in

Orang Jenius dan Berjasa di Indonesia yang Ternyata Terjegal Negeri Sendiri

4. Prof. Ali Zum Mashar

Prof. Ali Zum Mashar adalah salah satu orang jenius di Indonesia yang akhirnya memilih berkarya di luar negeri. Ilmuwan lulusan IPB ini sejatinya berhasil menemukan mikroba yang dapat mengembalikan kondisi kesuburan tanah. Bahkan berkat kejeniusannya ini, ia pernah meraih penghargaan Hak Kekayaan Intelektual Luar Biasa pada tahun 2009.

Prof. Ali Zum Mashar [Image Source]
Prof. Ali Zum Mashar [Image Source]
Prof. Zum sebenarnya sudah memiliki sejarah penelitian yang panjang karena dialah yang saat itu ditugasi untuk mencari cara agar tanah gambut yang sangat luas di Kalimantan itu bisa ditanami padi. Presiden Soeharto saat itu memiliki program untuk membuka sawah baru seluas satu juta hektar di Kalimantan Tengah, namun tanah gambut memiliki tingkat keasaman yang sangat tinggi sehingga akan sulit ditanami.

Namun sayangnya, beliau ternyata sudah merasakan kekecewaan yang bertubi-tubi. Ia kecewa karena temuannya tidak mendapatkan kepercayaan yang memadai di negerinya sendiri. Tidak cuma ketika dalam masa pemerintahan Soeharto, tapi juga pemerintahan-pemerintahan berikutnya. Hal ini pula yang akhirnya membuatnya menerima tawaran dari Dubai untuk menerapkan hasil penemuannya di sana agar negara Timur Tengah tersebut bisa ditanami.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

Wanita Asal Malang Buktikan Nabung 20 Ribuan Bisa Bikin Kaya Mendadak

Ulah Pendaki Gunung

5 Tingkah Pendaki Gunung Yang Berakibat Fatal Bagi Kehidupan Dunia