source]
Sumber dana dari Al-Qaeda adalah penculikan lalu meminta tebusan sebanyak-banyaknya, penjualan obat terlarang dan juga donasi dari berbagai organisasi terkait. Saat ini keberadaan Al-Qaeda mungkin tidak sebanyak dulu, namun misi mereka untuk berjihad melawan umat Kristen dan Yahudi tetap dijalankan hingga sekarang.

Inilah daftar lima organisasi teroris yang memiliki kekayaan terbanyak di dunia. Apa pendapat Sobat Boombastis tentang kekayaan dan misi dari organisasi teroris mengerikan ini?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA